Sukses

8 Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan Mental, Cegah Stres

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bernyanyi bagi kesehatan mental ternyata sangatlah baik. Bernyanyi di rumah, di kamar, di jalan, hingga di kamar mandi mungkin sudah menjadi aktivitas rutin bagi kamu. Hal ini tidak mengherankan karena bernyanyi memang menyenangkan dan dapat mencegah stres. 

Bernyanyi memang berhubungan dengan kondisi psikologis dan kesehatan mental. Saat sedang sedih, kamu cenderung ingin mendengarkan lagu yang sendu. Sedangkan saat gembira, kamu tentu akan mendengarkan lagu yang ceria sesuai dengan perasaan hatimu.

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan mental masih belum banyak disadari. Padahal kegiatan satu ini melibatkan banyak area di otak, terutama pada bagian otak yang memiliki peran dalam fungsi berbahasa, vocal, hingga emosional.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/9/2020) tentang manfaat bernyanyi.

2 dari 5 halaman

Manfaat Bernyanyi

Mencegah dan Meredakan Stres

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan mental yang pertama adalah dapat mencegah stres. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa studi yang menemukan bahwa kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh seseorang dapat menurun setelah bernyanyi.

Selain itu, saat bernyanyi tubuh juga akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki mood, serta melepaskan hormon oksitosin yang dapat meredakan rasa cemas dalam diri kamu. Setelah bernyanyi seseorang juga akan merasa lebih santai dan nyaman.

Baik untuk Otak

Demensia juga dapat dicegah dengan manfaat bernyanyi bagi kesehatan mental. Hal ini karena bernyanyi melibatkan berbagai fungsi otak yang melibatkan organ lain, seperti telinga, pita suara, dan bagian tubuh lain jika memainkan alat musik.

Hal ini ternyata berdampak positif pada kamu yang sedang dalam pengobatan demensia. Kegiatan bernyanyi dan memainkan alat musik dapat merangsang jaringan saraf otak untuk bekerja lebih aktif.

Saat bernyanyi, otak akan menggali memori untuk melafalkan lirik dari lagu-lagu yang pernah didengar. Bagi penderita demensia, kesadaran bahwa mereka mampu mengingat dapat memberi harapan dan perasaan positif.

Selain itu, ketika bernyanyi otak kanan akan bekerja. Kemudian, jaringan di otak pun juga akan bekerja dengan cara yang lebih beragam, sehingga memengaruhi kecerdasan.                       

3 dari 5 halaman

Manfaat Bernyanyi

Menghilangkan Mood Negatif

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan mental juga dapat menghilangkan mood negatif. Bernyanyi bersama-sama, seperti dalam kelompok paduan suara atau bernyanyi bersama teman-teman, diketahui dapat meredam dan mengatasi mood negatif, seperti kecemasan dan rasa sedih.

Bahkan, sebuah studi telah membuktikan bahwa orang yang bergabung dengan grup vokal atau paduan suara mengalami perbaikan kesehatan mental, dan dapat terhindar dari gangguan mental, seperti Depresi dan gangguan cemas.

Membuat Lebih Percaya Diri

Manfaat bernyanyi selanjutnya adalah membuat kamu lebih percaya diri. Hal ini karena bernyanyi merupakan kegiatan yang baik untuk mengekspresikan diri dan meluapkan emosi. Hal ini juga turut bermanfaat dalam menambah kepercayaan diri seseorang.

Kamu tidak perlu harus bersuara emas atau merdu untuk bisa mendapatkan manfaat bernyanyi. Siapa pun yang ingin melepas stres dan memperbaiki kesehatan mentalnya bisa melakukan aktivitas positif ini.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bernyanyi

Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat memperlancar peredaran darah. Pernapasan dalam yang dilakukan saat bernyanyi dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam darah, sama seperti saat kamu sedang melakukan aerobik. Selain itu, bernyanyi juga dapat memperlancar peredaran darah di tubuh.

Baik untuk Ibu Melahirkan

Kegiatan bernyanyi dapat membantu ibu yang baru melahirkan untuk mencurahkan perasaan dan emosi serta mengekspresikan dirinya. Bernyanyi bersama-sama dalam sebuah grup atau komunitas bahkan dapat membantu mengurangi gejala baby blues.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bernyanyi

Menjadi Ajang untuk Bersosialisasi

Dalam sebuah penelitian, anak-anak dan orang dewasa yang bergabung dalam kelompok bernyanyi ternyata memiliki kedekatan dan kepedulian sosial lebih tinggi. Jadi, manfaat bernyanyi juga dapat dijadikan ajang untuk bersosialisasi. Bernyanyi dalam kelompok atau bergabung dengan paduan suara dapat menjadi sarana yang baik untuk membina hubungan sosial.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat bernyanyi untuk kesehatan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan kualitas imunitas tubuh. Dengan imunitas yang bertambah baik, dapat menurunkan risiko terserangnya berbagai penyakit.