Sukses

Viral Ambulans Antre Panjang Masuk RS Darurat Wisma Atlet, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Pada Selasa (15/9/2020) kemarin, sebuah video yang memperlihatkan antrean panjang ambulans menuju RS darurat COVID-19, Wisma Atlet beredar di media sosial. Video berdurasi 29 detik itu pun langsung mencuri perhatian masyarakat.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu juga sempat beredar di media sosial penampakan RS Darurat Wisma Atlet yang memperlihatkan hampir seluruh lampu ruangan menyala. Foto tersebuut pun juga menjadi sorotan netizen, karena memperlihatkan seperti apa kondisi wisma atlet Kemayoran saat ini.

Video mengenai antrean ambulans yang hendak masuk ke RS Darurat COVIS-19 Wisma Atlet tersebut juga diunggah oleh akun Twitter @dr_koko28 pada Selasa (16/9/2020). Hingga saat ini, video berdurasi 29 detik tersebut telah dilihat sebanyak lebih dari 250 kali dan mendapat respon netizen sebanyak lebih dari 11 ribu kali.

2 dari 3 halaman

Penyebab Antrean Ambulans di RS Wisma Atlet

Video viral mengenai antrean mengular ambulans di depan RS darurat COVID-19 ini juga mendapat respons dari Wakil panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Brigjen Muhammad Saleh Mustafa. Menurutnya video ambulans tersebut merupakan sebuah antrean daftar registrasi COVID-19 dan orang tanpa gejala yang terjadi pada Senin (14/9/2020).

"Kemarin malam itu, antrean daftar registrasi aja. Karena memang banyak dari Puskesmas ke Wisma Atlet," ujarnya seperti yang dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com pada Rabu (16/9/2020).

Ia juga menjelaskan, jika jumlah pasien yang datang dari seluruh puskesmas menuju Wisma Atlet mencapai 100 orang. Hal ini pula yang menyebabkan terjadinya antrean ambulans. Ia juga menyebutkan jika antrean registrasi tidak membutuhkan waktu lama. Akan tetapi keterbatasan fasilitas di Instalagi Gawat Darurat (IGD) juga menjadi salah satu faktor antrean terjadi.

"Enggak lama, tetapi kalau orang yang OTG fasilitas terbatas orang. Karena IGD juga sempit. Sebab fasilitas untuk OTG dan ada gejala berbeda," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Melihat begitu panjangnya antrean ambulans yang masuk ke RS Darurat COVID-19 di Wisma Atlet mendapat banyak respons dari netizen. Bahkan, ada pula yang turut serta menambahkan video antrean ambulans di waktu yang berbeda. Beberapa netizen pun turut membenarkan banyaknya ambulans yang melintas membawa pasien menuju Wisma Atlet.

"Ya Alloh....semoga kita semua diberi kesehatan ..yg sakit diberi kesembuhan...yg ngeyel ga mau pake masker dan msh suka kumpul2x g jelas serta ga jaga jarak..diberi kesadaran utk disiplin dgn aturan ...aamiin" tulis akun @IingLd

"Ini beneran, rumah saya 2km dari RSD COVID. Setiap lewat pintu keluarnya pasti ada ambulans dan sekelompoo motor dengan bendera kuning yang siap menggiring." tulis akun @erlanggaphh.

"Udah gini masih ada aja yang menyepelekan covid-19..." ujar akun @rosseynaza

"Semoga saudara2 kita yg sakit lekas sembuh. Semoga para nakes dan petugas yg menangani selalu dlm diparingi sehat dan berkah dlm lindungan Allah." tulis akun @zwestykrisan.