Sukses

10 Cara Membuat Masker untuk Angkat Komedo, Ampuh dan Alami

Liputan6.com, Jakarta Komedo adalah masalah yang kerap menghantui selain jerawat. Bintik kecil hitam atau putih ini terkadang bisa sangat sulit dibersihkan. Komedo terbentuk akibat pori-pori yang tersumbat minyak dan sel kulit mati.

Jika tak segera dibersihkan, komedo bisa menyebabkan jerawat yang meradang. Komedo bisa dibersihkan dengan cara scrubbing atau menggunakan masker pengangkat komedo. Cara membuat masker untuk angkat komedo cukup sederana.

Cara membuat masker untuk angkat komedo bisa berupa masker peel of ataupun masker scrub. Kamu bisa memilih cara membuat masker untuk angkat komedo sesuai kebutuhan.

Berikut 10 cara membuat masker untuk angkat komedo, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Kamis(17/9/2020).

2 dari 6 halaman

Cara membuat masker untuk angkat komedo

Masker susu dan gelatin

Gelatin menjadi andalan untuk mengangkat komedo. Gelatin adalah protein yang berasal dari kolagen. Dengan susu yang mengandung asam laktat, masker ini bisa mengangkat komedo sekaligus mencerahkan kulit dan menjaganya tetap lembut.

Campurkan 1 sendok teh bubuk gelatin dengan 1 sendok teh susu. Masukkan susu dan gelatin ke microwave selama 5-10 detik. Jika tidak punya microwave, kamu bisa memanaskan susu terlebih dahulu, lalu mencampurnya dengan gelatin dan aduk rata.

Diamkan campuran sampai dingin. Oleskan masker di area komedo dan biarkan hingga benar-benar mengering. Kupas masker yang sudah kering dengan lembut. Lakukan seminggu sekali.

Masker putih telur dan lemon

Putih telur dipercaya dapat menyerap minyak berlebih dari kulit dan memiliki efek mengencangkan kulit. Sementara lemon mengandung asam sitrat, vitamin C dan memiliki efek astringent pada kulit. Ini membantu membersihkan kulit.

Campur 1 putih telur dengan setengah lemon yang sudah diperas dan diencerkan dengan satu sendok teh air. Oleskan campuran telur dan lemon ke seluruh wajah. Tempelkan selapis tipis kertas tisu di atasnya. Hindari area mata.

Oleskan sedikit campuran pada kertas tisu dengan kuas dan lapisi dengan tisu lainnya. Pastikan potongan kertas tisu menempel di kulit. Biarkan mengering dan kupas kertas tisu setelahnya. Bilas dengan air dingin.

Mengoleskan telur mentah pada kulit tidak selalu aman karena dapat meningkatkan risiko infeksi salmonella. Jadi pastikan untuk menggunakan telur yang dipasteurisasi agar lebih aman.

3 dari 6 halaman

Cara membuat masker untuk angkat komedo

Masker Madu dan susu

Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Campur satu sendok makan madu dan susu dalam mangkuk. Panaskan campuran di dalam microwave selama 5 detik hingga adonan menjadi kental.

Biarkan hingga dingin lalu oleskan pasta ke area berkomedo. Biarkan mengering selama setengah jam. Kupas dengan lembut dan bersihkan wajah.

Masker Oatmeal dan yogurt

Oatmeal bisa membantu mengangkat sel kulit mati termasuk komedo. Asam laktat yang ada dalam yogurt membantu membersihkan dan mencerahkan kulit.

Giling kasar 4 sendok makan oatmeal dan tambahkan dua sendok makan yogurt ke dalamnya. Biarkan selama beberapa saat. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan pijat dengan lembut di area yang memiliki komedo selama 5 menit. Biarkan mengering dan bilas hingga bersih.

4 dari 6 halaman

Cara membuat masker untuk angkat komedo

Masker gelatin dan lemon

Gelatin dapat membantu membersihkan kulit, sedangkan jus lemon memiliki efek astringent dan mencerahkan.

Campur 3 sendok makan gelatin dengan 1 mangkuk krim susu hingga larut sepenuhnya. Tambahkan jus lemon ke dalam campuran dan aduk sekali. Hangatkan dalam microwave selama 3-4 detik, aduk sekali, dan hangatkan selama 4 detik.

Biarkan dingin lalu oleskan masker secara merata di wajah. Biarkan mengering selama 30 menit lalu kelupas dengan lembut. Bilas dengan air.

Masker charcoal

Charcoal aktif dapat membantu menarik bakteri, kotoran, dan kotoran lainnya dari kulit. Campurkan satu sendok teh clay bentonit, bubuk arang aktif, dan air. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan hingga kering. Cuci bersih dengan air hangat.

Jangan gunakan masker ini lebih dari sekali seminggu. Penggunaan arang yang berlebihan dapat merusak pelindung alami kulit.

5 dari 6 halaman

Cara membuat masker untuk angkat komedo

Makser madu dan kayu manis

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi untuk kulit. Bersama dengan madu, masker ini membantu melawan komedo dan mencegah jerawat.

Campur setengah sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok makan madu. Oleskan campuran pada zona-T dan dagu dan biarkan selama 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat.

Masker kunyit

Kunyit menawarkan manfaat terapeutik saat dioleskan ke kulit. Kunyit dapat mengatasi dan mencegah jerawat. Campur satu sendok makan yogurt, setengah sendok teh kunyit, dan 2-3 tetes minyak cendana murni. eskan campuran tersebut ke area berkomedo dan biarkan mengering. Bilas dengan air setelahnya.

6 dari 6 halaman

Cara membuat masker untuk angkat komedo

Masker tanah liat

Masker tanah liat atau clay mask banyak digunakan untuk mengangkat komedo. Tanah liat bentonit sering digunakan sebagai agen pembersih kulit dan dikenal karena sifat penyembuhan kulitnya. Ini dapat menjaga kebersihan kulit dan menghilangkan kotoran, sehingga mencegah timbulnya komedo.

Campur 2-3 sendok makan tanah liat bentonit dengan air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ke wajah dan biarkan mengering. Bilas hingga bersih.

Masker teh hijau dan gelatin

Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan kulit. Bersama lidah buaya dan gelatin, masker wajah ini bisa membantu mengangkat komedo.

Campur 1 sendok makan bubuk gelatin, 2 sendok makan jus lidah buaya, dan 1 sendok makan teh hijau yang baru diseduh. Panaskan campuran dalam microwave selama 10 detik. Keluarkan, aduk kembali, dan biarkan dingin. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan mengering. Kupas setelah mengering dan bilas dengan air.