Sukses

Arti Kata Mager dan Baper yang Kekinian, Anak Muda Wajib Tahu

Mager dan baper jadi istilah gaul kekinian.

Liputan6.com, Jakarta Arti kata mager dan baper sudah tak asing lagi dalam bahasa gaul saat ini. Di tiap zaman selalu ada bahasa gaul yang populer. Bahasa gaul ini banyak digunakan anak muda di zamannya.

Bahasa gaul yang sangat populer saat ini adalah mager dan baper. Arti kata mager dan baper mulai banyak digunakan dalam kurun waktu lima tahun belakangan. Arti kata mager dan baper pastinya diketahui banyak anak muda zaman sekarang.

Arti kata mager dan baper digunakan para anak muda untuk saling berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Selain arti kata mager dan baper masih ada banyak lagi istilah gaul di zaman sekarang.

Bagi kamu yang belum tahu arti kata mager dan baper seperti berikut arti kata mager dan baper, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Mager menggambarkan seseorang yang enggan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas apapun. Orang yang mager bisanya malas untuk bergerak dan tidak ingin melakukan apapun.

3 dari 6 halaman

Arti Baper

 

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui. 

Baper sering digunakan dalam situasi seseorang menganggap serius setiap perkataan orang. Istilah baper kerap muncul pada pasangan yang sedang PDKT, emosi, atau dalam situasi iba.

4 dari 6 halaman

Arti istilah kekinian lainnya yang ada di KBBI

Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Ambyar

Dalam KBBI, ambar dimaknai sebagai "bercerai-berai, berpisah-pisah, tidak terkonsentrasi lagi."

Kicep

Kicep merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa membalas perkataan lawannya. Di KBBI, kicep diartikan sebagai "diam karena takut atau gelisah."

Kepo

Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

Lebay

Dalam KBBI, lebay diartikan sebagai berlebihan tentang gaya berbicara, penampilan, dan sebagainya. Istilah ini dimaknai sebagai perilaku berlebihan yang cenderung terlihat negatif.

 

5 dari 6 halaman

Arti istilah kekinian lainnya yang ada di KBBI

Saltik

Saltik dalam KBBI berarti salah ketik. Istilah saltik ini sama dengan istilah typo.

Cie

Cie juga ternyata masuk dalam KBBI, lho. . Arti cie adalah "kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu."

Maksi

Maksi adalah kependekan dari makan siang. Di KBBI sendiri, ada dua istilah maksi, maksi pertama adalah penyebutan soal ukuran dress. Sedangkan maksi kedua adalah makan siang bersama teman.

Gebetan

Di KBBI gebetan diartikan sebagai "seseorang yang sedang ditaksir atau disukai." Istilah ini banyak digunakan untuk kata ganti seseorang yang spesial.

Pulkam

Kata "pulkam" biasanya sering digunakan pada saat liburan telah tiba, kata ini memiliki kepanjang dari pulang kampung.

Alay

Di KBBI, alay dimaknai sebagai "anak layangan; gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian." Penyebutan anak layangan ini pun sebenarnya ditujukan untuk orang yang mengecat rambutnya supaya jadi pirang, sama seperti anak yang sedang bermain layangan dan rambutnya jadi berubah warna.

6 dari 6 halaman

Arti istilah kekinian lainnya dalam bahasa Indonesia

Gabut: Gaji buta didefinisikan sebagai seseorang yang bekerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji.

Namun kini istilah gabut makin banyak digunakan kaum milenial dan generasi Z. Arti gabut kini tak hanya sekadar tentang makan gaji buta, tapi untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

Gaje: Gaje adalah singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

Nolep: Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

Santuy: Santai. Menggambarkan seseorang yang santai menghadapi apapun.

Kerad: Pelesetan dari keras. Digunakan untuk menunjukkan sifat atau kelakuan seseorang yang keras.

Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada Kondisi Muka.

Receh: Guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

YXGK: Ya Kali Gak Kuy. Merupakan ajakan atau ungkapan menerima ajakan yang sayang dilewatkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini