Sukses

12 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah, Kenali Penyebabnya

Cara mengatasi rambut rontok yang mudah diterapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami kerontokan rambut yang parah, sudah pasti menjadi kekhawatiran. Dibandingkan dengan pria, wanitalah yang paling sering dan berisiko mengalaminya. Terutama ketika sedang menyisir rambut dan mencuci rambut. Hal ini kemudian, membuat cara mengatasi rambut rontok parah penting diketahui agar kebotakan tak terjadi. 

Selain resiko kerontokan rambut dari mencuci rambut, ada pula kerontokan rambut yang umumnya disebabkan oleh stres ektrem. Meski begitu, berbagai masalah kondisi kesehatan juga memengaruhinya. Gangguan tiroid, hormon, hamil, hingga penggunaan pil KB. Untuk bisa mengatasi, ketahui penyebab utama dan terapkan cara mengatasi rambut rontok parah ini.

Cara mengatasi rambut rontok parah ini mengandalkan bahan-bahan alami. Seperti lidah buaya, jeruk nipis, alpukat, minyak esensial, dan bumbu dapur. Bahan-bahan ini dapat melancarkan aliran darah di kulit kepala dan memicu pertumbuhan rambut lebih maksimal. Tak perlu ragu juga dengan efek sampingnya, karena tak pakai bahan kimia dan minim sebabkan iritasi.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengatasi rambut rontok parah dari berbagai sumber, Jumat (4/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kentang, Minyak Esensial, dan Bawang

Kentang

Kentang bisa membantu mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan kerontokan rambut. Tak heran jika banyak yang mengandalkannya sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Penerapannya pun sangat mudah dan tak merepotkan.

Caranya, kupas kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan. Lakukan perawatan ini seminggu sekali dan lihat perubahannya.

Minyak Esensial

Minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini dapat meningkatkan metabolisme sel dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Sehingga akan membuat rambut menjadi lebih tebal.

Cara mengatasi rambut rontok parah dengan minyak esensial adalah pastikan terlebih dulu untuk menguji reaksi alergi sebelum mengaplikasikannnya di kepala Anda. Teteskan sedikit minyak di lengan ataupun belakang telinga.

Jika dalam waktu 23 jam kulit tidak menunjukkan reaksi alergi yang ditandai dengan kemerahan dan gatal-gatal, maka Anda bisa melanjutkan pemakainnya pada kulit kepala.

Bawang

Bawang dikenal memiliki kandungan sulfur cukup tinggi. Kandungan ini sangat cocok dijadikan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Caranya, campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama dua jam lalu dibilas. Lakukan perawatan ini secara ruitn agar rambut Anda menjadi kuat dan nggak gampang rontok.

3 dari 7 halaman

Alpukat, Jambu Biji, dan Yoghurt

Alpukat

Buah alpukat tak hanya nikmat dikonsumsi, tetapi juga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Kandungan protein yang terdapat pada alpukat sangat efektif menguatkan rambut. Begitu juga mampu memberi nutrisi pada rambut.

Selain dapat mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan sampo agar bersih. Lakukan perawatan tersebut secara rutin.

Jambu Biji

Buah jambu biji bisa dijadikan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B3, B5 dan B6 yang dimilikinya. Kandungan ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Caranya hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit lalu pijat kulit kepala pelann – pelan lalu bilas bersih menggunakan sampo.

Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Meskipun belum ada penelitian yang membahasnya lebih lanjut.

Namun, cara mengatasi rambut rontok parah dengan yoghurt sudah banyak yang menerapkan. Cara mempraktikkannya pun sangat mudah. Cukup mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10-15 menit. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

4 dari 7 halaman

Kemiri, Lidah Buaya, dan Neem

Kemiri

Minyak kemiri dipercaya memiliki kandungan yang dapat membuat rambut menjadi lebih hitam. Kemudian lebih sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Minyak inipun bisa membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara mengatasi rambut rontok parah dengan kemiri yaitu dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk hingga halus dan mengeluarkan minyak.

Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni dengan keramas dengan shampo untuk membersihkan rambut anda. Lakukan perawatan tersebut secara rutin.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala. Gel yang disekresikan lidah buaya dapat merembes ke kulit kepala dan memicu pertumbuhan rambut. Tak heran jika kemudian banyak yang memanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah.

Anda bisa dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai dan pijat perlahan kulit kepala Anda selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu dan Anda akan melihat hasil yang menakjubkan.

Neem

Neem dikenal dengan sebutab nimba. Neem ini memiliki sifat anti bakteri yang sangat menakjubkan. Bisa membantu mengurangi rambut rontok dengan meningkatkan aliran darah ke kulit. Neem pun bisa membantu membunuh bakteri dan kutu yang ada di rambut. Cara mengatasi rambut rontok parah dengan Neem adalah dengan merebusnya.

Rebus beberapa daun nimba dalam air sampai melihat perubahan warna air. Biarkan dingin dan gunakan konsentrasi untuk mencuci rambut. Lakukan seminggu sekali untuk mengurangi rambut rontok dan juga membantu menghilangkan ketombe. Neem juga bisa membuka pori-pori yang terblokir di kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

5 dari 7 halaman

Jeruk Nipis, Teh Hijau, dan Ketumbar

Jeruk Nipis

Jeruk nipis tak hanya cocok untuk merawat wajah. Jeruk nipis ini bisa diandalkan untuk merawat rambut yang sedang rontok parah. Cara mengatasi rambut rontok parah pun cukup mudah.

Cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan. Usapkan pada kulit kepala. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

Teh Hijau

Teh hijau bisa membantu melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Kemudian mencegah rambut pecah-pecah dan membuat rambut lebih bersinar. Tak heran jika teh hijau pun cocok untuk atasi kerontokan.

Cara mengatasi rambut rontok parah dengan teh hijau yaitu rebus tiga kantong teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut, ini bisa membantu mengendalikan rambut rontok. Lakukanlah dua kali seminggu untuk hasil yang optimal. 

Ketumbar

Ketumbar bisa dijadikan jus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok parah ini pun cukup sederhana.

Buatlan pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jusnya. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama satu jam dan kemudian gunakan sampo ringan untuk mencucinya. Melakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

6 dari 7 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah

Kurang gizi

Ini menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita. Salah satu gejala kekurangan Vitamin D adalah rambut rontok.

Kurangnya paparan sinar matahari menjadi alasan kekurangan Vitamin D. Kekurangan Asam Amino Lisin, tembaga, dan seng juga menyebabkan rambut rontok.

Hormon tak seimbang

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu alasan rambut rontok. Hormon wanita menurun dan kehilangan keseimbangan dari usia 30 tahun. Ini bisa diperbaiki dengan pengawasan medis.

Masalah Tiroid

Tiroid adalah kelenjar di depan leher. Jika kelenjar memproduksi terlalu banyak atau kurang cukup hormon tirodi, siklus  pertumbuhan rambut jadi bisa berubah. Jika Anda memiliki masalah tiroid maka Anda bakal mengalami kerontokan rambut.

PCOS

Ini adalah salah satu penyebab rambut rontok. Wanita dengan sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) memiliki ketidakseimbangan hormon yang menciptakan kadar androgen yang lebih tinggi dari biasanya. Ini yang sering menyebabkan rambut tumbuh di wajah dan tubuh, sementara rambut di kepala tipis.

7 dari 7 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah

Hamil

Saat hamil, Anda mungkin menemukan rambut menjadi tebal karena kadar hormon yang menjaga rambut tak jatuh. Namun, setelah bayi lahir, rambut bisa rontok karena hormon kembali normal. Ini terkadang bisa mengkhawatirkan. Namun, rambut harus kembali normal dalam waktu satu sampai dua tahun.

Pil KB

Salah satu efek samping pil adalah rambut rontok. Hormon dalam pil yang menekan ovulasi bisa menyebabkan rambut menipis dan rontok. Kadang-kadang rambut rontok bisa terjadi ketika Anda berhenti minum pil.

Obat lain yang berhubungan dengan rambut rontok adalah pengencer darah dan obat yang mengobati tekanan darah tinggi, penyakit jantung, arthritis, dan depresi.

Stres ekstrem

Stres bisa menyebabkan rambut rontok tiba-tiba. Karena itu Anda penting untuk bersantai demi kesehatan rambut dan tubuh. Meminimalkan stres akan mengurangi kesempatan rambut rontok.

Anda dapat mencoba apapun yang membantu Anda untuk bersantai, seperti teknik meditasi, mandi aromaterapi, atau mencari bantuan profesional.

Produk kimia

Produk rambut berbahan kimia jangan sampai berlebihan karena bisa merusak rambut dan akarnya. Ada sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tak mengandung racun.

Terlalu sering menggunakan produk kimia di rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Ini bisa ditemukan pada pewarna rambut dan produk styling.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini