Sukses

5 Cara Memilih Topi Sesuai Bentuk Wajah dan Berbagai Jenisnya

Ada baiknya pahami dahulu cara memilih topi sesuai bentuk wajah sebelum membeli topi baru, agar penampilan semakin maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam jenis-jenis topi yang menarik digunakan sebagai aksesoris penunjang berpenampilan. Sayangnya, tidak semua jenis topi cocok digunakan oleh semua orang. Sebab, tiap jenis topi memiliki bentuk khas masing-masing yang mampu menunjang bentuk dari wajah. Tapi, jika salah cara memilih topi sesuai bentuk wajah, justru bisa menurunkan keindahan penampilan. 

Sebagai contoh, apabila kamu memiliki wajah berbentuk bulat. Maka penting untuk dipahami, jika cara memilih topi sesuai bentuk wajah tersebut akan sangat baik menggunakan jenis topi fedora. Sebab menggunakan jenis topi tersebut akan membuat wajah terlihat ramping. Berbanding terbalik dengan orang-orang yang memiliki wajah panjang, sangat tidak disarankan menggunakan topi fedora karena akan membuat wajah justru memanjang.

Untuk membahas lebih dalam lagi bagaimana cara memilih topi sesuai bentuk wajah, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara memilih topi sesuai bentuk wajah tersebut yang bisa kamu aplikasikan untuk menunjang penampilan, Senin (14/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bentuk wajah persegi

Cara memilih topi sesuai bentuk wajah persegi masih cukup mudah dan banyak pilihannya. Meski begitu, pemilik bentuk wajah persegi tidak bisa begitu saja sembarangan ketika memilih topi.

Agar penampilan dapat semakin meningkat, maka pemilik wajah persegi disarankan menggunakan topi yang memiliki pinggiran berbentuk bulat misalnya floppy, bowler, dan boater hat. Selain itu, jenis baseball cap juga akan cocok karena akan memberi kesan sporty dan dinamis.

3 dari 7 halaman

2. Bentuk wajah panjang

Sedangkan bagi pemilik wajah dengan bentuk panjang, disarankan untuk memilih jenis topi yang memiliki pinggiran berbentuk bulat dan datar. Jenis topi tersebut seperti topi boater atau panama. Sebab, jenis topi dengan bentuk tersebut akan menyamarkan bentuk dagu yang panjang sehingga wajah bisa terlihat pas dan proporsional.

Usahakan untuk menghindari jenis topi fedora, karena jenis topi tersebut bisa membuat wajah justru semakin terkesan panjang dan lebar.

4 dari 7 halaman

3. Bentuk wajah bulat

Lalu, cara memilih topi sesuai bentuk wajah ini akan lebih cocok apabila menggunakan jenis topi model fedora. Sebab, dengan menggunakan jenis topi fedora, maka akan membuat wajah terlihat lebih panjang dan ramping. Tentunya hal tersebut didambakan oleh para pemilik wajah bulat bukan?

Nah, sedangkan jenis topi yang sangat tidak disarankan adalah jenis beanie dan bowler. Sebab jenis topi tersebut justru akan membuat wajah terlihat semakin bulat.

5 dari 7 halaman

4. Bentuk wajah oval

Cara memilih topi sesuai bentuk wajah oval sebenarnya cukup mudah. Sebab hampir semua jenis topi akan terlihat cocok ketika digunakan pada bentuk wajah oval. Namun, ada beberapa bentuk topi yang sangat disarankan bagi pemilik bentuk wajah oval, yaitu jenis topi seperti bowler hat.

Selain jenis topi tersebut, menggunakan topi kupluk dengan bahan rajut atau topi beanie juga bisa menjadi salah satu referensi jenis topi yang cocok digunakan para pemilik wajah bentuk oval. Sebenarnya, pantangan bagi pemilik wajah bentuk oval yaitu jangan menggunakan topi yang memiliki desain yang terlalu besar.

Sebab menggunakan topi yang memiliki desain terlalu besar justru membuat bentuk wajah seakan-akan tenggelam.

6 dari 7 halaman

5. Bentuk wajah hati

Kemudian cara memilih topi sesuai bentuk wajah yan terakhir ini hampir sama dengan cara memilih topi sesuai bentuk wajah oval. Sebab dari segi bentuk sebenarnya hampir mirip. Perbedaan yang cukup mendasar sebenarnyaada pada bagian dagu yang lebih meruncing dan lebar di bagian dahi.

Jenis topi yang disarankan bagi pemilik wajah berbentuk hati ada baiknya menggunakan jenis topi cloche hat, karena topi jenis tersebut akan lebih cocok dan bisa membantu untuk menyamarkan dahi yang lebar serta bentuk dagu yang panjang dan cukup meruncing.

7 dari 7 halaman

Jenis-jenis topi yang populer

Flat Cap

Jenis topi ini memberi kesan klasik. Topi ini memiliki bentuk cenderung oval dan memiliki brim kecil di bagian depannya. Topi jenis ini juga umum disebut sebagai Driver’s Cap.

Newsboy Cap

Jenis topi ini hampir mirip Flat Cap, namun pada topi ini terdapat kancing di bagian atasnya. Nama “Newsboy” sendiri memiliki arti pengantar koran, sebab dahulu kala para pengantar koran gemar menggunakan jenis topi ini.

Fedora

Topi ini memiliki bagian brim brim kecil mengelilingi badan topi. Topi jenis ini memberi kesan mewah namun tidak kaku.

Baseball Cap

Sedangkan jenis topi ini sangat banyak ditemui di Indonesia. Topi ini memiliki ciri visor topi yang melengkung.

Trucker

Secara bentuk hampir sama dengan baseball cap, tapi pada bagian belakang badan topi terbuat dari jaring-jaring.

Snapback

Jenis topi ini juga dikenal dengan topi hip-hop. Sebab topi ini biasanya digunakan para musisi hip-hop untuk menunjang penampilannya. Topi ini mudah dikenali dengan bentuk visor yang rata dan umumnya memiliki desain unik.

Bowler

Salah satu sosok ikonik yang sering menggunakan jenis topi ini adalah Charlie Chaplin. Topi ini sering digunakan pada berbagai film yang dibintanginya.

Boater

Jenis topi selanjutnya memiliki bagian crown berbentuk tabung pendek dengan brim yang kaku. Kemudian, ada bagian pita yang akan melingkari crown.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini