Sukses

6 Manfaat Suntik Vitamin C dan Kolagen bagi Tubuh, Ketahui Caranya yang Aman

Pahami manfaat suntik vitamin C dan kolagen serta cara penggunaannya yang aman.

Liputan6.com, Jakarta Semakin majunya ilmu pengetahuan di bidang medis, bisa memberi banyak sekali dampak positif bagi kualitas hidup manusia. Salah satunya dampak positif berupa manfaat suntik vitamin C dan kolagen bagi tubuh, yang memang saat ini masih belum banyak diketahui secara luas di tengah masyarakat. Sebab manfaat suntik vitamin C dan kolagen ini umumnya hanya diketahui bermanfaat bagi kecantikan saja.

Padahal, manfaat suntik vitamin C dan kolagen sebenarnya bisa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengatasi kekurangan vitamin C hingga membuat tubuh menjadi fit. Bahkan salah satu manfaat suntik vitamin C dan kolagen juga sangat efektif untuk memudarkan keriput pada wajah.

Tapi memang perlu dilakukan konsultasi kepada dokter sebelum melakukan suntik vitamin C dan kolagen tersebut. Hal ini bertujuan agar manfaat suntik vitamin C dan kolagen bisa dirasakan dengan maksimal serta menghindari risiko salah praktik yang bisa menyebabkan munculnya penyakit parah.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai manfaat suntik vitamin C dan kolagen tersebut dari berbagai sumber. Pastikan untuk memahami dengan benar agar risiko suntik yang dilakukan bisa ditekan, Minggu (6/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mencegah kekurangan vitamin C

Manfaat suntik vitamin C dan kolagen yang pertama yaitu mengatasi kekurangan dari vitamin C itu sendiri yang ada di dalam tubuh. Sebab kekurangan kandungan vitamin C dalam tubuh sangat rentan menimbukan risiko skorbut atau scurvy.

Penjelasan mengenai kondisi skorbut yaitu sebuah kondisi di mana jaringan-jaringan tubuh telah rusak. Biasanya terdapat beberapa gejala skorbut yang bisa didiagnosa sejak dini, seperti mudah lelah, nyeri sendi, gigi dan gusi mudah berdarah, muncul bintik-bintik biru di kulit, dan lain sebagainya. Apabila seseorang sudah mengalami kondisi skorbut, maka suntik vitamin C bisa membantu mengatasinya.

3 dari 7 halaman

2. Membuat tubuh lebih fit

Adanya suntikkan vitamin C juga sangat efektif membuat tubuh menjadi lebih fit dan membuat tubuh mampu untuk memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan sel serta jaringan tubuh yang mungkin saja telah rusak karena beberapa sebab.

Selain itu, vitamin C dikenal memiliki kandungan antioksidan dalam kadar yang sangat tinggi dan sangat berperan aktif untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit akibat radikal bebas.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada vitamin C, maka sudah menjadi rahasia umum jika dampak positif yang timbul adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suntik vitamin C dengan dosis yang tepa mampu membuat seluruh kandungan antioksidan mudah diserap dan masuk ke aliran darah.

Hal tersebut juga membuat tubuh menerima banyak sekali jenis antioksidan yang baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh, maka secara tidak langsung kondisi badan akan lebih kuat dan lebih aman dari serangan penyakit yang disebabkan virus berbahaya.

5 dari 7 halaman

4. Mengobati penyakit kanker

Mungkin tak banyak yang tahu jika manfaat suntik vitamin C juga bisa untuk mengobati penyakit kanker. Suntik vitamin C dalam dosis tinggi secara intravena bersama dengan obat kanker bisa mengobati penyakit kanker.

Kadar vitamin C yang tinggi merupakan racun bagi sel-sel kanker. Dengan begitu, sel-sel kanker akan hancur sendiri tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat. Selain itu, vitamin C juga bisa meminimalisir efek samping dari obat kanker yang digunakan.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan pembakaran lemak

Dengan melakukan suntik vitamin C pada tubuh, maka kemampuan membakar lemak bisa semakin meningkat. Sebab vitamin C tersebut menjadi salah satu zat yang penting dalam rangka proses pembakaran lemak. Apabila pembakaran lemak baik, maka berat badan berangsur akan berkurang.

7 dari 7 halaman

6. Membuat wajah terlihat lebih awet muda

Lalu manfaat suntik vitamin C dan kolagen yang terakhir mampu membuat wajah terlihat awet muda. Sebenarnya kolagen merupakan protein alami dalam tubuh, terutama di tulang, otot, kulit, dan tendon. Kolagen tersebut serupa dengan plastik dan mampumemberi struktur pada tubuh secara kuat tapi tetap elastis.

Sayangnya seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh memproduksi kolagen akan menurun. Hal ini menyebabkan munculnya tanda penuaan di kulit seperti keriput dan melemahnya sendi-sendi. Itulah mengapa adanya suntikan vitamin C dan kolagen dapat membantu memperbaiki topografi kulit dan mengisi keriput.

Meski proses penyuntikan vitamin C dan kolagen tersebut terbilang aman dan juga mudah diserap oleh tubuh. Akan tetapi, proses suntik vitamin C dan kolagen harus dilakukan oleh tenaga medis profesional yang memang sangat berkompeten untuk melakukan tindakan tersebut.

Sebab saat ini sangat banyak klinik perawatan yang membuka jasa penyuntikan kolagen dan vitamin C tidak resmi dan justru bisa berbahaya. Memang harganya lebih murah, namun bahaya yang ditimbulkan bisa sangat besar hingga menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.