Sukses

9 Efek Samping Konsumsi Petai Berlebihan Menurut Dokter

Selain bisa memberi manfaat yang baik bagi tubuh, ternyata ada berbagai efek samping konsumsi petai berlebihan yang patut diwaspadai.

Liputan6.com, Jakarta Tampaknya sudah menjadi rahasia umum, jika petai yang merupakan salah satu jenis polong-polongan, diketahui memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah timbulnya penyakit hipertensi hingga diabetes. 

Namun, meski banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi petai, ada efek samping konsumsi petai berlebihan yang ternyata bisa menimbulkan beberapa risiko penyakit yang cukup serius. Itulah mengapa, ada baiknya untuk mengusahakan konsumsi petai dalam jumlah yang sewajarnya saja. Sebab jumlah konsumsi petai yang kelewat batas justru menimbulkan masaah kesehatan lainnya.

Untuk membahasa lebih dalam mengenai efek samping konsumsi petai berlebihan tersebut, di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari Klikdokter.com apa saja efek samping konsumsi petai berlebihan yang mungkin akan berguna untuk menjaga kesehatan Anda yang memnag gemar mengonsumsi petai, Rabu (9/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek samping konsumsi petai berlebihan yang pertama

1. Menyebabkan bau mulut tidak sedap

Mungkin efek samping konsumsi petai berlebihan ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Bahkan banyak orang yang enggang mengonsumsi petai dikarenakan aroma khas petai bisa hingga cukup lama di mulut dan menyebaban bau yang tidak sedap. Bahkan kondisi mulut yang bau akibat petai tersebut bisa semakin parah apabila jumlah petai yang dikonsumsi terlalu berlebihan.

2. Menyebabkan sakit perut

Selain itu, mungkin efek samping konsumsi petai berlebihan ini juga umum diderita oleh beberapa orang. Sebab konsumsi petai yang berlebihan bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Bahkan bagi yang biasa mengonsumsi petai mentah, bisa berisiko menimbulkan perut sakit, karena adanya bakteri yang hinggap di petai mentah tersebut.

3. Sakit kepala

Timbulnya rasa sakit di kepala juga bisa disebabkan karena efek samping konsumsi petai berlebihan. Hal ini juga cukup penting untuk dihindari, sebab jika sudah timbl rasa sakit kepala, biasanya akan timbul juga rasa pusing dan menyebabkan rasa mual hingga muntah.

3 dari 4 halaman

Efek samping konsumsi petai berlebihan selanjutnya

4. Gangguan pada saluran cerna

Adanya kandungan bakteri yang hinggap di petai mentah, juga meningkatkan potensi masalah pada saluran cerna. Bahkan jika masih memaksakan konsumsi petai berlebihan, risiko timbulnya diare dan berbagai penyakit pencernaan lainnya juga semakin meningkat.

5. Kadar asam urat meningkat

Salah satu efek samping konsumsi petai berlebihan yang paling umum adalah risiko munculnya asam urat. Di dalam petai sendiri terdapat kandungan zat purin. Adanya kandungan dari zat purin tersebut yang sebenarnya menjadi sumber penyebab timbulnya kadar asam urat dalam tubuh dapat meningkat.

Apabila kadar asam urat di dalam tubuh sudah terlampau tinggi, maka efek samping yang dirasakan antara lain seperti mengalami nyeri sendi serta keluhan khas asam urat lainnya. Bagi beberapa orang yang memang memiliki riwayat penyakit nyeri sendi, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi petai secara berlebihan. Ada baiknya untuk mengatur jumlah konsumsi petai tersebut secukupnya saja, agar mendapatkan manfaat yang maksimal tanpa timbul efek samping.

6. Munculnya tophi

Kemudian, efek samping konsumsi petai berlebihan yaitu timbulnya tophi. Tophi merupakan sebuah benjolan kecil yang memiliki warna putih, dan terbentuk akibat adanya penumpukan kristal asam urat di bagian bawah kulit.

Apabila kadar asam urat sudah terlalu tinggi, maka tophi akan terasa sangat nyeri. Bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan gangguan ketika sedang beraktivitas sehari-hari.

4 dari 4 halaman

Efek samping konsumsi petai berlebihan yang terakhir

7. Memicu timbulnya rematik

Lalu, efek samping konsumsi petai berlebihan bisa memicu timbulnya rematik. Mungkin tidak banyak yang menyadari penyakit rematik ini. Itulah mengaa sangat penting untuk membatasi konsumsi petai supaya tidak timbul penyakit rematik yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

8. Berisiko merusak sendi secara permanen

Rusaknya sendi secara permanen ini bisa saja timbul apabila para penderita asam urat tidak memperhatikan penyakit yang dideritanya dengan berlebihan dalam konsumsi petai. Efek samping konsumsi petai berlebihan ini bisa terjadi disebabkan adanya purin yang terus-menerus menumpuk, kemudian purin tersebut berubah menjadi asam urat sehingga akan menjadi penyebab terbentuknya kristal sendi yang akan semakin parah dari waktu ke waktu.

9. Meningkatkan risiko gangguan ginjal

Kemudian efek samping konsumsi petai berlebihan adalah meningkatkan risiko timbulnya gangguan pada ginjal. Mengapa bisa begitu? Sebab petai mengandung berbagai jenis asam amino yang ternyata cukup tinggi. Adanya kandungan asam amino yang sangat tinggi tersebut, bisa menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan pada ginjal.

Maka dari itu, meski petai hanya terlihat kecil dan aman dikonsumsi, bukan berarti tidak bisa menimbulkan berbagai efek samping apabila dikonsumsi berlebihan. Ada baiknya, untuk konsumsi petai secukupnya, agar manfaat dari petai tersebut bisa didaptkan dengan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.