Sukses

Disebut Fitur Wajah Wanita Paling Penting, Ini 5 Fakta Unik Alis

Liputan6.com, Jakarta Wanita tentunya selalu memperhatikan penampilannya. Baik gaya berpakaian ataupun makeup yang bertujuan untuk mempercantik wajahnya. Alis merupakan salah satu fitur wajah wanita yang kerap diperindah dengan polesan pensil alis agar terlihat lebih tebal atau menawan.

Wanita yang kerap memperindah alisnya dengan menggunakan pensi alis sudah ada sejak lama. Ketebalan dan bentuk alis wanita ini rupanya selalu mengalami perubahan dari zaman ke zaman. Tak heran jika alis ini disebut sebagai salah satu fitur wajah wanita yang paling penting.

Tak sedikit wanita yang tidak percaya diri dengan alisnya yang tipis ataupun bentuknya yang tidak indah. Ketebalan alis dan bentuk alis yang indah tentunya akan membuat penampilan seorang wanita menjadi lebih memesona.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta unik alis yang disebut sebagai fitur wajah wanita yang paling penting, Rabu (9/9/2020).

2 dari 6 halaman

1. Trend

Ketebalan dan bentuk alis adalah sesuatu yang terus berubah sepanjang waktu. Pada tahun 1930-an, ramai tren alis yang tipis dan terkulai ke bawah. Sementara pada tahun 60-an terlihat kembalinya alis dalam bentuk alami. Artinya seorang wanita percaya diri dengan bentuk alisnya yang apa adanya tanpa harus diperindah dengan pensil alis atau alat makeup lainnya. Pada 1970-an, mencabut alis merupakan tren yang berkembang pada saat itu untuk memperindah bentuk alis itu sendiri.

Seiring dengan pekembangan zaman, ada banyak tren yang bermunculan. Tak hanya fashion, bentuk alis wanita juga pernah menjadi tren pada masanya. Pada1980-an, tren alis tebal menjadi keinginan para wanita dan kembali berubah pada 90-an hingga 2000-an. Dilansir dari Brainberries, pada 2010-an, alis wanita menginjak tren yang dimana alis wanita semakin menarik jika alis tersebut tebal.

3 dari 6 halaman

2. Memiliki Tujuan

Selain sebagai pilihan gaya dan elemen kecantikan, alis memang memiliki tujuan. Tentunya sudah banyak yang mengetahui jika alis dapat melindungi mata dari masuknya segala jenis kotoran ataupun keringat yang berada di wajah. Selain itu, alis juga dapat menjelaskan ekspresi seseorang jika sedang sedih, marah, cemberut ataupu bahagia sekalipun.

Dilansir dari Brainberries, seseorang yang mengangkat satu alisnya disebut menunjukkan bentuk penghinaan. Alis memiliki peranan penting dalam mengekspresikan suasana hati seseorang.

4 dari 6 halaman

3. Memberi Bentuk Terhadap Wajah Seseorang

Alis dapat membingkai atau memberi bentuk terhadap wajah seseorang. Bentuk dan ketebalannya dapat memengaruhi bentuk wajah seseorang. Alis dapat mengubah secara visual persepsi bentuk wajah seseorang. Oleh sebab itu mengapa wanita sangat memperhatikan bentuk dan ketebalan alis mereka. Hal tersebut guna memperindah bentuk wajahnya agar lebih terlihat menarik.

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki wajah yang lancip atau lonjong, maka orang tersebut bisa memperhalus penampilannya dengan memiliki alis yang lebih bulat. Sementara jika memiliki wajah yang bulat, seseorang bisa menambahkan lengkungan dengan membuatnya tampak tidak bulat dan lebih bersudut.

Selain itu, Memiliki alis yang lebat dan lebat bisa membuat seseorang, khusunya wanita terlihat lebih muda.

5 dari 6 halaman

4. Pancarkan Kecantikan Alami

Alis dapat memperindah penampilan seseorang, khususnya seorang wanita. Seorang wanita dapat memancarkan kecantikan alami jika memiliki alis yang indah. Dilansir dari Brainberries, Walaupun tak sempat memoles wajah dengan bedak ataupun lispstik dan riasan wajah lainnya, seseorang tetap terlihat menawan walaupun hanya dengan alis yang rapi dan tebal.

6 dari 6 halaman

5. Penting untuk Pengenalan Wajah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada pada 2003 di University of Lethbridge membuktikan pentingnya alis. Para peserta penelitian diperlihatkan dua jenis foto selebriti. Satu set foto tanpa mata, dan yang lainnya tanpa alis. Hampir 60% orang yang mengambil bagian dalam penelitian tersebut dapat mengindentifikasi selebriti dengan benar dalam foto tanoa mata. Tetap hanya 40% yang dapat mengidentifikasi foto selebriti tanpa alis. Dengan demikian disimpulkan bahwa alis adalah fitur wajah yang lebih penting untuk pengenalan wajah.