Sukses

6 Manfaat Tepung Kelapa untuk Kesehatan, Penuh Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tepung kelapa untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Salah satu nutrisi yang paling banyak terkandung dalam tepung kelapa adalah serat. Kandungan serat ini pulalah yang membuatnya sengat baik untuk kesehatan.

Manfaat tepung kelapa ini mulai familier di Indonesia karena banyak dikonsumsi para pejuang diet ketofastosis. Hal ini terkait dengan kandungan karbohidratnya yang rendah. Dalam secangkir (112 gram) tepung kelapa terdapat karbohidrat sebanyak 64 gram, serat sebanyak 40 gram, gula 8 gram, lemak 16 gram, protein 6 gram, dan zat besi sebanyak 20 persen.

Dalam proses pembuatannya, daging buah kelapa diambil, diparut, dan diperas untuk menghasilkan cairan santan. Hasil parutan daging kelapa yang sudah diperas kemudian dikeringkan. Setelah kering, parutan daging kelapa dipanggang pada oven dengan suhu rendah, lalu ditumbuk halus sampai butirannya menjadi seperti tepung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/9/2020) tentang manfaat tepung kelapa.

2 dari 4 halaman

Manfaat Tepung Kelapa untuk Kesehatan

Mengendalikan Gula Darah

Manfaat tepung kelapa untuk kesehatan adalah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Dalam 30 gram cangkir tepung kelapa, mengandung 40 persen kebutuhan serat harian, bahkan 10 kali lebih banyak tepung gandum.

Karena kandungan seratnya tinggi, tepung kelapa dianggap baik untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula untuk masuk ke dalam aliran darah. Untuk orang dengan kondisi diabetes, mengonsumsi kue atau makanan lain yang terbuat dari tepung kelapa patut dicoba.

Menurunkan Berat Badan

Masih berkaitan dengan kandungan seratnya, manfaat tepung kelapa selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Tidak hanya serat, kandungan protein pada tepung kelapa juga dianggap dapat menunjang proses penurunan berat badan yang sehat. Kedua nutrisi tersebut berguna membantu perut kenyang lebih lama dan tak lapar berlebihan.

Meski begitu, sebaiknya kamu tetap mengimbangi konsumsi tepung kelapa dengan gaya hidup sehat lainnya agar berat badan ideal terwujud. Jika kamu hanya mengandalkan makan sehat tapi tidak berolahraga dan tidur cukup, maka penurunan berat badan tidak akan didapatkan. Jadi kamu harus tetap olahraga, jaga kebersihan, istirahat cukup agar manfaatnya didapatkan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tepung Kelapa untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat tepung kelapa untuk kesehatan berikutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi 15-25 gram serat kelapa setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 9 persen dan trigliserida darah hingga 22 persen.

Selain itu, kandungan asam laurat buah kelapa diduga dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya plak pada arteri. Plak pada arteri ini jika dibiarkan akan memicu kondisi sakit jantung.

Membantu Melawan Infeksi

Manfaat tepung kelapa untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu melawan infeksi. Penelitian yang dipublikasi oleh Asian Pacific Journal of Tropical Medicine mengatakan buah kelapa bisa membantu mengatasi infeksi.

Di dalam buah kelapa, ditemukan zat lauric acid (asam laurat) dan monolaurin yang efektif melawan infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan jamur Candida albicans. Kelapa juga mengaktifkan senyawa kimia monolaurin di dalam tubuh, yang berpotensi sebagai antibakteri dan antivirus.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tepung Kelapa untuk Kesehatan

Membantu Metabolisme

Manfaat tepung kelapa selanjutnya adalah untuk membantu metabolisme. Selain tinggi serat dan protein, tepung kelapa juga memiliki gizi yang sangat tinggi. Salah satu gizi tinggi di dalam tepung adalah tingginya kandungan lemak jenuh yang sehat.

Lemak jenuh dalam bentuk asam lemak rantai sedang digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dan membantu mendukung metabolisme yang sehat. Hal ini juga baik untuk menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat tepung kelapa juga dapat membantu menyehatkan pencernaan. Hal ini karena tepung yang memiliki tekstur sama dengan tepung terigu ini juga memiliki kepadatan nutrisi yang sangat tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tepung kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sedangkan tingginya kandungan serat makanan yang larut maupun tidak larut di dalam tepung kelapa dapat membantu menyehatkan usus.