Sukses

10 Cara Atasi Rambut Berminyak, Anti Lepek

Liputan6.com, Jakarta Cara atasi rambut berminyak bisa membantu mengurangi lepek dan lengket di kepala. Selain rambut kering, rambut berminyak juga bisa jadi masalah. Rambut dan kulit kepala berminyak bisa menyebabkan gatal dan memicu jamur penyebab ketombe.

Rambut yang sehat memang menghasilkan minyak alami untuk melembapkan kulit kepala dan melindungi rambut. Terkadang minyak alami ini bisa terkumpul di rambut, terutama di bagian akarnya. Namun, minyak berlebih yang juga bercampur dengan keringat dan kotoran bisa jadi masalah tersendiri.

Minyak berlebih pada rambut bisa membuat rambut terlihat lepek dan kotor. Ada beberapa cara alami untuk mengatasi rambut berminyak. Berikut cara mengatasi rambut berminyak, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(16/9/2020).

2 dari 6 halaman

Cara atasi rambut berminyak

Lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu menghilangkan minyak berlebih, melawan penumpukan produk, menenangkan kulit kepala, dan melindungi helai rambut. Lidah buaya mampu mengontrol sekresi sebum dan membuat rambut lembut.

Campurkan 1-2 sendok teh gel lidah buaya dengan 1 sendok makan air lemon. Tambahkan secangkir air ke dalam campuran ini dan aduk rata. Gunakan ini untuk membilas rambut, sebaiknya setelah keramas. Biarkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin.

Teh hijau

Ekstrak teh hijau telah terbukti mengurangi produksi sebum dan menutrisi kulit saat dioleskan. Teh hijau sarat dengan polifenol yang bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Campurkan ½ cangkir teh hijau dengan 1 gelas air. Didihkan selama 5 menit dan saring. Setelah campuran teh hijau agak dingin, oleskan ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas.

3 dari 6 halaman

Cara atasi rambut berminyak

Cuka sari apel

Ketika diencerkan dengan benar, bilasan cuka sari apel dapat membantu menghilangkan penumpukan produk, menyeimbangkan pH kulit kepala, dan mengurangi kekusutan.

Tambahkan dua hingga tiga sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air dan aduk rata. Keramas dengan pembersih ringan. Bilas rambut dengan larutan cuka sari apel. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Madu

Jika minyak sudah tak terkendali di rambut dan kulit kepala, ia akan menyebabkan ketombe. Masker madu dapat membantu menenangkan kulit kepala dan mencegah ketombe berkat sifat antibakteri dan antijamurnya.

Campur setengah gelas air dengan seperempat madu organik. Aduk hingga larut dan aplikasikan pada rambut. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hangat.

4 dari 6 halaman

Cara atasi rambut berminyak

Lemon

Air lemon mengandung asam sitrat yang bisa menghambat sekresi sebum. Flavonoid dalam lemon juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi rambut dari kerusakan.

Peras dua buah lemon dan tambahkan dengan dua gelas air suling. Keramas seperti biasa, tepuk-tepuk rambut hingga kering dan oleskan campuran tersebut. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Setelah menggunakan masker ini, hindari paparan sinar matahari langsung. Ini karena air lemon nisa memutihkan rambut saat terkena sinar matahari.

Oatmeal

Oatmeal membantu menyerap semua minyak berlebih dari rambut. Sifat anti-peradangannya juga membantu menenangkan kulit kepala dan membuat rambut lebih lembut. Siapkan oatmeal yang sudah matang, oleskan secara merata ke kulit kepala. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Cuci bersih dengan sampo ringan.

5 dari 6 halaman

Cara atasi rambut berminyak

Yogurt

Masker rambut yogurt adalah salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan rambut berminyak secara alami. Yogurt membantu menutrisi rambut dan memulihkan pH alami kulit kepala.

Campurkan setengah cangkir yogurt tanpa rasa dengan dua sendok makan air lemon dan satu sendok teh baking soda. Aduk untuk mendapatkan pasta yang halus. Oleskan campuran ini ke rambut, konsentrasikan pada kulit kepala. Tutupi rambut dengan handuk dan biarkan selama setidaknya 30 menit sebelum mencucinya dengan air biasa.

Baking soda

Baking soda bisa menjadi sampo kering sekaligus pembilas rambut berminyak. Sifat basa baking soda membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dan menyerap minyak berlebih.

Taburkan baking soda ke seluruh kulit kepala dan rambut. Gosok atau sikat rambut untuk meratakannya. Sebagai alternatif, kamu bisa mencampur satu sendok makan baking soda dengan tiga sampai empat sendok makan air dan mengoleskannya ke rambut basah. Diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

6 dari 6 halaman

Cara atasi rambut berminyak

Minyak kelapa

Minyak kelapa membantu mengangkat minyak dari kulit kepala dan akar sambil melembapkan kulit. Minyak kelapa murni ringan dan memiliki berat molekul lebih rendah dibandingkan dengan banyak minyak lain. Minyak ini dapat membantu mencegah produksi sebum berlebih.

Ambil sedikit minyak kelapa murni dan gosokkan di antara telapak tangan. Oleskan minyak secara merata ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama satu jam sebelum mencucinya dengan sampo ringan.

Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi ketombe, gatal, dan minyak di rambut. Tambahkan 15 tetes minyak pohon teh ke dalam 30 mL minyak kelapa atau minyak jojoba dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan selama setidaknya satu jam sebelum dicuci.