Sukses

7 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Bahan Alami dan Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu indikator menurunnya kesehatan dari rambut dan kulit kepala yaitu munculnya ketombe. Jika Anda mengalaminya mungkin saja karena kondisi rambut dan kulit kepala yang sedang tidak sehat. Maka diperlukan cara menghilangkan ketombe membandel yang tepat agar kondisi kesehatan rambut dan kulit kepala kembali seperti semula.

Ketombe bukanlah jenis penyakit yang terlalu serius. Tapi munculnya serpihan berwarna putih tersebut sering merusak penampilan dan akan menurunkan kepercayaan diri.

Terdapat beberapa faktor yang berisiko meningkatkan munculnya ketombe. Seperti, produksi berlebih minyak kulit kepala karena faktor genetik, diet atau konsumsi makanan tinggi lemak, iklim dan cuaca, stres, faktor usia, dan obat-obatan tertentu.

Jika Anda salah satu orang yang menderita rambut berketombe, jangan panik. Ada berbagai cara menghilangkan ketombe membandel yang ampuh. Berikut ini Liputan6.com melansir dari berbagai sumber bagaimana cara menghilangkan ketombe membandel tersebut, Kamis (17/9/2020).

2 dari 8 halaman

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal akan manfaatnya bagi rambut. Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Selain terkenal ampuh membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, dan menguatkan akar rambut, lidah buaya juga ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel dengan alami. Berikut ini tahapannya:

a. Haluskan daging lidah buaya.

b. Oleskan merata pada permukaan kulit kepala.

c. Pijit lembut kulit kepala.

d. Diamkan 30 menit.

e. Bilas hingga bersih.

3 dari 8 halaman

2. Minyak Kemiri

Selain digunakan sebagai penyubur rambut, minyak kemiri dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel. Berikut langkah-langkah mudahnya:

a. Aplikasikan minyak kemiri sebelum keramas.

b. Diamkan selama 30 menit.

c. Bilas hingga bersih.

4 dari 8 halaman

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat kaya kandungan vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, asam sitrat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Dengan berbagai nutrisi tersebut jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut dan membantu menebalkan rambut agar terhindar dari kebotakan. Selain menjaga kondisi rambut agar selalu sehat dan lebat, penggunaan jeruk nipis pada kulit kepala secara teratur juga berguna untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini cara menghilangkan ketombe membandel dengan jeruk nipis:

a. Peras jeruk nipis.

b. Campur air jeruk nipis dengan air bersih secukupnya.

c. Oleskan rata pada rambut.

d. Diamkan sebentar hingga meresap di kulit kepala.

e. Bilas menggunakan air bersih.

5 dari 8 halaman

4. Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya dengan menggunakan baking soda. Cara ini sangat aman dan efektif. Di bawah ini langkah mudah penggunaannya:

a. Siapkan 1/2 sdt baking soda.

b. Larutkan dengan air hingga kental.

c. Oleskan merata pada kulit kepala.

d. Biarkan beberapa saat.

e. Bilas dengan air bersih.

6 dari 8 halaman

5. Cuka

Mungkin tidak banyak yang mengatahui jika cuka bisa menjadi cara menghilangkan ketombe membandel yang efektif, mengingat cuka biasanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Cara menghilangkan ketombe membandel dengan cuka terbilang mudah, namun jangan menggunakan cuka terlalu banyak. Beikut ini cara menghilangkan ketombe membandel dengan cuka:

a. Siapkan 1 sdt cuka.

b. Oles secara merata ke seluruh kulit kepala.

c. Diamkan dahulu selama beberapa saat.

d. Bilas menggunakan air hingga bersih.

7 dari 8 halaman

6. Minyak Zaitun

Selain jenis minyak kemiri, cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun ternyata cukup ampuh dan efektif menghilangkan ketombe yang sudah cukup membandel. Cara menghilangkan ketombe membandel dengan minyak zaitun adalah sebagai berikut:

a. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala hingga merata.

b. Pijat ringan seluruh area kulit kepala supaya minyak zaitun meresap.

c. Kemudian diamkan selama 30 menit.

d. Bilas bersih menggunakan air hangat.

8 dari 8 halaman

7. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu acetogenin. Kandungan acetogenin pada daun sirsak merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di mana berfungsi untuk membunuh racun yang ada dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat). ATP tersebut merupakan energi yang dibutuhkan sel kanker agar dapat berkembang.

Dengan adanya acetogenin yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menempel di area reseptor dinding sel kemudian merusak ATP yang berada di dinding mitokondria. Tapis elain bagi kesehatan tubuh bagian dalam, daun sirsak juga ampuh membasmi parasit dan jamur. Jadi tidak heran apabila daun sirsak ampuh jika digunakan menghambat serta membasmi kutu dan ketombe. Cara penggunaannya cukup mudah, berikut tahapannya:

a. Siapkan beberapa lembar daun sirsak.

b. Tumbuk hingga halus.

c. Tambahkan air sedikit.

d. Oles merata di seluruh bagian rambut.

e. Diamkan 30 menit.

f. Bilas menggunakan air bersih.