Sukses

8 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan bisa kamu gunakan agar masakan semakin lezat.

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan bisa kamu gunakan agar masakan semakin lezat. Ikan sendiri merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai masakan enak. Selain itu, manfaat ikan yang sangat baik untuk kesehatan membuatnya digemari banyak orang.

Bau amis pada ikan merupakan salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan saat memasak. Namun, untuk mengatasi masalah satu ini, kamu tidak perlu repot-repot. Berbagai bahan alami yang terdapat di dapur dapat kamu gunakan sebagai solusinya.

Bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan cukup mudah didapatkan. Demi menghasilkan olahan ikan yang sedap dan lezat, proses membersihkan ikan tentunya harus dilakukan dengan baik, termasuk saat menghilangkan bau amisnya. Lakukan dengan cara yang tepat agar tidak merusak rasa dan kualitas daging.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020) tentang bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Air Lemon dan Air Cuka

Air Lemon atau Jeruk Nipis

Bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang pertama adalah air lemon atau jeruk nipis. Penggunaan air lemon atau jeruk nipis akan memberikan rasa dan aroma segar pada ikan. Sifatnya yang asam dapat menghilangkan bau amis yang menyengat pada ikan.

Cara menerapkannya mudah saja, kamu tinggal melumuri ikan dengan perasan lemon atau jeruk nipis sebelum memasaknya. Selain itu kamu juga dapat menambahkan potongan lemon atau jeruk nipis saat memasak.

Air Cuka

Air cuka juga dapat dijadikan salah satu bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Bahkan, cuka dapat membantu menurunkan sekitar 50% bau amis dari ikan. Cara kerja cuka dalam menghilangkan amis sama dengan jeruk nipis dan lemon.

Kamu hanya perlu mencampur cuka dengan air segar dan menggunakannya untuk merendam ikan sekitar lima menit. Setelah itu, bilas dan tiriskan sebelum memasaknya.

3 dari 5 halaman

Jahe dan Garam

Jahe

Jahe memiliki efek positif sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Tidak hanya itu, jahe juga bermanfaat untuk menciptakan rasa yang enak, menghilangkan racun serta menghilangkan alergen pada seafood.

Cara menggunakannya pun mudah saja, cukup dengan menghancurkan jahe dan melumurkannnya ke permukaan ikan. Biarkan selama 30 menit sebelum dimasak. Kamu juga dapat memasukkan potongan jahe pada masakan ikan tersebut.

Garam

Garam merupakan bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang juga tak kala efektif. Setelah membersihkan ikan, kamu dapat menggunakan garam untuk membatasi bau amis dengan menggosok garam di atas ikan. Biarkan selama 5 menit dan cuci ikan dengan air. Menggunakan cara ini dapat membantu mengurangi bau amis pada ikan sebelum dimasak.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan campuran kunyit dan garam. Lumuri ikan dengan campuran kunyit dan garam selama kurang lebih 30 menit.

4 dari 5 halaman

Bawang Putih Serta Daun dan Kulit Jeruk

Bawang Putih

Bawang putih juga ampuh sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu bawang putih juga dapat menjadi bumbu pada masakan ikan dan memberi rasa khas yang nikmat.

Cukup lumuri seafood dengan bawang putih yang telah dihaluskan sebelum memasaknya. Atau kamu juga dapat memasukkan cincangan bawang putih kedalam masakan.

Daun dan Kulit Jeruk

Aroma kulit jeruk yang khas membuat bau amis pada ikan perlahan hilang. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Rebus daun atau kulit jeruk dengan air hingga mendidih. Jika air rebusan sudah dingin, gunakan air ini untuk mencuci ikan.

Dengan cara ini, bau amis pada ikan pun akan hilang atau berkurang. Saat memasak ikan, kamu juga perlu memasukkan 1 atau 2 lembar daun jeruk ke dalam masakan.

5 dari 5 halaman

Susu dan Mentimun

Susu

Salah satu cara bagus untuk menghilangkan bau amis sebelum memasak ikan adalah dengan menggunakan susu. Kamu hanya perlu mengambil ikan atau seafood untuk direndam dalam susu selama kurang lebih 20 menit dan membilasnya setelah itu.

Susu akan membantu menyerap amis dari seafood dan membuatnya lebih lembut dan empuk. Ketika kamu menggunakan susu untuk menghilangkan bau amis, kasein dalam susu akan bereaksi dengan trimethylamine oxide, bahan kimia umum yang menyebabkan bau amis.

Mentimun

Bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan selanjutnya adalah mentimun. Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini