Sukses

5 Jenis Makanan Pelancar Buang Air Besar, Konsumsi Secara Teratur

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan pelancar buang air besar adalah yang mengandung serat. Mengonsumsi serat setiap harinya sebanyak 25-35 gram sehari merupakan cara melancarkan buang air besar secara alami yang paling aman dan sehat.

Kesulitan buang air besar biasanya ditandai dengan tekstur tinja yang lebih keras, kering, hingga kecil yang menimbulkan rasa sakit. Selain itu, hal ini juga ditandai dengan kamu BAB kurang dari 3 kali per minggu. Mencukupi kebutuhan serat harian dapat membuat proses BAB menjadi lebih mudah.

Jenis makanan pelancar buang air besar bisa kamu jadikan konsumsi sehari-hari. Apalagi, makanan-makanan mengandung serat biasanya juga merupakan makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/9/2020) tentang jenis makanan pelancar buang air besar.

2 dari 7 halaman

Buah-buahan

Jenis makanan pelancar buang air besar yang pertama adalah buah-buahan. Banyak sekali buah-buahan yang memiliki kandungan serat melimpah, di antaranya apel, pir, pepaya, alpukat, hingga kiwi. Kandungan serat buah utuh tanpa dikupas kulitnya yaitu sekitar 5-6 gram. Kamu bisa mengonsusinya sebagai jenis makanan pelancar buang air besar.

3 dari 7 halaman

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran juga merupakan salah satu jenis makanan pelancar buang air besar yang tak kalah baik untuk kesehatan. Contoh sayur-sayuran yang termasuk ke dalam jenis makanan pelancar buang air besar yaitu sayur bayam dan brokoli.

Bayam memiliki kandungan serat yang melimpah, dalam satu cangkir bayam mengandung 4 gram serat. Selain itu, bayam juga kaya magnesium yang baik untuk tubuh. Mengonsumsinya akan memberikan berbagai dampak kesehatan. Sedangkan brokoli mengandung 2,8 gram serat dan vitamin C dalam takaran setengah cangkir saja. Kamu bisa melancarkan BAB dengan mengonsumsi kedua sayuran ini.

4 dari 7 halaman

Biji-bijian Utuh

Jenis makanan pelancar buang air besar selanjutnya adalah biji-bijian utuh. Kamu bisa mengonsumsi sereal atau roti yang terbuat dari dedak atau biji-bijian utuh, serta beras merah. Jenis makanan tersebut tinggi serat dan karbohidrat kompleks, sekaligus rendah lemak. Pastikan mengecek label kemasan sebelum membeli.

Selain itu, gandum utuh juga biasanya rendah akan lemak dan memiliki serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, gandum utuh dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit pada tubuh kamu. Selain itu, oats juga merupakan sumber serat yang bermanfaat dalam mengatasi sembelit. Hal ini masih terkait dengan biji gandum yang terdapat dalam oatmeal yang juga baik untuk kesehatan jantung.

5 dari 7 halaman

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan pelancar buang air besar yang tak kalah baik bagi tubuh. Bahkan, kacang-kacangan biasanya dapat menyediakan serat dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Satu cangkir kacang saja biasanya memiliki 10 gram serat, terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang dapat melancarkan gerakan usus. Kamu bisa mengonsumsi kacang merah yang dimasak atau diolah sebagai tambahan sup atau salad. Selain itu, kacang juga bisa dikonsumsi karena dari 28 gram almond, kamu bisa mendapatkan 3,5 gram serat bagi tubuh.

Dengan harganya yang murah dan mudah ditemukan dimana mana, kacang dapat menjadi alternatif untuk mengatasi sembelit dan menjadi jenis makanan pelancar buang air besar yang baik.

6 dari 7 halaman

Camilan Kaya Serat

Jenis makanan pelancar buang air besar berikutnya adalah camilan yang mengandung serat tinggi. Salah satunya adalah ubi jalar yang memiliki kandungan serat sekitar 4 gram dalam ukuran sedang. Berkat kandungan seratnya yaitu selulosa, lignin dan pektin, ubi jalar membantu BAB jadi lebih mudah. Sebaiknya, konsumsi ubi dengan kulitnya jika kamu ingin mendapatkan kandungan serat lebih banyak.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi popcorn dan kismis sebagai jenis makanan pelancar buang air besar. Tiga cangkir popcorn mengandung 3,5 gram serat dengan total 100 kalori. Sebaiknya hindari penggunaan mentega berlebihan.

7 dari 7 halaman

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh untuk Melancarkan BAB

Selain makanan sehari-hari yang telah disebutkan, ternyata air putih juga perlu dicukupi kebutuhannya agar dapat melancarkan BAB. Tentunya kamu sudah tahu bahwa air memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, kamu harus minum air putih dengan teratur agar bisa mengatasi sembelit.

Air akan membantu kotoran lebih mudah bergerak dari usus besar. Bila kamu kurang minum, makan kotoran tersebut akan sulit keluar dan menumpuk di dalam usus besar. Air putih memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi smebelit karena mengonsumsi serat saja tidak cukup bagi tubuh kamu.