Sukses

14 Cara Meninggikan Badan dengan Cepat, Ubah Gaya Hidup

Maksimalkan tinggi badan selama masa pertumbuhan.

Liputan6.com, Jakarta Cara meninggikan badan dengan cepat bisa dilakukan selama masa pertumbuhan. Sejumlah faktor bisa memengaruhi tinggi badan secara keseluruhan. Memiliki tinggi badan yang ideal adalah harapan semua orang.

60 sampai 80 persen tinggi badan dipengaruhi oleh genetik. Sementara sisanya dipengaruhi oleh lingkungan seperti nutrisi dan olahraga. Faktor lingkungan inilah yang bisa membantu dalam cara meninggikan badan dengan cepat.

Seseorang bisa bertambah tinggi antara usia 1 tahun hingga pubertas. Seeorang biasanya berhenti tumbuh lebih tinggi setelah melewati masa pubertas. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara meninggikan badan dengan cepat selama masa pertumbuhan.

Cara meninggikan badan dengan cepat ini meliputi pengaturan pola makan, olahraga, serta menerapkan postur tubuh yang sehat. Cara meninggikan badan dengan cepat ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara meninggikan badan dengan cepat ini juga bisa memaksimalkan potensi pertumbuhan setelah dewasa. Berikut cara meninggikan badan dengan cepat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara meninggikan badan dengan cepat

Pola makan sehat

Selama masa pertumbuhan, sangat krusial untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pola makan seimbang harus diterapkan untuk memaksimalkan pertumbuhan. Pola makan seimbang terdiri dari susu, telur, sayuran hijau, oatmeal, di mana vitamin, karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah yang memadai.

Konsumsi vitamin D

Vitamin D juga meningkatkan kesehatan tulang. Sumber vitamin D yang umum termasuk tuna, susu yang diperkaya, dan kuning telur. Vitamin D juga bisa ditemukan dari sinar matahari.

3 dari 7 halaman

Cara meninggikan badan dengan cepat

Tidur cukup

Kurang tidur bisa memengaruhi tinggi badan dalam jangka panjang. HGH, hormon pertumbuhan, biasanya dikeluarkan selama tidur. Tubuh tidak dapat tumbuh dengan baik tanpa istirahat yang cukup.

Peregangan

Peregangan adalah aktivitas sederhana dan memiliki dampak besar pada pertumbuhan. Peregangan akan membantu pemanjangan tulang belakang dan perbaikan postur.

Latihan ini dapat dilakukan dengan mudah seperti menyentuh jari kaki sambil berdiri dan menjaga punggung lurus. Ini adalah latihan yang bermanfaat karena membantu meregangkan tulang punggung dan memperbaiki postur tubuh.

Latihan gantung juga efektif untuk memperpanjang dan meluruskan tulang punggung. Selain itu, aktivitas seperti pull up, push up dan chin up dapat membuat otot punggung dan lengan menjadi lebih kuat.

4 dari 7 halaman

Cara meninggikan badan dengan cepat

Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu bentuk olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah menambah tinggi badan secara alami. Caranya ketika bersepeda, atur ketinggian kursi sepeda dan biarkan jemari kaki yang bersentuhan dengan pedal sepeda. Ini akan menarik tulang-tulang untuk tetap tumbuh.

Berenang

Berenang dipercaya sebagai cara meninggikan badan dengan cepat secara alami. Hal ini dikarenakan berenang melatih semua otot-otot tubuh sehingga membantu pertumbuhan tinggi. Dengan berenang, hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk terus berproduksi. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk hasil maksimal.

Basket

Saat main basket, tubuh akan banyak berlari dan loncat melawan gaya gravitasi. Akibatnya otot belakang dan tulang belakang menjadi regang secara maksimal.

5 dari 7 halaman

Cara meninggikan badan dengan cepat

Lompat tali

Lompat tali dapat membantu memaksimalkan tubuh agar program meninggikan badan menjadi lebih efektif. Dari gerakan lompat tali, otot kaki akan terstimulasi sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Lakukan setiap hari selama 15 menit.

Menerapkan postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang buruk dapat membuatmu terlihat lebih pendek dari yang sebenarnya. Dan seiring waktu, membungkuk juga dapat memengaruhi tinggi badan yang sebenarnya.

Memperhatikan cara berdiri, duduk, dan tidur adalah kuncinya. Kamu juga bisa melakukan latihan yang dirancang untuk meningkatkan postur tubuh seiring waktu.

6 dari 7 halaman

Cara meninggikan badan dengan cepat

Yoga

Yoga dapat memperkuat otot, menyelaraskan tubuh, dan membantu postur tubuh. Yoga dapat membuat tubuh berdiri lebih tinggi. Beberapa pose populer untuk memperbaiki postur tubuh meliputi pose gunung, pose kobra, pose anak, dan pose warrior II.

Konsumsi kalsium

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Susu dikenal memiliki kalsium yang tinggi juga proteinnya. Kalsium bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tulang pada anak dan juga mampu membantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Makanan lain yang mengandung kalsium seperti biji-bijian, salmon, sarden, keju, yogurt,almond, kacang dan lentil.

7 dari 7 halaman

Cara meninggikan badan dengan cepat

Hindari Faktor Penghambat Pertumbuhan

Mengonsumsi obat-obatan dan alkohol dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Hindari kecanduan ini sejak usia muda. Kelebihan kafein dan merokok mengganggu tumbuh kembang. Jadi, sangat disarankan untuk membuat anak-anak menjauhi kebiasaan buruk tersebut untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang tepat.

Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas bisa berdampak buruk pada pertumbuhan tinggi bada Oleh karena itu, untuk mendapatkan tinggi badan yang baik, sangat penting untuk menjaga berat badan ideal dengan melakukan diet seimbang dan olahraga teratur.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Untuk memastikan tinggi badan yang baik, penting untuk menjaga agar sistem kekebalan tetap fit. Penyakit dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan vitamin C dan istirahat yang cukup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini