Sukses

8 Latihan Pernapasan untuk Hilangkan Stres, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Latihan pernapasan untuk hilangkan stres dapat dilakukan dengan mudah dan terbukti efektif untuk banyak orang. Latihan pernapasan mampu mengatasi stres dalam waktu cepat, tidak butuh banyak teknik, gratis, dan dapat dilakukan di mana saja.

Stres yang tak kunjung reda bisa membuat kamu semakin tertekan hingga akhirnya depresi dan mengalami berbagai masalah kesehatan. Stres membuat orang yang mengalaminya sering merasa murung, kinerja menurun, susah konsentrasi, sulit tidur, dan hilang nafsu makan.

Latihan pernapasan untuk hilangkan stres bisa menjadi solusi yang ampuh. Apalagi, stres harus segera diatasi dengan cara yang tepat. Kamu bisa melakukan latihan pernapasan yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan. Praktikkan dengan benar agar manfaatnya lebih optimal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/9/2020) tentang latihan pernapasan untuk hilangkan stres.

2 dari 5 halaman

Latihan Pernapasan untuk Hilangkan Stres

Bernapas seperti balon

Latihan pernapasan untuk hilangkan stres yang pertama adalah bernapas seperti balon. Caranya mudah saja, pertama-tama dapatkan posisi yang nyaman, tutup mata, dan mulailah bernapas melalui hidung untuk kemudian dikeluarkan secara perlahan melalui mulut. Saat kamu menarik napas, bayangkan bahwa perut memompa udara seperti balon.

Latihan pernapasan ini dapat membantu kamu untuk bernapas dalam-dalam dari diafragma, dengan tujuan melatih tarikan pernapasan dangkal yang disebabkan oleh kondisi stres. Kamu bisa mencobanya di rumah secara teratur.

Napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam juga termasuk latihan pernapasan untuk hilangkan stres. Caranya, tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Lalu, hirup udara sebanyak yang kamu mampu, kemudian lepaskan secara perlahan. Ketika melakukannya, fokuslah untuk mengosongkan paru-paru.

Ulangi latihan pernapasan ini hingga beberapa kali, dan lepaskan ketegangan di punggung, bahu, dan di mana pun rasa berat penyebab stres tersebut berada. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih lega dan stres akan mereda.

3 dari 5 halaman

Latihan Pernapasan untuk Hilangkan Stres

Mindful diaphragmic breathing

Latihan pernapasan untuk hilangkan stres berikutnya adalah mindful diaphragmic breathing. Caranya dengan masuk ke posisi yang nyaman, tutup mata, dan mulai perhatikan laju napas kamu.

Sebelum mulai mengubah ritme, perhatikan kecepatan dan kedalaman napas yang kamu lakukan. Apakah kamu mengambil napas dalam-dalam atau yang dangkal? Apakah kamu bernapas dengan cepat atau lambat?

Resonant breathing

Latihan pernapasan untuk hilangkan stres berikutnya adalah resonant breathing. Caranya mudah saja, tarik napas selama lima hitungan, kemudian hembuskan napas selama lima hitungan. Kamu bisa melakukan pola pernapasan ini selama beberapa menit untuk mendapatkan manfaatnya.

4 dari 5 halaman

Latihan Pernapasan untuk Hilangkan Stres

Pernapasan hidung

Pernapasan hidung merupakan jenis latihan pernapasan untuk hilangkan stres yang telah dilakukan selama ribuan tahun. Untuk melakukannya, letakkan jari kamu di atas lubang hidung sebelah kanan dan bernapaslah hanya melalui lubang hidung sebelah kiri. Saat mengembuskan napas, ganti lubang hidung dan hanya bernapas melalui kanan lubang kanan.

Pernapasan singa

Pernapasan singa merupakan latihan pernapasan untuk hilangkan stres yang juga dapat kamu coba. Caranya, duduklah dengan posisi paling nyaman, boleh bersimpuh atau bersila. Tekan telapak tangan ke lutut dengan posisi jari-jari tangan terbuka di atas lutut.

Tarik napas dalam sambil membuka mata lebar-lebar. Pada saat bersamaan, buka mulut dan julurkan lidah ke bawah seakan ingin menjilat dagu. Keluarkan napas lewat mulut sambil mengeluarkan suara ‘haa’ yang panjang.

5 dari 5 halaman

Latihan Pernapasan untuk Hilangkan Stres

Humming bee breath (bhramari)

Humming bee breath juga bisa diterapkan sebagai latihan pernapasan untuk hilangkan stres. Duduklah dalam posisi paling nyaman. Tutup kedua mata dan usahakan otot-otot wajah tetap rileks.

Lalu, letakkan telunjuk di tragus cartilage atau tulang rawan kecil di depan lubang telinga. Tarik napas. Saat menghembuskan napas lewat hidung, tekan tragus cartilage dengan jari telunjuk. Dengan bibir terkatup, buatlah suara menggumam selama mungkin saat mengeluarkan napas.

Bernapas untuk membuang stres

Latihan pernapasan untuk hilangkan stres ini juga bisa kamu terapkan di rumah. Caranya mudah saja, cari posisi yang nyaman, tutup mata, dan lakukan pernapasan diafragma.

Saat kamu menarik napas, bayangkan bahwa semua tekanan di tubuh kamu berasal dari dalam diri. Kemudian, ketika kamu mengembuskan napas, bayangkan bahwa stres ikut keluar bersama napas tersebut.