Sukses

Makna Wawasan Nusantara bagi Bangsa Indonesia, Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia penting diketahui setiap warga negaranya. Wawasan merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah NKRI. Sudah selayaknya sebagai warga negara yang baik mengenali makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia.

Makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia begitu penting bagi kelangsungan hidup negara. Dengan mempelajari makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia, akan tumbuh jiwa nasionalisme pada setiap warga Indonesia.

Makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia mengandung arti cara pandang dan pengetahuan. Makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia dikaitkan dengan dasar ideologi dan konstitusional.

Berikut ulasan mengenai makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/9/2020).

2 dari 7 halaman

Makna Wawasan Nusantara

Menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN)

Menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menurut Ketetapan MPR tahun 1999

Dalam dokumen ketetapan MPR tahun 1999 mengenai wawasan nusantara, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

3 dari 7 halaman

Makna Wawasan Nusantara

Menurut LEMHANAS

Menurut kelompok kerja LEMHANAS atau Lembaga Pertahanan Nasiona pada tahun 1999, pengertian wawasan nusantara yaitu suatu cara pandang serta sikap bangsa indonesia mengenai diri serta lingkungan yang beragam serta bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan serta juga kesatuan bangsa dan juga kesatuan wilayah di dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara untuk dapat mencapai tujuan nasional.

Menurut W. Usman

Makna wawasan nusantara menurut W. Usman adalah sebagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Dari beberapa versi mengenai wawasan nusantara di atas, sebenarnya bisa diambil benang merahnya, yaitu wawasan nusantara menjadi cara pandang tentang Indonesia yang beragam dengan orientasi mempertahankan kesatuan untuk tujuan nasional.

4 dari 7 halaman

Fungsi wawasan nusantara

- Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional, yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.

- Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

- Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.

- Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan, sehingga berfungsi dalam pembatasan negara, agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.

5 dari 7 halaman

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara atau nasional. Arti tersebut secara luas yaitu sebagai sebuah cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

Setiap warga negara dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh serta menyeluruh, semata-mata demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Hal tersebut juga mencakup produk yang dihasilkan oleh lembaga negara yang wajib untuk selalu berada dalam lingkup dan juga demi kepentingan bangsa Indonesia. Serta, yang terpenting tanpa mengesampingkan kepentingan daerah, golongan dan individu.

Itulah mengapa, hakikat wawasan nusantara ini ialah keutuhan serta kesatuan wilayah nasional, atau persatuan bangsa serta wilayah. Di dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) disebutkan juga apabila hakikat dari wawasan nusantara diwujudkan dengan pernyataan, bahwa kepulauan nusantara ialah sebagai satu kesatuan ekonomi, politik, sosial budaya, serta pertahanan keamanan.

6 dari 7 halaman

Kedudukan Wawasan Nusantara

Kedudukan makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia menjadi sangat penting dalam mewujudkan tujuan nasional. Wawasan nusantara menjadi sebuah wawasan nasional bagi bangsa Indonesia, dan merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia supaya tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita serta tujuan nasional.

Adanya kedudukan wawasan nusantara menjadi landasan visional untuk menyelenggarakan kehidupan nasional dalam berbangsa dan bernegara.

7 dari 7 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan Wawasan Nusantara Nasional

Tujuan nasional dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945 tersebut dijelaskan tujuan kemerdekaan Indonesia ialah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tujuan Wawasan Nusantara Keluar

Tujuan wawasan nusantara Indonesia keluar adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang makin mendunia maupun kehidupan dalam negeri. Kemudian turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, serta kerja sama dan sikap saling hormat menghormati.

Artinya, bangsa Indonesia harus terus-menerus mengamankan dan menjaga kepentingan nasionalnya dalam kehidupan internasionalnya dalam semua aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai tertera dalam UUD 1945.

Tujuan Wawasan Nusantara ke Dalam

Tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintregasi bangsa dan terus-menerus mengupayakan dan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan.