Sukses

13 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Kontrol Kadar Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Temulawak merupakan tanaman herbal yang mirip dengan kunyit. Kandungan utamanya pun kurkumin. Meski begitu, temulawak juga kaya antioksidan. Tak heran, jika kemudian banyak orang mengandalkan manfaat temulawak untuk kesehatan.

Hanya saja, belum banyak yang mengetahui bahwa manfaat temulawak untuk kesehatan tak sebatas jaga sistem imun tubuh. Masih ada khasiat yang justru kerap disepelekan oleh banyak orang, misalnya saja seperti mengontrol kadar kolesterol.

“Sebaiknya seminggu dua kali orang perlu mengonsumsi jamu yang terbuat dari temulawak. Sementara bagi pekerja keras, jamu temulawak sangat baik jika dikonsumsi setiap hari,” ujar Guru Besar Ilmu Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Erni Hernawati Purwaningsih.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk mulai mengonsumsi temulawak sebagai jamu. Rutin mengonsumsinya, akan membuat manfaat temulawak untuk kesehatan semakin mudah didapatkan.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat temulawak untuk kesehatan dari berbagai sumber, Selasa (8/9/2020).

2 dari 7 halaman

Peradangan dan Nafsu Makan

Peradangan

Temulawak memiliki kandungan berupa kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan ini dapat mencegah terjadinya peradangan di tubuh.

Terutama bagi penderita ostheoarthiritis. Manfaat Temulawak untuk kesehatan sangat direkomendasikan. Temulawak ini dapat meredakan rasa sakit pada sendi.

Begitu juga dengan ekstrask temulawak. Ekstrak temulawak memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, temulawak dikupas dan direbus menggunakan air lalu diminum setelah dingin.

Nafsu Makan

Memiliki masalah dengan nafsu makan, cocok diatasi dengan manfaat temulawak untuk kesehatan. Mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan nafsu makan, terlebih pada anak-anak.

Oleh karena itu, orangtua dapat memberikan temulawak sebagai obat penambah nafsu makan anak. Senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga anak akan merasa lebih cepat lapar.

Temulawak dapat dijadikan minuman hangat dengan merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan dikonsumsi untuk anak-anak.

3 dari 7 halaman

Pencernaan dan Fungsi Hati

Pencernaan

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya bisa jaga saluran pencernaan. Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu.

Hal ini kemudian akan membantu melancarkan pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak.

Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Tak hanya cocok dijadikan jamu, tetapi juga tambahan obat herbal untuk penambah nafsu makan.

Fungsi Hati

Temulawak juga memiliki khasiat yang baik untuk organ hati. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan kurkuminnya.

Kurkuminnya dapat mencegah sel-sel hati berlemak. Oleh sebab itu, temulawak dapat dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati.

Selain kurkumin, bagian bawah batang temulawak juga memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Tak heran jika kemudian, temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.

 

4 dari 7 halaman

Maag, Stamina, dan Imunitas

Maag

Penyakit maag dapat diatasi dengan temulawak. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan kukurmin, monoterpen, dan sekuiterpen.

Penyakit perut tersebut dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara teratur.

Caranya, temulawak diracik dengan diiris tipis-tipis lalu direbus menggunakan air. Setelah mendidik, diamkan sampai dingin dan setelah itu minum air secara teratur.

Stamina

Temulawak bisa diandalkan untuk meningkatkan stamina karena kandungan tonikumnya. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini patut dicoba alih-alih mengonsumsi obat kimia.

Campurkan kunyit dengan temulawak untuk kemudian dikonsumsi. Racikan ini bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat.

Sistem Imun

Temulawak bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan antioksidannya.

Sistem imun yang terjaga akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Termasuk infeksi virus, bakteri, dan kuman. Jadi, mulailah rutin mengonsumsinya.

Buatlah ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak kemudian diambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

 

5 dari 7 halaman

Kanker dan Kolesterol

Kanker

Temulawak memiliki sifat antiperadangan. Tak heran jika temulwak dapat diandalkan untuk mencegah perkembangan sel-sel pemicu kanker.

Sel-sel kanker yang tidak bisa berkembang akan membuatnya mati dan tidak bisa kembali lagi, sehingga tubuh akan terhindar dari kanker.

Manfaat temulawak untuk kesehatan ini dapat mencegah berbagai jenis kanker. Termasuk kanker usus besar dan payudara.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma di dalamnya mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidan.

Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya adalah munculnya penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang cukup tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung. Jadi, mulai andalkan manfaat temulawak untuk kesehatan agar kolesterol tetap seimbang.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Itu karena kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat mengatasinya dengan efektif.

6 dari 7 halaman

Osteoarthritis dan Kurangi Lemak

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan peradangan yang terjadi pada persendian. Sendi-sendi yang mengidap penyakit ini akan terasa sakit dan kaku. Untuk mengatasi atau mencegahnya, coba andalkan manfaat temulawak untuk kesehatan.

Manfaat temulawak terkait osteoarthritis juga pernah diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut dikatakan, efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pengidap osteoarthritis.

Kurangi Lemak

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya berpengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri merupakan proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh.

Tumbuhan herbal ini mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, yang bisa memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi temulawak bisa menjadi alternatif diet sehat agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan tetap aman.

7 dari 7 halaman

Atasi Jerawat dan Cerahkan Wajah

Atasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah.

Bagi sebagian orang, munculnya jerawat ini sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga merusak penampilan. Cobalah manfaat temulawak untuk kesehatan agar terhindar dari masalah jerawat.

Temulawak dipercaya memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Terapkan pada wajah dengan menjadikannya sebagai masker.

Cerahkan Wajah

Manfaat temulawak untuk kesehatan wajah selanjutnya dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit menjadi kusam dan gelap. Agar kulit menjadi lebih cerah lakukan eksfoliasi dengan temulawak pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati.