Sukses

5 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kulit wajah mengelupas dipengaruhi berbagai faktor, mulai yang dapat dihindari hingga yang tidak dapat dihindari. Kulit wajah mengelupas adalah proses normal yang merupakan respons tubuh untuk membuang lapisan kulit mati.

Meskipun pengelupasan pada kulit bukanlah masalah besar, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan terkadang terasa menyakitkan. Proses ini kadang diikuti gejala lain seperti ruam, gatal, dan kering, yang bisa disebabkan iritasi kulit, paparan sinar matahari, infeksi, ataupun alergi.

Penyebab kulit wajah mengelupas perlu dikenali agar kamu dapat menanganinya dengan tepat. Penting untuk merawat kulit yang mengelupas sebelum menjadi bertambah buruk. Pengobatan rumahan bisa menjadi cara yang bagus untuk merawat kulit yang mengelupas karena menggunakan bahan alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/9/2020) tentang penyebab kulit wajah mengelupas.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Terkena Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Penyebab kulit wajah mengelupas yang pertama adalah terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Biasanya, sebelum kulit mengalami pengelupasan, kulit akan memerah dan terasa sakit dan panas saat disentuh. Kondisi ini terjadi beberapa jam setelah kamu terpapar sinar matahari.

Beberapa hari kemudian, lapisan kulit yang rusak akan mengelupas dan kulit mulai sembuh dengan sendirinya. Pengelupasan ini dapat membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak seperti berpola.

Kulit Kering

Penyebab kulit wajah mengelupas selanjutnya adalah karena kulit kering. Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit kering harus ekstra waspada. Apalagi jika wajah sering kali bersentuhan dengan air, sabun atau krim perawatan yang mengandung zat iritatif, air panas, cuaca sangat panas dan dingin, serta sinar matahari. Selain itu. proses penuaan juga dapat membuat kulit kering.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Alergi

Alergi juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit wajah mengelupas. Hal ini bisanya terjadi saat kulit wajah bersentuhan dengan alergen (zat pemicu alergi). Kulit akan bereaksi saat hal ini terjadi. Reaksi yang ditimbulkan tidak hanya pengelupasan kulit, mungkin juga bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, ruam hingga melepuh.

Reaksi Obat-obatan Tertentu

Penyebab kulit wajah mengelupas berikutnya adalah karena reaksi obat-obatan. Beberapa obat-obatan yang dapat membuat kuli wajah mengelupas adalah krim retinoid, asam salisilat, asam glikolat, dan AHA (Alpha Hydroxy Acids).

Pada krim retinoid yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat dan masalah wajah lainnya, krim ini bekerja dengan cara mendorong sel-sel kulit untuk mati dan beregenerasi. Hal ini membuat lapisan atas kulit wajah mengelupas untuk membuka jalan tumbuhnya sel-sel kulit baru.

Selain itu, efek samping obat-obatan kemoterapi, alergi obat seperti antibiotik, obat epilepsi, dan obat penurun tekanan darah tertentu juga dapat membuat kulit mengelupas.

Eksim

Penyebab kulit wajah mengelupas juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kulit seperti eksim. Kondisi ini bersifat kronis dan cenderung sering kambuh secara berkala. Penyebab eksim kerap dihubungkan dengan kulit kering, cuaca, gangguan sistem imun, bakteri Staphylococcus aureus, dan faktor genetik.

Itulah beberapa penyebab kulit wajah mengelupas yang perlu kamu ketahui.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah yang Mengelupas

Pengelupasan kulit di wajah, sebenarnya proses yang normal terjadi sebagai respon tubuh untuk membuang lapisan-lapisan kulit mati. Namun kadang proses ini diikuti dengan timbulnya gejala gatal, kering, dan ruam.

Untuk itu, penting untuk merawat wajah secara rutin untuk tetap tampil dengan wajah yang bersih. Berikut beberapa perawatan yang perlu dilakukan untuk mengatasi kulit wajah mengelupas:

Gel Lidah Buaya

Perawatan yang paling populer untuk mengobati sejumlah masalah pada kulit termasuk kulit mengelupas, adalah dengan gel lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan pelembab yang membantu dalam merawat kulit yang mengelupas.

Bahan yang diperlukan:

· 2 sdm gel lidah buaya

Langkah-langkah perawatan:

· Ambil sedikit gel lidah buaya dari daun lidah buaya dan oleskan ke seluruh wajah Anda

· Biarkan selama 30-45 menit, lalu cuci perlahan.

· Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan

 

Madu

Madu bisa membantu merawat kulit yang kering, sehingga dapat bekerja secara efektif untuk merawat kulit yang mengelupas. Madu juga dapat melembabkan dan memelihara kulit dengan penggunaan yang teratur.

Bahan yang diperlukan:

· 2 sdm madu

· 1 sdm air mawar

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

· Campurkan madu dan air mawar dalam mangkuk. Campur dengan baik.

· Oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama sekitar 20 menit.

· Cucilah dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah Anda sampai kering.

· Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan

 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa membantu meningkatkan tingkat hidrasi pada kulit. Minyak kelapa juga bertindak sebagai pelembut alami, sehingga dapat merawat kulit yang terkelupas.

Bahan yang diperlukan:

· 2 sdm minyak kelapa

Langkah-langkah perawatan:

· Celupkan bola kapas ke dalam minyak kelapa dan oleskan dengan lembut ke seluruh wajah Anda.

· Biarkan meresap ke dalam kulit Anda dan biarkan saja

· Ulangi ini dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.