Sukses

10 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan, Terapkan Kebiasaan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Mengontrol berat badan tak hanya tugas bagi yang kelebihan dan kekurangan. Berat badan yang ideal dan seimbang juga wajib dijaga bagi setiap orang agar kesehatan badan tetap terjaga. Hanya saja, dampak buruk memiliki berat badan berlebihan lebih menakutkan. Hal inilah yang kemudian membuat cara cepat menurunkan berat badan penting diketahui.

Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan disebut tengah mengalami obesitas. Sementara penderita obesitas ini lebih rentan terkena berbagai macam penyakit berbahaya. Misalnya saja seperti jantung, liver, pencernaan, dan lain sebagainya. Hingga bagi setiap orang, tak hanya wajib mengetahui cara cepat menurunkan berat badan, tetapi juga mempraktikkan.

Selain ditujukan untuk menjaga kesehatan badan, cara cepat menurunkan berat badan juga bisa diandalkan untuk menjaga penampilan. Apalagi cara ini terbilang sangat aman. Tak menggunakan pil pelangsing dan penurun berat badan seperti yang dijual di pasaran. Hanya mengandalkan beberapa kebiasaan sehat saja, tetapi ampuh dan aman.

Berikut Liputan6.com ulas cara cepat menurunkan berat badan dari berbagai sumber, Rabu (16/9/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Serat

Makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang. Makanan berserat tinggi biasanya membuat proses mengunyah menjadi lebih lama. Jadi, cara cepat menurunkan berat badan dengan konsumsi serat cukup direkomendasikan.

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori. Kamu bisa mengonsumsi gandum dan buah-buahan segar pada pagi hari sebagai cara menguruskan badan dengan makanan berserat.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung memiliki berat badan ideal. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ampuh menguruskan badan.

Selain air, nutrisi dan serat, buah dan sayur biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah, sehingga memungkinkan kamu untuk mengonsumsinya dalam porsi besar tanpa menghasilkan banyak kalori.

Selalu Sarapan

Selalu melakukan sarapan termasuk kebiasaan yang bisa diandalkan sebagai cara cepat menurunkan berat badan. Sarapan sangat penting dalam menurunkan berat badan karena pencernaan lebih terjaga.

Selalu mengonsumsi sarapan setiap paginya membuat keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat jadi berkurang. Sehingga kondisi sistem pencernaan tetap stabil dan seimbang. Tidak kelaparan dan tidak pula kekenyangan.

Selain itu, sarapan tentunya dapat mengurangi rasa lapar di siang harinya. Hal ini akan membuat keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan saat makan siang juga berkurang. Mengetahui berbagai manfaat tersebut, tentunya bisa memahamkan betapa pentingnya sarapan.

3 dari 6 halaman

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Makan Porsi Kecil

Alih-alih mengonsumsi makanan porsi banyak agar cepat kenyang, lebih baik konsumsi porsi kecil. Mengonsumsi makanan porsi kecil termasuk cara cepat menurunkan berat badan. Catatannya tetap dimakan dengan perlahan dan tidak terlalu lama.

Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik sebagai cara menguruskan badan dibandingkan makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, kamu juga perlu makan secara perlahan untuk mendukung penurunan berat badan. Dengan kebiasaan makan seperti ini, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

Olahraga Rutin

Olahraga merupakan kebiasaan sehat yang wajib dilakukan oleh siapa saja. terutama bagi yang memiliki berat badan berlebih. Olahraga ini bisa diandalkan sebagai cara cepat menurunkan berat badan.

Olahraga secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet. Olahraga dapat memperlancar sistem peredaran darah dan memperbaiki suasana hati.

Begitu juga akan berdampak pada perbaikan kualitas tidur dan menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Berbagai jenis olahraga seperti bersepeda, berjalan kaki, hingga berenang yang efektif membakar kalori. Luangkanlah waktu setidaknya 30 menit tiap hari untuk berolahraga.

4 dari 6 halaman

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Tidur Cukup

Selain rutin melakukan olahraga, tidur cukup juga termasuk cara cepat menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena saat seseorang kurang tidur, produksi hormon ghrelin meningkat.

Hormon ghrelin merupakan hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan. Enggak heran kalau konsumsi makanan akan lebih banyak dialami orang-orang yang mengalami insomnia.

Tak sekadar makan, tetapi juga berisiko mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Beberapa penelitian menyebutkan, kurang tidur merupakan salah satu faktor penyebab obesitas.

Tidur pada waktu yang sama setiap harinya sekitar 7-9 jam dapat membuat kamu mendapatkan istirahat yang berkualitas, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Kurangi Garam

Makanan ringan memang menjadi camilan paling banyak disukai orang. Namun sayangnya makanan seperti ini memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Makanan olahan seperti keripik kentang sangat tinggi sodium. Garam ditambahkan sebagai pengawet dalam makanan tersebut. Satu bungkus keripik kentang kecil dapat mengandung hampir 500 kalori.

Banyak kalori ini akan memakan waktu setidaknya 45 menit untuk membakarnya lagi. Jadi, lebih baik hindari konsumsi garam sebagai cara cepat menurunkan berat badan.

Garam mengandung natrium dan makanan tinggi natrium menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang bisa membuat kamu terlihat kembung. Ada baiknya untuk menghindari makanan ringan seperti ini.

5 dari 6 halaman

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Protein

Diet tinggi protein dapat membantu seseorang menurunkan berat badan dengan cepat. Diet tinggi protein juga bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Jadi memang efektif dijadikan cara cepat menurunkan berat badan.

Tubuh membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein. Ini membuat diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Protein yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Kurangi Karbohidrat

Cara cepat menurunkan berat badan bisa dengan mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Ketika asupan karbohidrat dikurangi, rasa lapar akan turun, dan kamu biasanya akan makan kalori yang jauh lebih sedikit.

Untuk menurunkan berat badan, tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Cukup konsumsi karbohidrat kompleks dengan porsi yang terpantau. Selain karbohidrat, gula juga perlu dikurangi saat ingin menurunkan berat badan.

Makan banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara yang bagus untuk memperbaiki pola makan. Hindari konsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak gula.

 

6 dari 6 halaman

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Lemak Sehat

Lemak sehat diperlukan untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Lemak sehat diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kolesterol jahat. Lemak sehat yang bisa dikonsumsi adalah alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak.

Kesehatan usus juga akan memengaruhi manajemen berat badan. Menyeimbangkan jumlah bakteri baik bisa mendukung berat badan yang sehat. Hingga mengonsumsinya sangat baik dijadikan cara cepat menurunkan berat badan.

Konsumsi probiotik merupakan cara menyeimbangkan bakteri usus. Probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, cobalah tambahkan rempah pada makanan yang dikonsumsi.

Menambahkan bumbu rempah ke makanan dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Capsaicin pada cabai dan merica misalnya, bisa membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Capsaicin juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori.

Hidrasi

Minum air putih sebelum makan termasuk cara cepat menurunkan berat badan. Meneguk air sebelum makan dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang. Sehingga mengonsumsinya bisa membuat seseorang terhindar dari makan dalam jumlah yang berlebihan.

Kamu bisa mencukupi kebutuhan minum air putih setiap harinya. Saat mulai merasa lapar, kamu bisa atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, kemudian tetap makan pada waktunya. Dengan begitu, jumlah kalori yang kamu konsumsi juga akan berkurang.

Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih di pagi hari membantu memulai metabolisme dan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Minum air putih juga membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah kamu makan kalori yang tidak perlu. Beralihlah ke air putih atau teh hijau dan rasakan perbedaannya dalam sehari.