Sukses

Cara Membuat Odading Sendiri Seperti Mang Oleh yang Viral, Mudah dan Enak

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat Odading masih jarang diketahui. Nama Odading sendiri bagi sebagian orang mungkin akan terdengar asing. Odading merupakan salah satu kue khas Bandung dan saat ini tengah viral di media sosial.

Baru-baru ini viral seorang pria sedang menawarkan odading dengan cara cukup unik. Dalam video yang diunggah oleh kun Twitter @kencrotawn itu memperlihatkan, pria ini seolah-olah menjadi food vlogger, namun menawarkan odading dengan nada cukup keras alias ngegas.

Dengan logat bahasa Sunda yang kental, pria itu mengajak orang-orang untuk membeli dagangan milik Mang Oleh yang ada di Jalan Baranangsiang, Bandung.

 

Odading merupakan camilan sejenis roti goreng. Kue goreng bercita rasa lembut dan manis ini populer di tanah Pasundan. Sebenarnya, kue ini juga mudah ditemukan di beberapa daerah lain, namun namanya saja yang berbeda. Contohnya, di Jakarta, kue goreng ini dikenal sebagai kue bantal. Sedangkan, di Jawa Tengah, kue ini kerap disebut bolang-baling.

Nah, kamu juga bisa bikin Odading sendiri di rumah lho. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara membuat odading yang mudah, enak dan lembut.

2 dari 2 halaman

Cara membuat Odading yang lembut di rumah

Bahan-bahan

  • 500 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sdm ragi instan
  • ½ sdt garam
  • Wijen putih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat Odading:

  1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam satu wadah hingga rata. Sisihkan.
  2. Kocok telur dalam wadah berbeda. Jangan terlalu lama.
  3. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur. Aduk hingga rata.Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan hingga adonan tercampur rata dan kalis.
  4. Diamkan adonan dalam wadah tertutup selama 30 menit hingga mengembang.
  5. Setelah benar-benar mengembang, ambil sedikit adonan lalu bentuk kotak dengan ukuran sesuai selera.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng kue hingga matang dan berubah kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Kue odading siap disajikan.

Nah, itu tadi resep cara membuat odading sendiri di rumah. Camilan satu ini cocok disantap dengan teh hangat. Selamat mencoba resep cara membuat odading.