Sukses

15 Obat Alami untuk Gigi Berlubang, Mudah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Gigi berlubang merupakan kondisi ketika terjadi pengikisan bagian luar dan dalam gigi hingga membentuk lubang. Penyebab utamanya adalah penumpukan bakteri di mulut karena kebersihan gigi tak terjaga. Penderitanya akan mengalami nyeri luar biasa hebat saat sedang kabuh-kambuhnya. Untuk bisa mengatasi di rumah, cobalah obat alami untuk gigi berlubang.

Obat alami untuk gigi berlubang ini terdiri dari bumbu dapur, buah, hingga rempah. Bahan-bahan ini bisa dipakai sebagai obat alami untuk gigi berlubang karena kandungan dan sifat alami yang dimiliki. Kaya sodium dan asam, kemudian memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi.

Selain mengandalkan obat alami untuk gigi berlubang, terapkan juga kebiasaan sehat untuk pencegahan. Menjaga kebersihan gigi dengan menyikatnya dua kali sehari kemudian mengurangi konsumsi asam dan manis. Tak hanya menjaga kebersihan mulut dan gigi, memenuhi kebutuhan nutrisi gigi juga perlu dilakukan. Misalnya seperti konsumsi makanan kaya serat dan tinggi kalsium.

Berikut Liputan6.com ulas obat alami untuk gigi berlubang dari berbagai sumber, Senin (7/9/2020).

2 dari 7 halaman

Obat Alami untuk Gigi Berlubang

Garam

Sodium yang tinggi pada garam dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptik alami bau kesehatan mulut.

Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi.

Jeruk

Asam dalam lemon dan jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga bersifat antibakteri.

Sifat ini sangat efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.  Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3 dari 7 halaman

Obat Alami untuk Gigi Berlubang

Belimbing Wuluh

Rasa asam yang ada dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulutmu. Cukup tumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bersifat antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Hal inilah yang membuat daun jambu biji efektif menghilangkan rasa sakit pada gigi berlubang.

Hal yang perlu kamu lakukan hanya mengunyah jambu biji. Bisa juga dengan merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur. 

4 dari 7 halaman

Obat Alami untuk Gigi Berlubang

Daun Sirih

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak zaman nenek moyang yang terbukti ampuh atasi gigi berlubang. Daun sirih ini berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan sebagai antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

Bawang

Bawang merah dan bawang putih mengandung antiseptik alami yang efektif membunuh kuman. Cukup tumbuk halus 1 siung bawang merah atau bawang putih. Kemudian tambahkan dengan sdt garam. Jika sudah, tempelkan pada gigi berlubang yang sakit. Pastikan ramuan ini tidak menyumpal pada gigi berlubang nantinya.

Cuka Apel

Cuka apel pun bisa dipakai untuk menyembuhkan gigi berlubang. Paling tidak, membantu meredakan rasa nyerinya. Hal ini disebabkan karena ada kandungan antimikroba dan antibakteri di dalamnya.

Cukup larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Lalu gunakan untuk berkumur. Jika tak suka berkumur, bisa gunakan kapas yang ditetesi cuka. Kemudian terapkan pada bagian gigi yang berlubang dan nyeri.

5 dari 7 halaman

Obat Alami untuk Gigi Berlubang

Asam Jawa

Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami untuk obati gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena sifat antiseptik alaminya. Mengatasi sakit gigi dengan asam Jawa adalah dengan menyangrai biji asam jawa. Jika sudah tempelkan pada gigi yang sakit. 

Cengkeh

Jika tak menemukan minyak cengkeh, coba saja gunakan cengkehnya langsung untuk obati gigi berlubang. Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

6 dari 7 halaman

Obat Alami untuk Gigi Berlubang

Merica

Merica pun bisa digunakan sebagai obat untuk gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena merica bersifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang berlubang.

Serai

Tak hanya cocok digunakan sebagai bumbu dapur. Serai pun cocok digunakan untuk mengobati gigi nyeri karena berlubang. Bahkan serai dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi.

Caranya dengan merebus dua tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur.

 

7 dari 7 halaman

Obat Alami untuk Gigi Berlubang

Jahe

Jahe memang rempah yang kaya manfaat. Tak hanya cocok untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Jahe pun cocok digunakan untuk mengobati gigi berlubang. Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut dan gigi. Caranya parut 1 buah jahe dan peras airnya. Lalu gunakan air perasan jahe untuk berkumur. 

Es Batu

Tak ada yang menyangka ternyata es batu bisa bantu atasi gigi berlubang. Cara menerapkannya juga sangat mudah. Hanya perlu mengompres bagian nyeri dengan es batu.

Suhu dingin yang dihasilkan es batu mampu mengebaskan saraf gigi. Hingga pada akhirnya bisa menghilangkan rasa nyerinya. Kompres paling tidak 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.