Sukses

10 Cara Membuat Masker untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Mudah dan Praktis

Bekas jerawat bisa hilang dengan masker buatan ini.

Liputan6.com, Jakarta Bekas jerawat menjadi masalah yang tak kalah memusingkan selain jerawat itu sendiri. Bekas jerawat timbul ketika peradangan menembus kulit secara dalam dan merusak jaringan di bawahnya. Jerawat yang mulai sembuh bisa meninggalkan bekas kemerahan, hitam, atau kulit yang mengelupas.

Bekas jerawat berupa noda hitam paling sering muncul. Ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dengan sel kulit mati dan minyak berlebih. Namun, bekas jerawat bisa dihilangkan dengan sejumlah cara.

Kamu bisa bisa dengan mudah mengatasi flek hitam bekas jerawat dengan masker buatan sendiri. Cara membuat masker untuk hilangkan bekas jerawat cukuplah mudah. Berikut cara membuat masker untuk hilangkan bekas jerawat yang dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Selasa (8/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Masker untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Lemon

Ketika dioleskan secara topikal, asam sitrat yang ada dalam lemon membantu meringankan bintik hitam dengan sifat pemutihnya. Lemon juga membantu membuka pori-pori dan mengecilkannya. Pastikan kulit tidak dalam keadaan iritasi atau meradang saat menggunakan lemon.

Peras 1/2 buah lemon dan tambahkan 1 sendok makan madu. Oleskan masker ke seluruh wajah iarkan selama 10-15 menit. Lalu, bersihkan dengan air hangat diikuti dengan membilasnya dengan wajah dengan air dingin. Tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk lalu gunakan pelembap.

Madu dan susu

Susu memiliki efek mencerahkan kulit sedangkan madu dikenal karena sifat pelembapnya. Menggunakan masker ini secara teratur bisa menghilangkan flek hitam dan mendukung kulit yang bersih, bercahaya, dan tampak lebih muda.

Campur 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan madu. Aplikasikan pada titik bekas jerawat atau ke seluruh wajah. Diamkan campuran selama 15 menit dan kemudian bersihkan.

3 dari 6 halaman

Masker untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Lidah buaya

Lidah buaya bekerja sangat baik untuk menghilangkan bintik-bintik hitam karena mengandung aloesin. Senyawa ini menghambat produksi melanin yang berlebihan.

Ambil gel lidah buaya segar dan campur bebeberapa tetes air mawar. Oleskan seluruh wajah dan biarkan mengering selama sekitar 15 menit. Pijat selama 2-3 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin.

Kentang

Kentang memiliki sifat pemutih kulit alami yang membantu mengatasi flek hitam, noda serta mencerahkan warna kulit. Kupas dan parut 1/2 kentang. Tambahkan 1 sendok teh air lemon dan 1/4 sendok teh susu bubuk. Oleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air, tepuk-tepuk kulit hingga kering dan gunakan pelembap.

4 dari 6 halaman

Masker untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Pepaya

Enzim yang ada dalam pepaya bisa mengeksfoliasi kulit dan membuatnya lebih cerah. Ketika diaplikasikan pada bintik hitam bekas jerawat, masker ini bisa membantu menyamarkannya. Haluskan 1/4 cup pepaya matang dan campur bersama dengan 2 sendok makan teh hijau. Oleskan pada kulit dengan bekas jerawat, biarkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya.

Kunyit

Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antioksidan dan penyembuhan kulit. Kunyit bisa membantu meratakan warna kulit. Ini juga bisa mencerahkan bintik hitam dan area lain yang mengalami hiper-pigmentasi.

Campurkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh air lemon. Oleskan campuran bahan tersebut pada wajah selama 10-12 menit. Bilas dengan air hangat lalu lanjutkan dengan air dingin.

5 dari 6 halaman

Masker untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Oatmeal

Oatmeal menenangkan dan membersihkan kulit. Oatmeal juga memberikan efek antioksidan pada area yang rusak dan bernoda. Oatmeal juga membantu menyerap minyak berlebih dari kulit yang dapat memicu jerawat.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan air lemon, dan air mawar secukupnya hingga membentuk pasta halus. Oleskan masker di wajah dan biarkan selama sekitar 10-12 menit. Bilas dengan air hangat setelahnya.

Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang bertindak sebagai pengelupas dan agen pencerah noda. Yogurt juga mencegah jerawat yang dapat dengan mudah meninggalkan bekas luka dan noda.

Campur 2 sendok makan yogurt tawar dan sejumput kunyit. Aplikasikan pada wajah, biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air. Lakukan 2-3 kali seminggu.

6 dari 6 halaman

Masker untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Tomat

Kaya vitamin, tomat membantu mengecilkan pori-pori dan memudarkan noda. Tomat juga dikenal khasiatnya yang mencerahkan dan menghilangkan noda. Haluskan satu buah tomat dan campur dengan 1 sendok makan madu. Setelah pasta terbentuk, oleskan secara merata pada kulit dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan kemudian lembapkan.

Mint

Mint memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa bekerja pada bekas jerawat. Mint juga dapat membersihkan wajah. Masker mint ini sangat mudah dibuat.

Haluskan daun mint lalu tambahkan beberapa tetes air tawar untuk membuat pasta. Oleskan pada seluruh wajah. Oleskan lapisan yang lebih tebal pada noda bekas jerawat dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat dan oleskan es batu atau percikan air dingin untuk menutup pori-pori. Tepuk lembut kulit hingga kering dan lembapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.