Sukses

Dijuluki Domba Termahal di Dunia, Double Diamond Terjual Senilai Rp 7,2 M

Domba yang diberi nama Double Diamond ini disebut sempurna secara genetik.

Liputan6.com, Jakarta Jika pada umumnya domba memiliki harga kisaran di bawah Rp 10 Juta. Baru-baru ini, domba asal Texel, Belanda menggemparkan dunia. Hal ini lantaran domba yang diberi nama 'Double Diamond' ini terjual seharga $ 490.000 atau senilai dengan Rp 7,2 Miliar.

Harga yang fantastis tersebut tentu bukan tanpa alasan. Hal ini karena Double Diamond dinilai sebagai domba yang sempurna secara genetik. Domba tersebut dijual di sebuah pelelangan ternak di Skotlandia dengan harga yang fantastis.

Domba dari Pulau Texel memang sudah terkenal memiliki kualitas yang bagus. Domba-domba dari pulau ini memang sudah rutin mendapatkan harga 9 digit berkat daging tanpa lemak dan wol.

Berikut merupakan kisah tentang Double Diamond domba yang terjual senilai Rp 7,2 Miliar dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (3/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah banyak ditawar sebelum dilelang

Double Diamond merupakan seekor domba luar biasa yang menampilkan genetika terbaik. Domba ini membuat para peternak domba di seluruh Inggris yang berusaha keras untuk mendapatkan dia.

Bahkan sebelum penjualan Texel Nasional Skotlandia di Lanark dimulai, beberapa peternak telah bermitra untuk menawar harga yang lebih tinggi untuk Double Diamond.

“Kami tahu itu akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Dia hanyalah hewan yang luar biasa, didukung oleh semua genetika terbaik. Ada sekitar tujuh atau delapan orang yang benar-benar menginginkan dia dan itulah yang menyebabkan harga," ungkap Jeff Aiken, salah satu dari tiga peternak yang bersekutu untuk menawar Double Diamond dilansir dari Oddity Central, Kamis (3/9/2020).

3 dari 3 halaman

Akan menjadi induk yang bagus

Sebelum pelelangan, Jeff Aiken dan sejumlah peternak lain memutuskan untuk bekerja sama dalam menawar domba, hal ini karena persaingan semakin ketat. Sehingga ia dan ketiga orang lainnya memutuskan untuk patungan agar bisa memenangkan Double Diamond.

Double Diamond memecahkan rekor sebagai domba termahal di dunia yang sebelumnya merupakan gelar milik seekor domba yang terjual di lelang pada tahun 2009 dengan harga $ 307.000 atau senilai Rp 4,5 Miliar.

Selanjutnya, Double Diamond akan dikawinkan dengan domba-domba betina di peternakan ketiga pemiliknya sehingga akan mendapatkan kualitas dan harga yang premium. Jika Double Diamond semakin tua, nantinya spermanya akan dikumpulkan untuk inseminasi buatan. Sehingga gen yang dimiliki bisa diteruskan kepada semua keturunannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.