Sukses

15 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Mudah dan Aman Digunakan

Liputan6.com, Jakarta Melakukan cara memutihkan kulit secara alami dipercaya lebih aman bagi semua jenis kulit. Tentunya hal tersebut karena tidak ada kandungan berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Sebab, bagi pemilik jenis kulit sensitif sangat rentan akan alaergi dan dampak negatif lainnya apabila menggunakan pemutih kulit dengan kandungan kimia. 

Mendapatkan bahan yang digunakan dalam cara memutihkan kulit secara alami tidak sulit. Bahkan bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional sekalipun. Selain itu, cara memutihkan kulit secara alami ini tidak membutuhkan biaya mahal untuk dapat merasakan dampak positifnya.

Sayangnya, cara memutihkan kulit secara alami masih kurang dilirik karena proses pemutihannya butuh waktu. Wajar saja jika cara memutihkan kulit secara alami ini tidak bisa secepat proses pemutihan dengan bahan kimia. Hal tersebut karena proses yang dilalui untuk mendapatkan kulit putih dengan bahan alami tersebut, merupakan cara yang aman dan sifatnya permanen.

Nah, untuk membahas lebih dalam lagi mengenai bagaimana cara memutihkan kulit secara alami, di bawah ini Liputan6.com melansir dari Fimela.com dan sumber lainnya mengenai hal tersebut. Selain cara memutihkan kulit secara alami, dilengkapi juga mengenai bagaimana langkah penggunaannya, Selasa (15/9/2020).

2 dari 6 halaman

Cara memutihkan kulit secara alami yang pertama

1. Air beras

Kandungan yang ada di dalam beras yaitu asam ferullic serta allantoin. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit. Cara memutihkan kulit secara alami dengan air beras yaitu:

a. Siapkan air bekas cucian beras.

b. Tunggu hingga mengendap.

c. Oleskan air beras sebagai lulur kulit.

 

2. Jeruk Nipis

Kandungan di dalam jeruk nipis yaitu anti-oksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut berguna untuk mencerahkan kulit, mencegah jerawat pada kulit, mengatasi minyak berlebih, serta mengangkat sel kulit mati. Langkah untuk menggunakan jeruk nipis sebagai pemutih kulit yaitu:

a. Belah buah jeruk jadi dua bagian.

b. Oles rata pada tubuh.

c. Diamkan 30 menit.

d. Bilas dengan air bersih.

 

3. Lidah buaya

Sedangkan pada lidah buaya terkandung zat aloesin. Zat tersebut berfungsi menghambat pembentukan melanin pada kulit. Seperti yang diketahui, melanin merupakan sumber dari warna gelap di kulit. Dengan menghambat produksi melanin, maka bisa membantu dalam pencerahan kulit. Cara untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai pemutih kulit sebagai berikut ini:

a. Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian.

b. Ambil gel lidah buaya.

c. Oleskan merata ke seluruh tubuh.

d. Diamkan 15 menit.

e. Bilas dengan air bersih.

3 dari 6 halaman

Cara memutihkan kulit secara alami yang selanjutnya

4. Minyak Zaitun

selanjutnya, cara memutihkan kulit tubuh secara alami dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mengandung zat linoleic acid yang berguna menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Selain itu, minyak zaitun mengandung banyak anti-oksidan seperti polifenol yang memiliki fungsi melindungi sel-sel dari kerusakan. Berikut langkah aplikasinya:

a. Tuang 4 sdm minyak zaitun ke wadah.

b. Tambahkan 2 sdm madu, aduk rataa.

c. Gunakan sebagai lulur setelah mandi.

 

5. Bengkoang

Menggunakan bengkoang juga menjadi salah satu cara memutihkan kulit yang cukup populer. Sangat banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai pemutih. Hal tersebut tidak lain karena bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berfungsi untuk memutihkan serta menjaga kulit supaya tetap cerah. Lalu, adanya kandungan vitamin C pada bengkoang bisa merangsang sel kulit untuk regenerasi. Cara penggunaan bengkoang cukup mudah, yaitu:

a. Parut bengkoang kemudian campur dengan sedikit air dan peras.

b. Gunakan sarinya sebagai lulur mandi yang alami.

c. Kemudian, ampas parutan bengkoang gunakan sebagai scrub.

 

6. Mentimun

Banyak sekali kandungan mineral dan vitamin pada mentimun. Kandungan tersebut penting dalam menjaga kesegaran kulit dan membuat kulit menjadi cerah dan bersih. Mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata yang hitam. Berikut langkah-langkahnya:

a. Blender mentimun tanpa air hingga memiliki tekstur seperti pasta.

b. Oleskan ke seluruh tubuh.

c. Diamkan 30 menit.

d. Basuh dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Cara memutihkan kulit secara alami yang tidak kalah efektif

7. Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk regenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas kemudian diganti sel kulit baru yang lebih sehat. Sayangnya menggunakan putih telur cenderung bau amis. Berikut langkah mudahnya:

a. Siapkan putih telur dan kocok hingga berbuih.

b. Tambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis sedikit berkurang.

c. Diamkan 30 menit.

d. Bilas dengan air hangat.

 

8. Tomat

Lycopine pada tomat merupakan anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membuat kulit menjadi cerah. Tomat juga berfungsi sebagai tabir surya untuk memperkecil kerusakan karena sinar UV. Cara memutihkan kulit secara alami menggunakan tomat yaitu:

a. Tumbuk halus tomat.

b. Oleskan ke seluruh tubuh.

c. Diamkan 30 menit.

d. Bilas dengan air bersih.

 

9. Kentang

Zat antibiotik alami pada kentang berfungsi untuk memperlambat penuaan kulit serta membantu mempercepat regenerasi kulit. Selain itu, kandungan anti-oksidan alami pada kentang juga berfungsi menghilangkan dan menyamarkan bekas luka. Berikut ini cara menggunakannya:

a. Tumbuk halus kentang yang sudah direbus.

b. Tambahkan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.

c. Oleskan ke seluruh tubuh.

d. Diamkan 30 menit.

e. Bilas dengan air bersih.

5 dari 6 halaman

Cara memutihkan kulit secara alami yang wajib dicoba

10. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu. yang mengandung kalsium dan zinc. Kalsium tersebut berfungsi menjaga kelembapan kulit dan menjaga kulit tidak kekurangan cairan. Sedangkan zinc berfungsi mengatasi masalah kulit. Kandungan vitamin B kompleks pada yogurt juga mampu menyehatkan kulit dan membuat kulit bersih serta cerah alami. Berikut ini cara penggunaannya:

a. Siapkan yogurt plain.

b. Oleskan rata ke seluruh tubuh dan diamkan 30 menit.

c. Bilas menggunakan air bersih dan sabun.

 

11. Susu

Adanya kolagen pada kulit memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu mengandung vitamin D yang mampu membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, susu juga memiliki kandungan vitamin B6 yang berguna merawat dan menjaga kesehatan serta kelembapan kulit. Berikut cara memutihkan kulit secara alami dengan susu:

a. Campur 1 gelas susu segar dengan 4 sdm madu.

b. Aduk rata kemudian oleskan pada tubuh.

c. Diamkan selama 30 menit.

d. Bilas dengan air bersih.

 

12. Oatmeal

Oatmeal ternyata memiliki banyak kandungan anti-oksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Cara aplikasinya cukup mudah, yaitu:

a. Siapkan oatmeal secukupnya.

b. Tuang air panas dan aduk hingga jadi bubur.

c. Oleskan ke seluruh bagian tubuh.

d. Bilas dengan air bersih.

6 dari 6 halaman

Cara memutihkan kulit secara alami yang terakhir

13. Madu

Madu dikenal baik untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Madu juga kaya akan anti-oksidan yang dapat mengangkat kulit mati. Berikut ini cara memutihkan kulit secara alami dengan madu:

a. Siapkan madu secukupnya.

b. Oleskan madu ke seluruh tubuh.

c. Diamkan 30 menit

d. Mandi dengan sabun hingga bersih.

 

14. Pepaya

Enzim papain yang ada di dalam pepaya berguna untuk regenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai anti-oksidan yang mampu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Berikut ini cara pengaplikasiannya:

a. Siapkan pepaya dan tumbuk hingga halus.

b. Oles rata ke seluruh tubuh sebagai lulur.

c. Diamkan 30 menit.

d. Bilas bersih sembari mandi.

 

15. Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi menetralkan radikal bebas. Kunyit juga banyak digunakan sebagai lulur alami tradisional. Cara menggunakan kunyit sebagai lulur sangat mudah seperti berikut ini:

a. Campur susu dan bubuk kunyit hingga mengental.

b. Oles ke seluruh tubuh.

c. Diamkan 15 menit.

d. Bilas bersih dengan air hangat.