Sukses

8 Manfaat Peregangan Otot Sebelum Olahraga, Lancarkan Aliran Darah

Liputan6.com, Jakarta Manfaat peregangan otot sebelum olahraga merupakan hal yang sangat dibutuhkan agar sesi olahraga bisa lebih maksimal dan menghindari cedera. Selayaknya sebelum memakai kendaraan, tubuh juga perlu “dipanaskan” agar dapat bekerja dengan maksimal. Mengingat kegiatan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan tenaga besar serta gerakan tubuh yang menggunakan banyak otot. 

Salah satu manfaat peregangan otot sebelum olahraga yaitu mampu membuat otot menjadi lebih lentur, kuat, dan sehat. Hal ini berguna karena saat olahraga otot menjadi “bahan bakar” yang membantu tubuh beraktivitas fisik. Itulah mengapa otot sangat perlu menjalani sesi peregangan dahulu sebelum melakukan kegiatan olahraga.

Sebab apabila melakukan kegiatan olahraga tanpa peregangan, otot akan tegang ketika sedang berolahraga. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko cedera semakin besar. Akan tetapi, sebenarnya manfaat peregangan otot sebelum olahraga tidak hanya sekadar untuk mencegah cedera ketika sedang berolahraga. Ternyata ada banyak sekali manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang mampu membuat sesi olahraga menjadi lebih maksimal dan juga efektif.

Untuk membahas lebih dalam apa saja sebenarnya manfaat peregangan otot sebelum olahraga, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai apa saja manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang bsa didatpakan tubuh dan penting untuk dilakukan, Selasa (15/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang pertama

1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang pertama, serta menjadi manfaat yang paling umum didapatkan adalah mampu meningkatkan kelenturan otot-otot tubuh. Sebab, ketika kelenturan dari otot tubuh meningkat, maka berbagai macam gerakan olahraga akan terasa menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Selain itu, tubuh tidak hanya membutuhkan otot yang lentur ketika sedang berolahraga. Namun bisa juga untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

2. Melancarkan aliran darah ke otot

Manfaat peregangan otot sebelum olahraga ini juga penting untuk didaptkan tubuh. Sebab, peregangan otot sebelum olahraga bisa bisa meningkatkan aliran darah ke otot dan akhirnya mampu mengurangi rasa nyeri yang biasanya akan timbul ketika selesai melakukan olahraga.

Di sisi lain, dengan manfaat peregangan otot sebelum olahraga ini, maka bisa mempercepat proses penyembuhan otot. Alhasil tidak tidak perlu menunggu waktu lama agar tubuh siap untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga kembali.

3 dari 5 halaman

Manfaat peregangan otot sebelum olahraga selanjutnya

3. Meningkatkan jangkauan gerak sendi

Manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang juga sangat berguna bagi tubuh adalah meningkatnya jangkauan dari gerak sendi. Meningkatnya jangkauan dari gerak sendi tersebut akan membuat berbagai gerakan yang dilakukan menjadi lebih maksimal.

Bahkan dengan rutin melakukan peregangan, maka tubuh akan terbiasa dengan berbagai gerakan dan semakin mudah untuk melakukan gerakan olahraga dengan benar.

4. Mencegah sakit kepala

Selain itu, melakukan peregangan otot sebelum olahraga juga berguna untuk mencegah sakit kepala. Apabila sakait kepala menyerang ketika sedang berolahraga, maka otot tubuh akan mengalami tegang dan kegiatan olahraga tidak akan berjalan optimal.

Itulah mengapa, sangat penting melakukan peregangan otot sebelum olahraga agar otot di seluruh bagian tubuh menjadi lebih rileks.

4 dari 5 halaman

Manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang tidak kalah penting

5. Menurunkan risiko sakit pinggang

Biasanya ketika otot belum dilakukan peregangan, risiko sakit pinggang juga cukup besar. Hal ini berhubungan dengan kondisi sendi yang turut memengaruhi timbulnya sakit pinggang tersebut. Sebab jika tiak melakukan peregangan, maka sendi dan otot yang melapisinya terutama di bagian pinggang masih cukup kaku.

Jika dipaksa untuk bergerak maka akan berbahaya dan bisa menimbulkan sakit pinggang yang cukup mengganggu.

6. Memperbaiki bentuk tubuh

Kemudian manfaat peregangan otot sebelum olahraga bisa membantu perbaikan dari bentuk tubuh. Sebab tubuh yang tidak mengalami peregangan otot sebelum olahraga, cukup berisiko menyebabkan otot dan postur tubuh menjadi tidak seimbang.

Dengan melakukan peregangan otot sebelum olahraga akan bermanfaat juga untuk membantu mengembalikan bentuk tubuh yang baik.

5 dari 5 halaman

Manfaat peregangan otot sebelum olahraga yang terakhir

7. Mencegah stres

Mungkin manfaat peregangan otot sebelum olahraga tidak banyak diketahui. Padahal manfaat peregangan otot sebelum olahraga tidak hanya dirasakan dari sisi kesehatan fisik saja, akan tetapi juga bisa memberikan dampak positif dari sisi kesehatan mental.

Hal ini karena kondisi pikiran yang mengalami stres sangat berisiko menyebabkan otot tubuh menjadi tegang. Tegangnya otot ini terjadi karena adanya respon otot terhadap stres yang dialami oleh pikiran. Jadi tidak heran, apabila melakukan gerakan peregangan sangat berguna untuk mencegah stres yang bisa berdampak kurang baik terhadap kondisi otot ketika sedang melakukan olahraga.

8. Meningkatkan performa

Lalu, dengan berbagai macam manfaat peregangan otot sebelum olahraga di atas, maka secara tidak langsung sesi olahraga akan terasa menjadi lebih maksimal. Hal ini karena dengan melakukan peregangan bisa membuat otot menjadi “tidak kaget” serta menjadi lebih siap untuk melakukan aneka ragam gerakan olahraga.

Maka tidak heran apabila melakukan peregangan otot sebelum olahraga dapat meningkatkan performa ketika menjalankan sesi olahraga.