Sukses

6 Curhatan Pilu Pinkan Mambo, Uang Cuma Rp 10 Ribu dan Sempat Ingin Bunuh Diri

Pinkan Mambo banting setir jual makanan demi menghidupi keenam anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Nama Pinkan Mambo mulai dikenal luas masyarakat setelah menjadi rekan duet Maia Estianty dalam grup Ratu. Bahkan, setelah keluar dari grup yang membesarkan namanya, Pinkan diketahui sempat mengeluarkan album solo dan meraih kesuksesan.

Namun rupanya, tak lama berselang wanita dengan nama lengkap Pinkan Ratnasari Mambo ini justru berada dalam titik terendah. Ia dan sang suami bahkan harus merintis usaha demi menghidupi keenam anaknya.

 

Bahkan, melalui video yang diunggah oleh Melaney Ricardo pada kanal YouTube pribadinya, Pinkan pun menceritakan masa-masa sulit yang pernah dialami. Mulai dari tak mendapatkan job hingga lima tahun, memilih untuk 'tenggelam' dalam dunia kerohanian, hingga sempat berniat untuk bunuh diri.

Curhatan Pinkan Mambo ini pun langsung mendapat sorotan netizen. Bahkan, tak sedikit netizen mengaku kagum dengan perjuangan wanita 39 tahun ini. Dirangkum Liputan6.com dari kanal YouTube Melaney Ricardo, berikut ini beberapa curhatan Pinkan Mambo dari masa sulit hingga kembali bangkit, Jumat (11/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. 5 Tahun tak mendapat pekerjaan

Melalui video berdurasi 24 menit 33 detik tersebut, Pinkan Mambo juga sempat bercerita bahwa ia memilih untuk menutupi semua kesedihan dari publik. Bahkan, dirinya pun rela untuk mendapatkan berbagai pekerjaan halal demi memenuhi kebutuhan hidupnya dengan anak-anak. Lama tak mendapatkan pekerjaan, ia juga mengaku mulai medapat panggilan mengisi acara dalam satu tahun terakhir.

"Gara-Gara karena kepepet itu gue jadi pintar Mel, sekarang aku juga mulai dipanggil-panggil buat ngelawak gue gak tahu bisa ngelawak ya karena kepepet mel,"ujar Pinkan Mambo.

3 dari 8 halaman

2. Hutang hingga Rp 100 Juta

Kesulitan yang dialami oleh Pinkan Mambo juga berdampak pada anak-anaknya. Tak mendapatkan pemasukan, Pinkan Mambo juga sempat bercerita bahwa saldo tabungan yang dimiliki hanya lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah saja. Bahkan, Pinkan juga mengaku sempat memiliki hutang sebesar Rp 100 Juta di masa-masa sulitnya.

"Hutang banyak sampai Rp 100 juta lebih, jangkan Rp 100 juta, Rp 100 ribu aja aku enggak punya. Dan aku enggak tau harus cari Rp 20 ribu dari mana," lanjut Pinkan.

4 dari 8 halaman

3. Sempat ingin bunuh diri

Dilanda cobaan bertubi-tubi membuat Pinkan Mambo hampir putus asa dan menyerah. Pasalnya, kehidupan sebelumnya menjadi penyanyi ternama membuat Pinkan dilimpahi dengan harta. Namun, dalam waktu lima tahun dirinya tidak mendapat pekerjaan membuat kehidupannya berbanding terbalik.

"Aku sampai sebal, sampai mau bunuh diri, gunting rambut sampai jadi botak. Aku sudah pernah saking stres ada masalah dan enggak tahu ‘ngaplikasiin’ Tuhan itu bagaimana,” aku Pinkan Mambo.

5 dari 8 halaman

4. Pernah cuma punya uang Rp 10 ribu

Pinkan juga mengaku jika dirinya pernah hanya memegang uang sebesar Rp 10 ribu dari hasil berjualan pisang goreng bersama anaknya. Ia pun menangis mengingat perjuangannya saat harus menggunakan uang Rp10 ribu tersebut untuk mencukupi kebutuhan dia dan anak-anaknya.

"Aku kumpulin untung jualan Rp10 ribu terus aku masuk ke minimart, Aku bilang sama Misya (anak Pinkan) ini sepuluh ribu kita beli apa," kata Pinkan sambil menangis.

Pinkan mengatakan jika ia hanya bisa membeli beras satu liter dan juga satu botol sirup untuk dia dan anak-anak.

6 dari 8 halaman

5. Jualan pisang goreng hingga menjahit sprei tetangga

Kariernya sebagai seorang penyanyi di Indonesia maupun Amerika Serikat rupanya tak berjalan lama. Ia pun harus memutar otak agar mendapatkan pundi-pundi rupiah. Berjualan pisang goreng pun menjadi salah satu jalan yang ia pilih.

Tak langsung mendapat kesuksesan, Pinkan pun harus berjualan pisang dari satu warung ke warung lainnya.

"Aku jual pisang goreng dari warung ke warung pakai motor sama anak aku, itu cuma untung lima ribu, dua ribu, recehan aku kumpulin," ujarnya.

Bukan hanya memilih untuk berjualan pisang goreng saja. Namun, pelantun Kasmaran ini juga memilih menjahit sprei tetangga demi menyambung hidup.

“Aku goreng pisang, aku mikir lagi aku bisa jahit sprei, tetangga-tetanggaku suruh jahit sprei. Aku bisa bikin donat, aku bisa masak bla-bla-bla. Bikin ayam rica-rica,” ceritanya.

7 dari 8 halaman

6. Bisnis mulai berkembang

Berkat ketekunan yang dimiliki, kini usaha yang dibangun oleh Pinkan Mambo telah berkembang. Bahkan, ia pun telah mempu kembali bangkit dari keterpurukan. Pinkan Mambo juga sering mengunggah bisnis kuliner yang ia jalani melalui media sosial. Bahkan kini, mantan rekan duet Maia Estianty telah memiliki sebuah jasa kurir sendiri untuk mengantarkan pesanan.

8 dari 8 halaman

Kontak Bantuan

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini