Sukses

13 Manfaat Buah Kurma Muda untuk Wanita yang Jarang Diketahui

Manfaat buah kurma muda untuk wanita bisa tingkatkan kesuburan dan melancarkan persalinan.

Liputan6.com, Jakarta Buah kurma memang terkenal kaya manfaat. Tak terkecuali dengan buah kurma muda yang masih berwarna kuning tua. Manfaat buah kurma muda untuk wanita ini pun sangat patut diperhatikan.

Wanita bisa meningkatkan kesuburan, menjaga kehamilan, dan melancarkan persalinan dengan manfaat buah kurma muda. Bahkan masalah anemia, pencernaan, otak, hingga tulang bisa diatasi dengan kurma muda.

Manfaat buah kurma muda untuk wanita ini berasal dari kandungan yang dimilikinya. Mulai dari serat, zat besi, antioksidan, dan vitamin K. Termasuk rendah gula, rendah kalori, dan kaya sumber air.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat buah kurma muda untuk wanita dari berbagai sumber, Senin (7/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kurma Muda untuk Wanita

Kesuburan

Manfaat buah kurma muda untuk wanita yang sangat populer adalah meningkatkan kesuburan. Kurma muda kuning kaya akan zat besi, serat, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesuburan.

Kurma muda banyak digunakan sebagai obat alternatif dalam program hamil. Tak cuma bermanfaat bagi kesuburan wanita, kurma muda juga dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria. Kurma kaya akan asam amino yang juga bisa meningkatkan stamina seksual.

Kehamilan

Memiliki tenaga ekstra sangatlah dibutuhkan pada masa kehamilan. Untungnya manfaat buah kurma muda untuk wanita ini bisa diandalkan.

Saat hamil, ibu menjadi lebih mudah lemas dan kehilangan banyak tenaga. Hal ini dipengaruhi bawaan bayi yang semakin berat dan membuat ibu mudah pegal-pegal.

Mengonsumsi beberapa kurma muda setiap hari mampu meningkatkan kadar gula di dalam darah yang efektif menambah kalori sebagai sumber energi.

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kurma Muda untuk Wanita

Persalinan

Kurma muda juga baik untuk kehamilan. Kurma, baik kering maupun segar dinilai dapat meringankan persalinan jangka panjang pada wanita hamil. Manfaat buah kurma muda untuk wanita ini bisa didapat dengan mengonsumsinya selama beberapa minggu.

Tepatnya pada minggu terakhir kehamilan. Tujuannya agar dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan diinduksi.

Ini kemungkinan karena senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan tampaknya meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Kurma juga dikenal dapat memperkuat otot-otot rahim pada bulan-bulan terakhir kehamilan. Kurma juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Buah ini dapat membantu mencegah sembelit selama kehamilan.

Sehatkan Bayi

Saat sedang hamil, tak hanya kesehatan ibu yang harus diperhatikan. Akan tetapi, kesehatan janin atau bayi dalam kandungan pun juga.

Pada saat sedang mengandung, ibu membutuhkan banyak folat untuk pembentukan sel dan tulang bayi. Jika ibu kekurangan zat tersebut, maka resikonya, bayi bisa lahir secara cacat.

Nah, untungnya masalah ini bisa diatasi dengan manfaat buah kurma muda untuk wanita. Buah ini memiliki folat yang bermanfaat untuk memaksimalkan pembentukan sumsum tulang belakang. Termasuk otak dan mencegah bayi cacat saat lahir.

 

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kurma Muda untuk Wanita

Anemia

Selama hamil ibu sering merasakan pusing dan lemas karena kekurangan darah di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kondisi ini akan berlanjut hingga saat persalinan tiba. Melahirkan membuat wanita kehilangan banyak darah dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani.

Manfaat buah kurma muda untuk wanita mampu mencegah ibu terserang anemia. Zat besi yang terdapat di dalamnya mampu mempertahankan kadar hemoglobin dan menjaga kekebalan tubuh ibu serta bayi.

Diabetes

Jika kamu menderita diabetes atau cenderung sensitif terhadap makanan bergula, kurma segar merupakan pilihan camilan yang baik. Manfaat buah kurma muda untuk wanita ini bisa membantu mengatur gula darah. Hal ini disebabkan karena indeks glikemiknya rendah, kemudian kaya serat dan antioksidan.

Kurma kering memiliki dua kali lipat jumlah karbohidrat. Sebaliknya, kurma muda kuning jauh lebih rendah karbohidrat. Ini membuat kurma muda kuning cocok bagi kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan dan harung mengurangi kalori. Serat dalam kurma juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

5 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kurma Muda untuk Wanita

Energi

Meski cenderung rendah kalori dan gula, kurma muda kuning tetap dapat meningkatkan energi. Konsumsi buah kurma muda segar yang kaya air dapat mengembalikan cairan tubuh dan meningkatkan jumlah energi.

Rasanya yang segar juga dapat meningkatkan stamina untuk terus kuat beraktivitas. Tak heran jika kemudian banyak yang mengandalkan manfaat buah kurma muda untuk wanita, agar staminanya tetap terjaga.

Otak

Kurma muda juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Kurma dapat membantu memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan di otak.

Manfaat buah kurma muda untuk wanita ini dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Antioksidan dalam kurma muda ini sama kuatnya seperti flavonoid.

Pencernaan

Kurma muda pun dikenal kaya serat yang dibutuhkan pencernaan. Serat dapat sehatkan pencernaan hingga mencegah sembelit. Konsumsi serat dapat membantu buang air besar secara teratur.

Manfaat buah kurma muda untuk wanita ini pun dipengaruhi kandungan kaliumnya. Tak heran jika kemudian mengonsumsi kurma muda secara rutin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kurma Muda untuk Wanita

Penuhi Cairan

Kurma muda merupakan buah yang lebih menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air serta serat yang baik bagi kesehatan dibandingkan dengan kurma yang telah melalui proses pengeringan.

Kurma muda dapat menjadi salah satu pilihan ketika Anda merasa berbagai gejala dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Jaga Berat Badan

Sistem pencernaan yang lancar dan metabolisme tubuh yang baik akan berpengaruh pada berat badan. Untuk mencapai berat badan yang ideal, Anda juga dapat mengonsumsi buah kurma muda di samping tetap menerapkan gaya hidup yang sehat.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kurma Muda untuk Wanita

Jaga Sistem Imun

Memiliki sistem imun yang terjaga dengan baik adalah kunci kesehatan jasmani. Berbagai masalah infeksi dan penyakit bisa dihindari.

Nah, manfaat buah kurma muda untuk wanita ini cocok dijadikan pilihannya. Terutama bagi wanita yang sering mengalami pilek, flu, batuk, dan lain sebagainya.

Terdapat kandungan antioksidan yang bagus untuk jaga sistem imun wanita. Selain meningkatkan imun, berbagai jenis patogen berbahaya dapat ditangkal dengan mudah.

Tulang

Kurma adalah sumber tembaga, fosfor, magnesium, selenium, dan mangan. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga tulang tetap sehat. Bahkan manfaat buah kurma muda untuk wanita ini efektif cegah osteoporosis. Kurma juga kaya akan vitamin K, yang berperan dalam pembekuan darah dan membantu memetabolisme tulang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.