Sukses

Pria Ini Lilitkan Ular untuk Dijadikan Masker, Aksinya Bikin Geleng Kepala

Liputan6.com, Jakarta Pandemi global yang tengah merebak di sejumlah negara saat ini berdampak terhadap kehidupan sebagian besar orang. Masyarakat di sejumlah negara harus mengikuti berbagai protokol kesehatan demi meminimalisir penyebaran virus Corona Covid-19.

Seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan, tidak membuat keramaian hingga mengenakan masker. Namun tidak semua orang mau mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan karena berbagai sebab. Ada pula orang yang menggunakan caranya sendiri untuk melindungi diri dari virus. Seperti berkreasi membuat masker sendiri.

Berbeda halnya dengan seorang pria di Salford, Inggris ini. Jika pada umumnya orang-orang mengunakan masker untuk melindungi diri dari virus, pria yang tidak diketahui namanya itu justru punya caranya sendiri. Ia menggunakan seekor ular besar yang tergantung di lehernya, sebagai penutup wajah atau masker saat menaiki bus ke Manchester.  

Apa yang dilakukan oleh pria itu membuat penumpang lainnya terkejut dan menatap keheranan. Hal itu karena saat ini masyarakat Inggris wajib mengenakan masker pada transportasi umum, namun pria itu seakan mengolok-olok hal tersebut dengan membawa ular. Reptil itu kemudian melilitkan dirinya di sekitar pegangan tangan seakan memberi pertunjukan kepada penumpang bus tersebut.

2 dari 2 halaman

Mendapat Kecaman

Salah seorang penumpang, mengatakan ia awalnya mengira pria itu mengenakan sebuah topeng sebelum menyadari ular itu merayap di atas rel tangan. Ia mengatakan dirinya menyaksikan kejadian itu dan terlihat sangat lucu. Ia juga mengatakan bahwa hewan tersebut tampaknya tidak mengganggu penumpang lainnya.

"Awalnya kupikir dia memakai topeng yang sangat funky, lalu dia membiarkannya merangkak di sekitar rel tangan. Tidak ada yang benar-benar terganggu di dalam bus tetapi seorang pria di belakang merekam video. Itu benar-benar menghibur," kata penumpang yang tidak mau disebutkan namanya itu, seperti ikutip oleh Liputan6.cpm dari Daily Mail, Kamis (17/9/2020).

Aksi pria yang membawa ular tersebut mendapat kecaman dari otoritas setempat. Hal tersebut karena pihak terkait bersikeras bahwa ular bukanlah pengganti masker. Sementara foto kejadian tersebut mengonfirmasi pria itu tidak mengenakan masker di balik ular besar yang dibawanya.

Saat ini penumpang transportasi umum di Inggris diwajibkan mengenakan masker, kecuali bagi yang dibebaskan karena alasan usia, kesehatan atau kelainan fisik. Juru bicara Transport for Greater Manchester mengatakan, panduan pemerintah dengan jelas menyatakan bahwa tidak harus menggunakan masker bedah, dan penumpang dapat membuat sendiri atau memakai sesuatu yang cocok, seperti syal atau bandana.

Namun pihak terkait tidak menyangka akan ada penafsiran yang lebih meluas hingga ada yang menggunakan hewan sebagai masker. Apalagi sampai menggunakan ular yang masih hidup di dalam transportasi umum.