Sukses

10 Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami, Cegah Agar Tak Menyebar

Liputan6.com, Jakarta Kutil merupakan penyakit kulit yang tak berbahaya. Meski begitu, kutil tetap bisa menyebar semakin banyak dan besar hingga mengganggu penampilan. Di sinilah yang kemudian membuat cara menghilangkan kutil dengan bahan alami penting diketahui.

Jika cara menghilangkan kutil dengan bahan alami ini tak diterapkan, maka pertumbuhan sel ekstra akan terjadi. Hal ini pun akan membuat lapisan luar kulit menjadi tebal dan keras. Kondisi seperti ini bisa terjadi di tangan, kaki, leher, ketiak, bahkan wajah.

Selain bisa menjadi banyak dan besar, kutil pun bisa menular pada orang sekitar. Terutama ketika kutil itu tersentuh, maka virus kutil akan semakin mudah menular. Jadi, jangan ragu menerapkan cara menghilangkan kutil dengan bahan alami untuk membasminya.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan kutil dengan bahan alami dari berbagai sumber, Rabu (9/9/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Buah Nanas

Buah nanas yang mengandung asam serta enzim alami untuk menghilangkan kutil. Cara menggunakannya cukup mudah. Hanya perlu menyiapkan buah nanas. Kemudian mengupasnya dan memotong seperlunya. Jika sudah, oleskan buah nanas segar langsung pada area tubuh yang terdapat kutilnya.

Bawang Putih

Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan juga dapat menjadi cara menghilangkan kutil pada area tubuh dengan pengobatan rumahan yang alami.

Sifat antivirus dan antibakteri serta rasa panas ketika dioleskan pada kulit dapat membantu menghilangkan kutil secara alami.

Hanya perlu membuatnya seperti pasta. Lalu mengoleskan pada area tubuh yang terdapat kutil. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai kutil hilang.

 

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Baking Powder

Meski sering menjadi bahan untuk membuat roti, baking powder rupanya juga dapat dipakai untuk menghilangkan kutil pada area tubuh. Caranya cukup mudah yakni mencampurkan baking powder dengan minyak kastor.

Campuran tersebut akan terlihat seperti pasta yang selanjutnya dapat mengoleskan pada area tubuh yang terdapat kutil. Gunakan ketika malam hari dan tutup dengan plester lalu buka keesokan harinya

Minyak Jarak

Minyak jarak bisa diandalkan untuk menghilangkan kutil. Minyak jarak ini dikenal sebagai obat antimikroba dan anti-inflamasi. Ini digunakan sebagai obat alami untuk kutil, kurap, ketombe, dan masalah kulit lainnya. Hanya perlu oleskan minyak jarak pada kutil setiap hari. Mungkin butuh dua minggu atau lebih untuk melepaskan kutil.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Lemon

Lemon bisa dipakai untuk menghilangkan kutil secara alami. Hanya perlu memakai air perasan lemonnya saja. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat membantu menghilangkan kutil secara alami.

Caranya cukup dengan mengoleskan air perasan lemon pada area tubuh yang berkutil lalu tutup dengan plester atau perban. Lakukan rutin sampai kutil hilang atau kempes. Kalian juga dapat memakai tablet vitamin C yang dihancurkan bersama dengan air sampai membentuk pasta.

Cuka Apel

Cuka apel yang terkenal dengan keasamannya mampu menghilangkan kutil dengan pengobatan rumahan secara alami. Kandungan sifat asam yang tinggi akan membuat benjolan kutil pada kulit akan mengelupas dan kempes secara alami.

Cara memanfaatkan cuka sari apel untuk menghilangkan kutil di wajah cukup dengan mencampur dua sendok makan cuka apel ke setengah gelas air. Selanjutnya, celupkan kapas dan oleskan pada kutil. Tutup dengan perban dan biarkan hingga esok hari.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Akar Dandelion

Akar dandelion merupakan obat tradisional untuk penyakit kulit seperti kutil. Ekstrak dandelion memiliki komponen antimikroba. Selain itu dandelion dapat mendukung produksi kalogen. Kemudian mengurangi peradangan kulit dan mengatasi iritasi. Untuk mencobanya, cukup mengoleskan getah dandelion pada kutil.

Kulit Pisang

Buah yang khas dengan warna kuning dan lembut ini juga dapat menjadi cara menghilangkan kutil pada area tubuh dengan pengobatan rumah yang alami. Namun bagian yang berkhasiat untuk menghilangkan kutil adalah kulit pisang.

Kulit pisang mengandung enzim proteolitik yang bisa menghilangkan serta mengempeskan kutil pada kulit. Kalian dapat menggosokkan kulit pisang pada area tubuh yang terdapat kutil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan rutin setidaknya dua kali sehari.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami

Minyak Serai

Minyak serai diketahui mampu mengatasi virus herpes simplex tipe 1. Sehingga menggunakan minyak serai untuk menghilangkan kutil. Hanya perlu mengoleskan minyak serai pada area tubuh yang terdapat kutil. Agar hasilnya bisa maksimal, oleskan secara rutin. Pastikan setelah menyentuh kutil, tak menyentuh area manapun agar tak menular dan menyebar.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa dipakai untuk menghilangkan kutil di rumah. Pengobatan ini tentu sangat mudah dan murah. Sebab, dalam lidah buaya mengandung asam malat yang efektif untuk menghilangkan kutil pada area tubuh. Sama seperti penggunaan bahan lainnya. Hanya perlu menggosokkan gel lidah buaya pada area tubuh yang berkutil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.