Sukses

7 Penyebab Uban di Usia Remaja, Bisa Kelainan Kelenjar Tiroid

Liputan6.com, Jakarta Penyebab uban di usia remaja cukup sering menjadi obrolan hangat di tongkrongan. Rasanya cukup wajar, mengingat banyak yang heran apa sebenarnya apa penyebab uban di usia remaja tersebut. Hal tersebut tidak lain karena rambut beruban umumnya hanya dialami oleh orang lanjut usia. 

Sebenarnya, salah satu penyebab uban di usia remaja bisa saja berasal dari gaya hidup. Sebab saat ini gaya hidup anak muda dipenuhi dengan konsumsi berbagai macam makanan dan juga minuman yang tidak sehat serta kebiasaan buruk seperti merokok.

Tapi memang, tidak semua orang begitu saja mengalami rambut beruban ketika masih remaja. Hal ini karena masih terdapat banyak faktor lain yang turut meningkatkan risiko yang menjadi penyebab uban di usia remaja.

Meskipun sudah terlihat uban dirambut, tapi rasanya hidup di era modern seperti saat ini perlu disyukuri. Sebab banyak sekali cara agar rambut beruban bisa kembali ke warna semula. Salah satunya tentu dengan melakukan penyemiran pada rambut tersebut.

Tentu kamu penasaran apa saja penyebab uban di usia remaja tersebut. Maka dari itu, untuk membahasnya lebih dalam Liputan6.com di bawah ini telah merangkum informasi apa saja penyebab uban di usia remaja tersebut dari berbagai sumber, Selasa (15/9/2020).

2 dari 8 halaman

1. Kurangnya Asupan Vitamin B12

Salah satu yang menjadi penyebab uban di usia remaja dikarenakan asupan vitamin B12 yang kurang. Vitamin B12 sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kinerja metabolisme. Selain itu vitamin B12 juga berperan penting untuk membantu tubuh dalam membentuk energi, membentuk sel darah merah, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Sehingga, apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin B12, akan mengganggu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh organ dalam tubuh. Jika proses tersebut terganggu, maka akan berdampak pada rambut yang bisa menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan juga menjadi penyebab turunnya produksi melanin. Padahal melanin berguna untuk menghasilkan pigmen hitam pada rambut.

3 dari 8 halaman

2. Memiliki Riwayat Penyakit Auto Imun

Adanya riwayat penyakit auto imun juga bisa menjadi salah satu penyebab uban di usia remaja. Sebab ketika kamu mengalami penyakit auto imun, maka sistem imun justru akan menyerang sel-sel tubuh yang sebenarnya dalam kondisi normal. Adanya serangan sistem imun tersebut bahkan bisa menyebabkan rusaknya sel-sel pada rambut dan juga menyebabkan hilangnya pigmen, sehingga rambut menjadi beruban.

4 dari 8 halaman

3. Menderita Stres Oksidatif

Apabila kamu mengalami stres oksidatif, maka tubuh bisa saja mengalami ketidakseimbangan karena jumlah antioksidan tidak cukup untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas. Padahal, radikal bebas merupakan molekul yang memiliki sifat merusak sel.

Jika radikal bebas menyerang terus menerus, maka akan menyebabkan penuaan serta memicu timbulnya berbagai penyakit serius, salah satunya seperti kanker.

5 dari 8 halaman

4. Kelainan pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid terletak di leher. Kelenjar tiroid tersebut memiliki banyak peran dalam tubuh, salah satunya untuk menjaga metabolisme. Apabila produksi kelenjar tiroid terlalu berlebihan atau kekurangan, maka sangat berpotensi untuk mengganggu pertumbuhan rambut dan juga menjadi penyebab uban di usia remaja.

6 dari 8 halaman

5. Faktor Genetik

Apabila di usia remaja namun kamu mengalami rambut dengan uban yang cukup banyak, maka bisa saja hal tersebut memang dari genetikmu. Faktor genetik biasanya diwariskan turun temurun, jadi bisa saja hal tersebut karena keturunan dari orang tua atau mungkin kakek nenek. Rambut beruban karena faktor genetik ini sebenarnya hal ini cukup umum dan terjadi pada banyak orang.

7 dari 8 halaman

6. Kebiasaan Mewarnai Rambut

Salah satu yang menjadi Penyebab uban di usia remaja bisa dikarenakan kebiasaan menggunakan pewarna dengan kandungan kimia yang cukup keras pada rambut. Ketika melakukan pewarnaan kimia dan menggunakan produk perawatan rambut yang salah, maka bisa meningkatkan risiko rambut beruban.

Hal tersebut karena pada beberapa produk pewarna rambut terdapat bahan kimia yang justru menjadi penyebab berkurangnya kadar melanin. Seperti yang sempat di bahas sebelumnya, zat melanin sendiri merupakan sebuah pigmen yang bisa membantu untuk memberi warna pada rambut.

Jenis bahan kimia yang biasa terkandung dalam pewarna rambut salah satunya yaitu hidrogen peroksida. Senyawa kimia ini cukup sering dijadikan bahan campuran pada produk pewarna rambut. Tapi jika terpaksa dan memang ingin mewarnai rambut, maka ada baiknya untuk menggunakan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan alami dan bebas dari campuran zat kimia berbahaya, agar rambut tidak mudah beruban di usia remaja.

8 dari 8 halaman

7. Kebiasaan Merokok

Lalu penyebab uban di usia remaja yang terakhir dikarenakan gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat yaitu merokok. Selain berbahaya juga bagi kesehatan tubuh, merokok juga menjadi penyebab uban di usia remaja. Hal tersebut tidak lain karena adanya radikal bebas yang terdapat pada rokok.

Radikal bebas tersebut dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Jika sel yang memproduksi melanin tersebut rusak, maka akan meimbulkan uban di rambut.