Sukses

7 Cara Membersihkan Noda Getah di Pakaian, Mudah dan Efektif

Baju terkena getah pohon? Jangan khawatir, ini solusi efektifnya.

Liputan6.com, Jakarta Apabila kamu merupakan orang yang gemar melakukan kegiatan luar ruangan, seperti berkebun hingga naik gunung, maka tidak bisa lepas dari kondisi lingkungan yang penuh pepohonan. Bahkan saking asiknya, terkadang secara tidak sengaja pakaian yang dikenakan terkena getah dari pohon. Biasanya getah pohon tersebut akan terasa lengket dan beberapa ada yang memiliki aroma kurang sedap.

Jika sudah terlanjur begitu, maka segera lakukan cara membersihkan noda getah di pakaian yang tepat. Sebab cara membersihkan noda getah di pakaian yang ditunda-tunda justru membuat getah menjadi lebih sulit dibersihkan. Bahkan pada beberapa kasus, getah pohon yang telah kering justru akan merusak serat kain pada pakaian yang terpapar.

Ada beberapa jenis getah yang cukup umum ditemukan di sekitar, yaitu jenis getah pisang, getah labu siam, getah nangka, getah pohon, serta getah dari pohon lainnya. Cara membersihkan noda getah di pakaian dari jenis getah yang disebutkan sebelumnya sebenarnya masih cukup mudah, selama mengikuti prosesdur yang disarankan.

Nah, agar pakaian kesayanganmu tetap bersih ketika digunakan, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana sebenarnya cara membersihkan noda getah di pakaian yang tepat sehingga pakaian tetap terjaga kondisi dan tampilannya, Jumat (11/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Air

Cara membersihkan noda getah di pakaian yang pertama bisa menggunakan air mengalir. Penggunaan air mengalir bisa menjadi salah satu cara yang mudah untuk membersihkan noda getah dari pakaian, meskipun sedang di lokasi yang kurang tepat.

Apabila kamu terkena noda getah saat sedang berkegiatan luar ruangan, maka coba untuk mencari air mengalir seperti sungai. Namun jika tidak ada, maka coba mencari kerang yang ada di pemukiman warga sekitar lokasi tersebut.

Tapi yang penting menjadi catatan, cara membersihkan noda getah di pakaian ini hanya efektif di saat noda getah masih belum terlalu kering. Sebab noda getah yang kelewat kering bisa mengeras di kain pakaian dan menyebabkan sulit terangkat dari kain.

3 dari 8 halaman

2. Spons

Apabila menggunakan air masih belum cukup ampuh, maka kamu bisa menggunakan bantuan spons. Penggunaan spons bertujuan menggantikan tangan yang digunakan menggosok getah tersebut. Namun, pastikan jangan menggunakan bagian kasar dari spons. Sebab, meski noda getah bisa terangkat, namun potensi kerusakan pada serat kain pakaianmu justru lebih besar.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan spons yang masih baru. Sebab, spons memiliki daya serap yang tinggi dan terkadang sulit menghilankan sisa cairan dari spons tersebut. Apabila memaksa untuk menggunakan spons bekas cuci piring, maka berisiko tinggi minyak dan berbagai kandungan kotoran sisa makanan justru berpindah ke pakaian dan akan menyebabkan bau yang kurang sedap.

4 dari 8 halaman

3. Deterjen

Selain kedua cara membersihkan noda getah di pakaian di atas, penggunaan deterjen bisa menjadi solusi selanjutnya. Kamu cukup mencampur deterjen dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian aduk rata campuran deterjen dan air tersebut. Pastikan jangan terlalu encer, karena tujuannya adalah membentuk deterjen menjadi adonan pasta.

Setelah menjadi adonan pasta, kemudian oles deterjen tersebut ke baju yang terkena noda getah lalu diamkan selama 30 menit. Jika sudah selesai, selanjutnya gosok noda getah dengan menggunakan sikat gigi kemudian bilas menggunakan air hangat.

5 dari 8 halaman

4. Minyak tanah

Menggunakan minyak tanah untuk menghilangkan noda getah yang menempel di pakaian sudah cukup populer sejak zaman dahulu. Cara menggunakan minyak tanah untuk menghilangkan noda getah di pakaian cukup cukup dengan menetsi sedikit saja minyak tanah kemudian diamkan sebentar lalu gosok berlahan hingga getah hilang.

Sayangnya, minyak tanah akan meninggalkan bau kurang sedap. Maka dari itu, setelah proses pembersihan dengan minyak tanah selesai, selanjutnya cuci pakaian dengan menggunakan deterjen. Selain itu, minyak tanah cukup sulit untuk ditemukan saat ini. Kamu bisa mencari di pasar atau warung tradisional yang menjual minyak tanah.

6 dari 8 halaman

5. Jeruk Nipis

Ternyata penggunaan jeruk nipis juga cukup efektif sebagai salah satu cara membersihkan noda getah di pakaian. Cara menggunakan jeruk nipis tersebut cukup mudah. Pertama-tama, siram air panas di area pakaian yang terkena noda getah. Kemudian kamu bisa menyiapkan air perasan jeruk nipis kemudian tuang di noda getah tersebut.

Setelah itu diamkan sebentar sebelum mulai digosok hingga bersih. Jika sudah, jangan lupa untuk mencucinya dengan deterjen agar pakaian lebih bersih dan wangi.

7 dari 8 halaman

6. Alkohol

Sedangkan cara membersihkan noda getah di pakaian dengan alkohol memerlukan alat bantu yatu kapas. Langkahnya dengan membasahi kapas dengan alkohol. Kemudian gosok pada noda getah hingga noda menghilang. Biasanya jika noda getah tidak terlalu parah bisa cepat menghilang. Namun, jika kondisi getah terlalu besar dan tebal, maka kamu perlu membersihkan ulang dengan pasta deterjen.

8 dari 8 halaman

7. Mentega

Cara membersihkan noda getah di pakaian yang terakhir dengan memanfaatkan mentega. Cara ini bisa dibiang cukup unik, namun ternyata efektif dalam menghilangkan noda getah. Kamu cukup mengoleskan mentega ke bagian yang terkena noda getah. Setelah itu kamu bisa menggosoknya dengan jari perlahan-lahan hingga noda getah hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.