Sukses

10 Cara Membuat Scrub Kopi untuk Bersihkan dan Cerahkan Kulit

Scrub kopi ampuh angkat sel kulit mati.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan bahan rumahan untuk merawat kulit jadi cara perawatan yang sederhana dan alami. Salah satu bahan rumahan yang bisa digunakan adalah kopi. Butiran halus kopi bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Kopi bisa dijadikan scrub untuk wajah dan badan. Menggunakan scrub kopi bisa membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Scrub dengan kopi juga membantu meningkatkan sirkulasi. Ini bisa melancarkan oksigen dan menutrisi kulit lebih maksimal.

Ada banyak cara membuat scrub kopi sendiri di rumah. Dengan campuran bahan alami lainnya, kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit dengan mudah. Scrubbing bisa dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Berikut cara membuat scrub kopi untuk bersihkan kulit yang dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Rabu (9/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara membuat scrub kopi

Scrub kopi dan gula

Kopi dan gula pasir halus merupakan exfoliant yang sangat baik. Lulur ini mengandung antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya tetap bersinar.

Campurkan 2 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan gula pasir, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Gunakan campuran ini untuk meluluri wajah dan tubuh. Gosokkan dengan lembut lalu bilas dengan air.

Scrub kopi dan minyak kelapa

Minyak kelapa menutrisi dan melembapkan kulit. Dengan campuran yogurt dan air lemon, scrub ini sangat menyegarkan dan membuat kulit lembut dan halus.

Campurkan 2 sendok makan bubuk kopi, ¼ cangkir yogurt, 1 sendok makan minyak kelapa, dan perasan ½ buah lemon. Dalam mangkuk kaca, campurkan semua bahan, gunakan untuk menggosok wajah dan tubuh. Biarkan selama 1-15 menit, lalu bilas dengan air.

3 dari 6 halaman

Cara membuat scrub kopi

Scrub kopi dan madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang memiliki efek penyembuhan pada kulit. Madu juga mengunci kelembapan dan menenangkan kulit. Bersama dengan kopi dan yogurt, scrub ini mampu menutrisi kulit.

Campur 2 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan yogurt, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan bubuk kakao. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Pijat dengan lembut selama 10 menit. Biarkan selama beberapa saat lalu cuci bersih.

Scrub kopi dan brown sugar

Scrub kopi dan brown sugar bisa membantu menyegarkan kulit setelah seharian beraktivitas. Campuran kopi, brown sugar dan minyak almond membantu proses regenerasi, menghilangkan flek hitam dan menjaga kulit tetap cerah.

Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan brown sugar, dan 1 sendok makan minyak almond. Pijat campuran ini di wajah dan leher dengan gerakan memutar. Gosok tidak lebih dari 10 menit lalu bersihkan.

4 dari 6 halaman

Cara membuat scrub kopi

Scrub kopi dan pisang

Scrub ini sangat cocok untuk membersihkan kaki. Pisang bisa membuat kulit di kaki halus dan bubuk kopi mengelupas sel kulit mati.

Hancurkan ½ pisang matang, campur dengan ¼ cangkir minyak zaitun, ¼ cangkir kopi bubuk, dan ½ cangkir garam kosher. Oleskan ke seluruh tungkai dan kaki. Pijat dengan lembut selama 15 menit. Biarkan selama 10 menit lagi lalu bersihkan dengan air hangat.

Scrub kopi dan teh hijau

Scrub kopi dan teh hijau memiliki efek terapeutik yang menenangkan. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Menggunakan scrub ini di kaki juga akan menghilangkan bau kaki.

Seduh kantong teh hijau. Campur ½ cangkir kopi bubuk, 3 sendok teh garam Epsom, dan 2 sendok teh soda kue. Tambahkan teh hijau dan minyak jojoba sambil menyesuaikan kekentalannya. Aplikasikan ke seluruh tubuh, pijat selama 10-15 menit dan biarkan selama 10 menit lagi. Bilas bersih dengan air.

5 dari 6 halaman

Cara membuat scrub kopi

Scrub kopi dan shea butter

Kopi bertindak sebagai astringent untuk kulit sementara shea butter mengandung vitamin A, D, dan E yang menjaga kelembapan kulit.

Lelehkan ¼ cangkir minyak kelapa dan tambahkan 2 sendok makan shea butter ke dalamnya. Tambahkan 2 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan sea salt, dan 10 tetes minyak esensial peppermint. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan tubuh dan gosok dengan lembut. Lakukan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air.

Scrub kopi dan lidah buaya

Lidah buaya dikenal manfaatnya untuk menenangkan kulit. Scrub ini menghidrasi kulit dan membantunya terasa rileks. Campur ¼ cangkir kopi bubuk dan 3 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan scrub ke wajah atau tubuh dan pijat selama 10 menit. Biarkan selama 10 menit lalu cuci hingga bersih.

6 dari 6 halaman

Cara membuat scrub kopi

Scrub kopi dan air mawar

Air mawar menyegarkan kulit dan membuat kulit tetap terhidrasi. Menggunakannya secara teratur membuat kulit kencang dan halus. Campurkan 4 sendok makan bubuk kopi dan 1 sendok teh air mawar. Oleskan campuran tersebut ke wajah atau tubuh dan beri pijat. Biarkan selama 10 atau 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Scrub kopi dan kayu manis

Bahan dalam body scrub ini mampu mengelupas sel kulit mati dengan lembut dan membuat kulit terlihat sehat setelah penggunaan pertama. Kopi menghilangkan minyak berlebih sementara kayu manis memiliki sifat antibakteri yang mencegah infeksi dan iritasi.

Campur ½ cangkir kopi bubuk, ¼ cangkir minyak kelapa, ½ cangkir gula, dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan scrub ini ke seluruh tubuh saat mandi. Gosok tidak lebih dari 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.