Sukses

18 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Bekasnya

Jerawat bisa dihilangkan secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat secara alami bisa memanfaatkan bahan rumahan. Jerawat merupakan masalah umum yang dialami sebagian besar orang. Jerawat yang meradang bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan noda yang membekas.

Banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat. Faktor ini termasuk genetika, pola makan, stres, perubahan hormon, dan infeksi. Ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa dilakukan. 

Cara menghilangkan jerawat secara alami menjadi pilihan terjangkau untuk menyingkirkan jerawat. Tak hanya dengan bahan alami, cara menghilangkan jerawat secara alami juga bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup.

Cara menghilangkan jerawat secara alami memang tidak memiliki hasil yang instan. Namun, jika dilakukan secara rutin dan telaten, jerawat teratasi dan kulit makin sehat. Cara menghilangkan jerawat secara alami ini juga bisa mengurangi bekas jerawat dan mencegah jerawat datang kembali.

Berikut 18 cara menghilangkan jerawat secara alami, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(16/09/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cara menghilangkan jerawat secara alami: bahan rumahan

Lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu proses penyembuhan jerawat. Mengaplikasikan lidah buaya pada bekas jearawat membantu mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat alami yang membantu mencegah bekas jerawat. Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bekas jerawat.

Teh hijau

Teh hijau dikenal untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau bisa diminum setiap haru untuk mencegah peradangan jerawat. Menggunakan produk topikal teh hijau juga bisa membantu menenangkan jerawat.

Teh hijau bisa digunakan langsung sebagai kompres jerawat. Seduh kantung teh hijau, dinginkan dan tempelkan pada kulit berjerawat. Gunakan juga air teh hijau sebagai semprotan untuk wajah untuk menenangkan peradangan.

3 dari 9 halaman

Cara menghilangkan jerawat secara alami: bahan rumahan

Madu

Madu bisa digunakan untuk merawat kondisi kulit seperti jerawat. Madu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Dengan menggunakan jari bersih atau kapas, gosokkan sedikit madu ke jerawat. Madu juga bisa ditambahkan ke dalam masker wajah.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, asam laktat telah terbukti mencegah munculnya bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel dapat membantu mengeringkan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.

Cuka sari apel harus diencerkan terlebih dulu sebelum digunakan. Campur satu sendok makan cuka sari apel dengan 3 sendok makan air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif). Oleskan campuran tersebut dengan lembut ke kulit menggunakan bola kapas. Biarkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan.

4 dari 9 halaman

Cara menghilangkan jerawat secara alami: bahan rumahan

Kunyit

Kunyit juga merupakan antioksidan yang baik untuk pertumbuhan sel kulit baru. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah peradangan jerawat. Kunyit akan membantu mempercepat penyembuhan jerawat sambil menyamarkan bekas jerawat yang ada. Kunyit juga membantu mencegah hiperpigmentasi kulit yang menyebabkan bekas hitam pada kulit.

Kayu manis

Sifat anti-inflamasi kayu manis yang dikombinasikan dengan sifat anti-mikroba madu membuat kombinasi ini bagus untuk menghilangkan jerawat. Kayu mani s memiliki sifat penyembuh luka yang bisa membantu menghilangkan jerawat.

Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk membentuk pasta. Oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10–15 menit. Bilas masker sepenuhnya dan tepuk-tepuk wajah hingga kering.

5 dari 9 halaman

Cara menghilangkan jerawat secara alami: bahan rumahan

Tea tree oil

Tea tree oil berguna untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Tea tree oil tersedia di banyak produk perawatan kulit, seperti pembersih dan toner. Kamu juga bisa menggunakan Tea tree oil yang sudah dilarutkan dan mengaplikasikannya pada jerawat. Minyak pohon teh sangat kuat, jadi selalu encerkan dengan bahan lain sebelum dioleskan ke kulit.

Jojoba oil

Jojoba oil adalah zat lilin alami yang diekstrak dari biji semak jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Minyak ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat. Minyak ini juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Minyak jojoba bisa dicampur pada masker atau dioleskan langsung pada titik jerawat.

6 dari 9 halaman

Cara menghilangkan jerawat secara alami: Perubahan gaya hidup

Minum cukup air

Tetap terhidrasi sangat penting untuk mempercepat penyembuhan luka jerawat dan mengurangi risiko menyebarnya jerawat. Kulit yang kering dapat dengan mudah teriritasi. Minum cukup air bisa membuat sel kulit baru berkembang dan luka bekas jerawat bisa cepat sembuh.

Hindari stres

Stres menyebabkan kadar hormon androgen meningkat. Androgen menstimulasi folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Tingkat stres yang tinggi bisa meningkatkan keparahan jerawat.

Hindari asupan gula

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang tak kalah penting adalah mengurangi konsumsi gula dan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Makan makanan tinggi indeks glikemik menyebabkan lonjakan insulin. Kondisi ini diperkirakan meningkatkan produksi sebum, menyebabkan jerawat. Makanan dengan indeks glikemik tinggi termasuk roti putih, minuman bersoda, makanan manis, donat, kue kering, permen, sereal sarapan manis dan makanan olahan lainnya.

7 dari 9 halaman

Cara menghilangkan jerawat secara alami: Perubahan gaya hidup

Hindari produk susu

Minum susu dan mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan perubahan hormon dan memicu timbulnya jerawat. Susu dan protein yang dihasilkan dari susu bisa meningkatkan pertumbuhan jerawat. Susu dan produk susu mempromosikan sekresi insulin dan produksi hormon, seperti IGF-1. Hormon ini dikenal sebagai kontributor utama untuk pengembangan jerawat.

Gunakan produk perawatan bebas minyak

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah memilih produk perawatan yang tepat. Produk berbahan dasar minyak atau berminyak dapat menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat. Gunakanlah produk perawatan kulit dan kosmetik berlabel 'oil-free' atau 'non-comedogenic.'

Hindari menyentuh jerawat

Menyentuh jerawat bisa mengiritasi kulit, memperburuk jerawat, dan dapat menyebarkan jerawat ke area lain. Hindari menyentuh, menggosok, atau memencet jerawat. Memencet jerawat dapat mendorong bakteri dan kotoran masuk lebih jauh ke dalam kulit, sehingga jerawat bisa bertambah parah.

8 dari 9 halaman

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Lemon

Air lemon mengandung vitamin C yang menunjukkan sifat antipigmentasi. Lemon bisa membantu memudarkan bekas jerawat seiring waktu. Namun, bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan lemon dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. Lakukan uji tempel sebelum menggunakan lemon.

Peras jus dari setengah buah lemon dan celupkan kapas. Terapkan pada area berjerawat dan bilas setelah 10 menit. Lakukan 3-4 kali seminggu.

Kentang

Kalium, sulfur, fosfor, dan klorida yang terdapat pada kentang bermanfaat untuk mengobati noda jerawat dan flek jerawat. Kentang juga mengandung asam azelaic yang dapat mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat ringan hingga sedang.

Hancurkan kentang mentah untuk mengekstrak sarinya. Rendam bola kapas dengan jus ini dan oleskan ke area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan.

9 dari 9 halaman

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Jahe

Jahe membantu menjaga kulit tetap bersih, halus dan bebas dari noda. Jahe memiliki sifat antiseptik dan agen pembersih yang kuat. Jahe membantu membunuh dan membersihkan bakteri penyebab jerawat. Bubuk jahe bisa dijadikan campuran masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.

Bubuk cokelat

Cokelat kaya akan polifenol dan mineral esensial yang membuatnya sangat cocok untuk perawatan masalah kulit. Cokelat menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi jerawat dan meningkatkan perbaikan jaringan kulit.

Campur 1 sendok makan coklat bubuk, sejumput kayu manis, dan 1 sendok makan madu. Oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20-30 menit dan kemudian bersihkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.