Sukses

Tanpa Disadari, Ini 3 Kesalahan yang Dilakukan Saat Mencuci Pakaian

Liputan6.com, Jakarta Mencuci pakaian bukan sekadar membersihkannya dari kotoran atau noda yang menempel saja. Padahal sebenarnya, banyak hal yang perlu diperhatikan agar tidak merusak pakaian.

Demi memperpanjang 'usia' pakaian jangan sampai kamu hanya merawat pakaian dengan baik ketika baru dibeli. Seiring berjalannya waktu, pakaianmu mengalami penurunan warna dan rusak akibat perawatan yang diabaikan.

Nah ada tiga kesalahan utama yang sering dilakukan ketika mencuci pakaian. Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dikutip di laman Herzindagi:

1. Label Perawatan

Jika kamu perhatikan, hampir semua pakaian memiliki label perawatan. Ya label pakaian itu menjelaskan mulai dari jenis kain hingga cara mencuci dan mengeringkan. Misalnya, jika pakaian itu dibuat dari sutra cara mencucinya pastinya dengan tangan. Nah mulai sekarang, cobalah untuk mulai membaca label pakaian ya!

2. Zipper

Berapa banyak kamu memiliki celana dengan zipper atau ritsleting? Nah, jika kamu menggabungkan celana berritsleting terbuka saat mencuci, kemungkinan besar akan merusak pakaian yang lain. Itu karena ritsleting terbuat dari logam dan baja. Bisa jadi, ritsleting tersangkut dan merobek pakaianmu yang lain. Jadi mulai sekarang, pastikan ritsleting ditutup rapat ya atau akan lebih baik, dipisah saja.

3. Detergen

Membubuhkan deterjen langsung ke pakaian saat mencuci dengan tangan atau mesin cuci, dapat merusak tekstur dan warna pakaian lho! Maka dari itu, pastikan kamu menuangkan deterjen lebih dulu ke dalam air, sebelum merendam pakaian kotor.

Alih-alih ingin membersihkan pakaian alias menghilangkan noda pakaian, kamu justru melakukan cara tersebut yang kurang tepat. Nah jika kamu ingin menghilangkan noda di pakaian berwarna, deterjen saja tidak cukup.

Untuk pakaian warna putih, rendam baju putih lebih dulu, sebelum proses mencuci dengan pemutih yang mengandung bahan hyprochlorite 10% untuk membasmi kuman dan bakteri. Dengan cairan penghilang noda berteknologi White Crystal, serat pakaianmu dijamin akan selalu terjaga dan selalu kuat dan tahan lama.

 

(*)