Sukses

10 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Bantu Tingkatkan Reputasi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat media sosial untuk bisnis bisa meningkatkan peluang suksesnya bisnis. Media sosial kini tak hanya digunakan untuk berteman dan berjejaring sosial. Fungsi media sosial kini mulai merambah ke dunia bisnis.

Bahkan, platform seperti Facebook dan Instagram telah memberi fitur khusus untuk bisnis. Manfaat media sosial untuk bisnis memang tidak main-main. Dengan media sosial, bisnis kecil sekalipun bisa punya peluang untuk meraup kesuksesan besar. Manfaat media sosial untuk bisnis kini begitu penting di dunia bisnis.

Manfaat media sosial untuk bisnis juga tak hanya meningkatkan penjualan. Manfaat media sosial untuk bisnis bisa digunakan untuk menganalisis pasar, konsumen, hingga kebutuhan produksi. Kini banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk bisnis.

Berikut 10 manfaat media sosial untuk bisnis, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(4/9/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Manfaat media sosial untuk bisnis

Menemukan calon konsumen dengan cepat

Dengan media sosial, kamu bisa menghimpun calon konsumen dengan cepat. Instagram dan Twitter misalnnya, punya fitur pencarian yang bisa mempermudah orang mencari sesuatu yang diinginkannya.

Dengan fitur seperti lokasi misalnya, konsumen bisa mencari referensi produk atau jasa yang dekat dengan tempat tinggalnya. Fitur hashtag juga bisa digunakan dalam promosi di media sosial agar konsumen bisa dengan mudah menjangkau bisnismu.

Menganalisis calon konsumen

Dari media sosial, kamu juga bisa menganalisis calon konsumen. Orang-orang banyak berbagi di media sosial. Ini berarti ada banyak data yang dapat kamu temukan tentang target konsumen.

Kamu bisa mencari tahu apa kebutuhan konsumen dan menyediakan apa yang mereka butuhkan. Kamu juga bisa menentukan menganalisis target pasar dari sosial media. Kamu kemudian dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan yang lebih tepat terkait bisnis, apa yang dicari konsumen, dan cara terbaik untuk menjangkau mereka.

3 dari 6 halaman

Manfaat media sosial untuk bisnis

Memberi feedback lebih cepat dan mudah

Media sosial menjadi alat untuk membangun keterikatan dengan konsumen. Dengan media sosial konsumen bisa berkomunikasi langsung terkait produk atau jasamu. Sementara kamu bisa memberi feedback untuk konsumen secara interaktif dan cepat.

Media sosial membantu mempertahankan reputasi bisnis dengan memberi platform untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Semakin cepat kamu merespons, dan semakin baik kamu dapat membantu, semakin besar tingkat kepercayaan konsumen.

Menarik minat konsumen

Aktifnya bisnis di media sosial juga bisa menjadi cara menarik minat konsumen potensial. Kamu bisa mengesankan calon pelanggan dengan cara menangani interaksi pelanggan lain yang biasanya tidak terkait.

Sama seperti pemasar, konsumen menggunakan media sosial sebagai alat untuk membantu mereka melakukan pembelian dan keputusan yang lebih baik secara umum. Dengan pelayanan dan kualitas produk yang baik, media sosial bisa membangun minat untuk para calon konsumen lainnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat media sosial untuk bisnis

Tingkatkan pengunjung website

Media sosial dimaksudkan untuk menjangkau khalayak yang berbeda dengan cara yang menarik, berguna, menghibur dan merujuk pelanggan potensial yang mungkin belum pernah kamu jangkau.

Media sosial bisa membantu meningkatkan pengunjung website bisnismu. Ini sangat menguntungkan karena konsumen akan mengenal bisnismu dengan lebih baik.

Branding

Manfaat media sosial untuk bisnis yang tak kalah penting adalah branding. Media sosial juga bisa menjadi tempat konsumen untuk mengulas sebuah produk. Dengan media sosial kamu bisa membangun tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnisnmu.

Kamu bisa membagikan informasi menarik terkait bisnis. Kamu juga bisa melakukan interaksi langsung pada masyarakat.

5 dari 6 halaman

Manfaat media sosial untuk bisnis

Menganalisis kompetitor

Saluran media sosial juga tidak hanya membantu praktik pemasaran, tetapi juga menganalisi taktik yang digunakan oleh pesaing. Dengan media sosial kamu bisa memantau kompetitor mulai dari cara mereka berpromosi, berinteraksi dengan pelanggan, hingga memahami produk yang ditawarkan. Misalnya kamu bisa melacak seberapa cepat pesaing menanggapi keluhan pelanggan.

Social Selling

Media sosial akan membantu penjualan. Penjualan sosial memberi tim penjualan dan pemasaran kesempatan untuk menjalin hubungan, dan membangun hubungan baik dengan koneksi dan jaringan yang ada. Kehadiran sosial yang aktif dan menarik dapat membantu bisnismu selalu diingat, jadi ketika seseorang siap untuk membeli, mereka akan mendatangimu terlebih dahulu.

6 dari 6 halaman

Manfaat media sosial untuk bisnis

Membagikan informasi lebih cepat

Dengan media sosial kamu bisa membagian informasi dengan lebih cepat. Kamu bisa memberi informasi tentang promo, penawaran menarik, atau info tentang detai produk secara rinci dengan cepat. Kamu cukup manfaatkan fitur share untuk membagikan informasi ke beberapa media sosial sekaligus.

Melakukan promosi dengan biaya terjangkau

Media sosial merupakan cara promosi yang paling mudah dan murah. Hanya dengan modal koneksi internet dan kemampuan marketing yang baik, kamu bisa mempromosikan bisnismu secara cuma-cuma. Kamu juga tidak perlu membuang uang untuk membuat banner atau brosur untuk promo. Media sosial bisa menjangkau calon konsumen dengan lebih luas dan cepat tanpa membengkakkan pengeluaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.