Sukses

9 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita, Lakukan dengan Benar

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan cara mengecilkan perut buncit pada wanita berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut buncit pada wanita memang bukan perkara mudah. Sebab mengecilkan perut yang buncit perlu dilakukan dengan benar dan konsumsi berbagai nutrisi yang tepat. Salah-salah justru membuat perut menjadi semakin buncit dan mengganggu penampilan. 

Selain mengganggu penampilan, perut yang terlalu buncit juga menyebabkan rasa sesak serta tidak nyaman. Terutama saat melakukan beberapa gerakan seperti menunduk atau duduk. Hal tersebut tentu karena perut menjadi pengganjal yang justru mempersulit gerakan.

Berikut ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Namun yang perlu diingat adalah efektif atau tidaknya hasil dari cara mengecilkan perut buncit pada wanita tersebut bergantung kepada konsisten dan niat, Rabu (16/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita yang Pertama

1. Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang cukup efektif, yaitu dengan membatasi asupan kalori sedikit mungkin. Pembatasan asupan kalori ini akan mengurangi lemak di area perut. Dengan konsumsi kalori yang lebih sedikit, kemudian diiringi dengan tubuh yang digunakan untuk melakukan aktivitas tinggi, maka lemak di tubuh akan menjadi bahan bakar yang digunakan untuk memberi energi bagi aktivitas tersebut.

Maka dari itu, mulai saat ini cobalah berhenti mengonsumsi makanan yang sarat akan kandungan nutrisi rendah namun memiliki kalori tinggi, dan ganti dengan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi namun memiliki kalori rendah seperti jenis buah, sayuran, gandum utuh dan lain sebagainya.

 

2. Hindari Minuman Manis

Ternyata konsumsi gula yang terlalu berlebihan bisa menjadi penyebab naiknya berat badan dan perut yang menjadi buncit. Lemak di perut dapat meningkat karena resistensi insulin dan hal tersebut dapat memicu peradangan di seluruh tubuh.

Sebenarnya mengurangi asupan gula bisa dibilang cukup sulit, karena hampir semua minuman yang ada di sekitar memiliki kandungan gula tinggi. Itulah mengapa, selalu lakukan pengecekan kandungan gula baik dari makanan atau minuman yang dijual di pasaran.

 

3. Konsumsi Jenis Karbohidrat Kompleks

Jenis karbohidrat sederhana atau olahan memiliki nilai gizi yang rendah namun kalorinya tinggi. Jenis karbohidrat ini dapat ditemui dalam roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis.

Dalam sebuah penelitian juga mengaitkan karbohidrat olahan dengan bertambahnya jumlah lemak perut. Itulah mengapa, coba ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Sebab, karbohidrat kompleks lebih baik dibanding karbohidrat sederhana atau olahan. Jenis karbohidrat kompleks bisa ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

3 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita yang Selanjutnya

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Seperti yang disinggung sebelumnya, jika buah dan sayuran merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bisa menjadi alternatif makanan sehat serta rendah kalori dibanding jenis makanan dengan karbohidrat sederhana.

Selain itu, buah dan sayuran juga bisa memberi tambahan asupan serat bagi tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika serat berguna untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, penumpukan lemak visceral, kelebihan berat badan, serta membantu mengatur gula darah.

 

5. Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Konsumsi sumber protein tanpa lemak yang berasal dari kacang-kacangan, polong-polongan, serta daging tanpa lemak ternyata bisa mengurangi perut buncit. Menambahkan protein tanpa lemak tersebut ke dalam makanan berguna untuk mempercepat timbulnya rasa kenyang setelah makan serta menurunkan keinginan untuk mengonsumsi camilan manis.

 

6. Konsumsi Jenis Lemak Sehat

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita selanjutnya dengan memilih jenis lemak sehat untuk dikonsumsi. Banyak mungkin yang takut konsumsi lemak, namun lemak sendiri sebenarnya diperlukan bagi tubuh. Hanya saja perlu diperhatikan seperti apa jenis lemak yang dikonsumsi, usahakan konsumsi lemak yang sehat.

Lalu sebisa mungkin untuk hindari jenis lemak jenuh dan lemak trans, sebab sangat tinggi risikonya menjadi penyebab penyakit jantung hingga stroke. Lemak jahat tersebut juga bisa menjadi penyebab penambahan berat badan dan sumber utama penyebab meningkatnya lemak visceral.

Berbagai jenis makanan dengan lemak sehat mudah ditemukan, antara lain alpukat, chia seed, telur, lemak ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, canola, dan jenis minyak sehat lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita yang Terakhir

7. Rajin Bergerak

Melakukan berbagai gerakan saat beraktivitas harian juga penting untuk pembakaran lemak dan menyusutnya perut. Lalu, melakukan gerakan lebih banyak saat beraktivitas juga berguna untuk memperkuat otot dan meningkatkan mood.

 

8. Kardio

Latihan kardiovaskular atau kardio, akan membuat jantung terpompa. Kardio juga ampuh untuk membakar kalori, membantu mengurangi lemak tubuh, serta mengencangkan otot. Ada beberapa jenis latihan kardio yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit pada wanita, seperti lari, renang, serta olahraga dengan banyak gerakan lainnya.

 

9. High Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT adalah jenis olahraga yang efektif membakar lemak. Contoh olahraga HIIT ini seperti, jalan kaki selama 3 menit, kemudian berlari selama 30 detik, dan lakukan sebanyak 5 putaran. Bahkan penelitian pada tahun 2011, menyatakan jika HIIT mampu mengurangi lemak tubuh lebih efektif dibandingkan jenis olahraga lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.