Sukses

Teks Ulasan adalah Penilaian Suatu Karya Baik Film, Drama, atau Buku

Liputan6.com, Jakarta Teks ulasan adalah sebuah teks review yang umumnya ditulis dalam bentuk artikel. Teks ulasan sendiri tidak selalu membahas mengenai sebuah buku, namun bisa juga mengulas bentuk karya lain seperti karya sastra (novel, drama, puisi, cerpen, puisi), artikel, serta karya seni (lukis, tari, musik, kriya, pertunjukan, hingga film).

Bahkan teks ulasan bisa juga dibuat untuk mengulas sebuah peristiwa, seperti olah raga atau mungkin jenis kegiatan sosial yang sedang dilaksanakan. Ulasan sendiri adalah teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, serta mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai teks ulasan tersebut. Meski teks ulasan adalah tulisan yang mungkin bagi beberapa orang terlihat mudah dibuat, namun ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar teks ulasan tersebut dapat lebih baik, Rabu (16/9/2020).

2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Ulasan

Dimulai dari pengertian terlebih dahulu, di mana teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian, atau review terhadap suatu karya baik itu buku, drama, musik, atau mungkin film. Teks ulasan bisa disebut juga sebagai resensi. Saat mengulas sebuah karya, pengulas tersebut harus memiliki sikap kritis agar hasil ulasannya bisa memberi sebuah kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Menurut Gerot & Wignell teks ulasan adalah teks yang memiliki fungsi untuk mengukur, menilai dan memikirkan kritik mengenai karya atau kejadian yang diulas tersebut.

Hal ini tidak jauh beda dengan pendapat dari Hyland & Diani, yang mengutarakan jika teks ulasan adalah teks yang mengupas serta menilai sebuah karya sastra yang sebagian besar menjadi tolak ukur untuk meningkatkan sebuah karya kepada pembaca itu sendiri.

3 dari 6 halaman

Tujuan Teks Ulasan

Ada beberapa tujuan dari dibuatnya sebuah teks ulasan. Tujuan dari teks ulasan adalah:

- Membantu pembaca mengetahui isi suatu karya.

- Memberi pandangan atau penilaian terhadap suatu karya.

- Memberi informasi pada publik tentang kelayakan suatu karya.

- Memberi informasi pada pembaca kelebihan dan kekurangan karya yang diulas.

- Memberi tahu serta mengajak pembaca untuk merenung, berpikir, juga berdiskusi mengenai masalah pada suatu karya.

- Memberi pertimbangan pada pembaca, apa suatu karya tersebut pantas dinikmati atau tidak.

- Memudahkan pembaca memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa.

- Memberi pertimbangan pembaca sebelum memilih, membeli, dan menikmati suatu karya.

- Tahu perbandingan karya yang diulas dengan karya lain sejenisnya.

- Memberi informasi komprehensif tentang suatu karya.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri dan Struktur Teks Ulasan

Ciri-ciri dari teks ulasan adalah sebagai berikut:

- Memuat info berdasar pandangan atau opini penulis tentang suatu karya atau produk.

- Opini berdasar fakta.

- Struktur terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, serta rangkuman.

Sedangkan struktur teks ulasan adalah sebuah susunan yang membangun teks ulasan menjadi suatu teks yang utuh. Struktur dari teks ulasan terdiri dari beberapa hal berikut ini:

a. Orientasi

Orientasi adalah bagian pertama yang menjelaskan gambaran umum sebuah karya yang akan diulas. Orientasi memberi penjelasan pada pembaca apa yang akan diulas.

b. Tafsiran

Tafsiran adalah bagian yang berisi penjelasan detail tentang sebuah karya yang diulas. Biasanya berisi bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan lain sebagainya.

c. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang berisi pandangan pengulas tentang hasil karya yang diulas. Di bagian ini pengulas akan menyebutkan bagian-bagian mana saja yang memiliki kelebihan dari karya tersebut. Serta bagian mana saja yang kurang dari karya tersebut.

d. Rangkuman

Rangkuman adalah bagian berisi kesimpulan dari ulasan yang dibuat terhadap sebuah karya. Rangkuman memuat komentar penulis yang menyebutkan apakah hasil karya tersebut layak atau tidak untuk dinikmati.

5 dari 6 halaman

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Ada beberapa kaidah kebahasaan teks ulasan, antara lain sebagai berikut:

- Teks ulasan mengandung penekanan tentang faktor-faktor dari karya yang dibahas.

- Menggunakan kalimat pemikiran atau persuasif.

- Memakai kata kerja material dan kata kerja relasional.

- Terdapat penggunaan konjungsi internal dan konjungsi eksternal.

- Menggunakan pernyataan perbandingan baik persamaan atau perbedaan.

6 dari 6 halaman

Jenis Teks Ulasan

Jika dilihat dari segi isi, maka teks ulasan terbagi menjadi beberapa jenis:

Teks ulasan informatif

Teks ulasan ini memiliki gambaran singkat, padat, dan umum sebuah karya. Ulasan jenis ini tidak menyampaikan isi karya secara keseluruhan, melainkan hanya menyampaikan bagian yang penting saja serta lebih menekankan kelebihan atau kekurangan karya tersebut.

Teks ulasan deskriptif

Teks ulasan ini berisi gambaran detail tiap bagian karya. Teks ulasan ini sering dilakukan pada karya fiksi untuk mendapat gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi, serta kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis pada sebuah karya.

Teks ulasan kritis

Kemudian jenis teks ulasan ini berisi ulasan suatu karya yang terperinci dan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Biasanya teks ulasan ini ditulis secara objektif dan kritis, serta tidak berdasar pandangan subyektif dari penulis ulasan.