Sukses

9 Obat Radang Tenggorokan Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Radang tenggorokan merupakan kondisi peradangan tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan alergi. Penderitanya akan mengalami rasa sakit luar biasa di tenggorokan dan kesulitan menelan. Maka dari itu, penting mengetahui obat radang tenggorokan alami untuk bisa meredakannya di rumah.

Radang tenggorokan di mata masyarakat memang terlihat cukup sepele. Padahal penyakit tenggorokan ini bisa menular dan menyebabkan komplikasi berbahaya. Mulai dari infeksi telinga, radang ginjal, demam rheumatik, sinusitis, dan streptokokus toxic shock syndrome.

Nah, agar penyakit ini tak menular secara masif, obat radang tenggorokan alami bisa dijadikan solusi. Obat ini terbilang sangat aman dan mudah ditemukan karena hanya gunakan bahan alami. Bahan ini memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antiinflamasi, sehingga sangat cocok dipakai sebagai obat radang tenggorokan alami.

Berikut Liputan6.com ulas obat radang tenggorokan alami dari berbagai sumber, Jumat (18/9/2020).

2 dari 7 halaman

Obat Radang Tenggorokan Alami

Air Garam

Air garam bisa dipakai sebagai obat radang tenggorokan alami. Cara menerapkannya juga cukup mudah. Hanya perlu berkumur menggunakan air garam.

Pada larutan air garam yang hangat ini akan mengencerkan dahak. Begitu juga mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel pada tenggorokan.

Menurut sebuah penelitian, berkumur dengan menggunakan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan. Cara membuatnya, siapkan setengah gelas air hangat.

Lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

Madu

Madu yang dicampur dengan air hangat bisa dipakai sebagai obat radang tenggorokan alami. Cara ini terbilang sangat aman dan mudah dipraktikkan.

Menurut sebuah penelitian, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan. Mampu membantu menekan batuk, terutama yang terjadi saat malam hari.

Cara meracik ramuan ini sama seperti membuat air garam. Namun, saat menggunakan madu sebagai bahan campuran, pastikan untuk menggunakan madu alami yang dimana tidak menggunakan pemanis buatan di dalamnya.

3 dari 7 halaman

Obat Radang Tenggorokan Alami

Lemon

Tak hanya menggunakan madu dan air. Madu dan lemon bisa padukan sebagai obat radang tenggorokan alami. Kedua bahan ini bisa membantu meredakan radang tenggorokan karena sifat asamnya.

Sifat asam dalam lemon dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan. Begitu juga menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Sementara sifat antibakterinya sangat baik untuk melapisi tenggorokan.

Teh

Teh termasuk obat radang tenggorokan alami yang jarang diketahui. Mengonsumsi teh saat sedang radang tenggorokan bisa mengurangi dan meredakan rasa nyerinya.

Terdapat beberapa teh herbal yang bisa digunakan. Misalnya saja teh hijau dan peppermint. Keduanya memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Sifat ini dipercaya dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Untuk alternatifnya, bisa memilih teh chamomile. Teh ini dapat mengurangi serak. Sementara sifat pelumasnya dapat membantu mengatasi kesulitan menelan.

4 dari 7 halaman

Obat Radang Tenggorokan Alami

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri alami karena kandungan allicin. Allicin ini disebut senyawa organosulfer yang dikenal mampu melawan infeksi.

Obat radang tenggorokan alami inipun sangat mudah ditemukan. Hanya perlu mengonsumsi bawang putih secara mentah. Bisa juga dengan menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan.

Air Putih

Perbanyak air putih juga bisa membantu meringankan kondisi radang tenggorokan. Obat radang tenggorokan alami ini sangat sering disepelekan. Padahal sangat ampuh atasi radang tenggorokan.

Minum setidaknya dua liter air putih per hari untuk membantu meredakan keluhan radang tenggorokan. Pastikan tubuh tidak dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi akan membuat tenggorokan semakin kering dan memperberat peradangan.

Cuka Apel

Cuka apel tak hanya baik untuk kecantikan. Cuka apel ini bisa dipakai sebagai obat radang tenggorokan alami. Hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan garam.

Garam memiliki sifat mengikat air. Sehingga saat berkumur menggunakan garam, sifat garam yang mengikat cairan sekaligus bakteri. Jadi memang cuka apel dan garam ini ampuh mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Berikut cara mengatasi sakit tenggorokan dengan mencampurkan suka apel dan garam. Campurkan cuka apel dan garam ke dalam air hangat. Selain diminum, campuran cuka apel dan garam dapat dijadikan sebagai kumur.

5 dari 7 halaman

Obat Radang Tenggorokan Alami

Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang cocok untuk diminum saat radang tenggorokan. Obat radang tenggorokan alami ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteria. Tak heran jika jahe dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan.

Satu studi menemukan bahwa ketika ekstrak jahe diaplikasikan pada tenggorokan dari orang-orang dengan infeksi saluran pernapasan karena bakteri, itu membantu membunuh beberapa bakteri yang ada pada tenggorokan.

Untuk bisa merasakan manfaatnya, rebuslah jahe. Rebus jahe dengan ditambahkan madu atau gula untuk perasa agar jahe terasa enak. Konsumsi dalam keadaan hangat dan rutin.

Kayu Manis

Kayu manis adalah obat tradisional untuk pilek dan flu. Kayu manis pun biasa digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. obat radang tenggorokan alami ini kerap dipakai di China.

Kayu manis kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk membunuh bakteri dalam tenggorokan. Bisa gunakan kayu manis bubuk atau yang utuh. Rebus air atau susu untuk ditambahkan dengan bubuk kayu manis dan satu sendok madu. Konsumsi secara rutin untuk hasil maksimalnya.

6 dari 7 halaman

Diagnosis dan Pencegahan Radang Tenggorokan

Diagnosis

1. Amandel yang membesar.

2. Selaput lendir yang melapisi tenggorokan mengalami peradangan (bisa ringan ataupun berat), dan tertutup oleh selaput yang berwarna keputihan atau mengeluarkan nanah.

3. Demam, bisa juga tanpa demam.

4. Pembesaran kelenjar getah bening di leher.

5. Pada infeksi akibat bakteri, jumlah sel darah putih akan meningkat.

6. Sedangkan pada infeksi akibat virus, jumlah sel darah putih biasanya normal atau sedikit meningkat.

7. Pemeriksaan terhadap apus tenggorokan. Pada infeksi akibat bakteri, dalam pemeriksaan apus ini akan tumbuh koloni bakteri pada biakan di laboratorium.

8. Untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau bakteri, dokter akan menganjurkan pemeriksaan darah untuk melihat adakah peradangan akibat meningkatnya jumlah sel darah putih

Pencegahan

1. Biasakan mencuci tangan. Terutama setelah menggunakan toilet, setelah bersin atau batuk, sebelum makan, dll.

2. Hindari mengonsumsi makanan maupun menggunakan peralatan makan secara bersama-sama.

3. Gunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol, bila kondisi Anda tidak memungkinkan untuk mencuci tangan.

4. Bersihkan telepon, TV, dan keyboard komputer secara teratur dengan menggunakan antiseptik.

7 dari 7 halaman

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab utama radang tenggorokan adalah berasal dari virus dan bakteri Streptococcus atau tonsillitis yang menyebabkan pilek serta flu yang kemudian baru menimbulkan rasa radang pada tenggorokan.

Selain virus dan bakteri, penyebab radang tenggorokan bisa disebabkan melalui:

1. Adanya alergi yang dimiliki

2. Udara yang pengap dan panas

3. Polusi udara yang membuat iritasi pada tenggorokan atau berasal dari bahan kimia

4. Otot pada tenggrokan menegang

5. Infeksi HIV

6. Adanya penyakit GERD atau gastroesophageal reflux

7. Tumor

Kemungkinan radang tenggorokan menyerang pada seseorang dilator belakangi oleh banyak hal. Radang tenggorokan bisa menyerang pada siapa saja namun umumnya pada anak-anak dan remaja. Asap rokok juga mampu memengaruhi seseorang mengalami radang tenggorokan serta imun kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu beberapa makanan dapat menyebabkan munculnya radang tenggorokan seperti:

1. Makanan pedas yang berlebihan dapat memicu infeksi pada tenggorokan seperti sambal, cabai, cengkeh, lada hitam, pala dan rempah yang memiliki rasa pedas.

2. Makanan yang terlalu asam karena dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan.

3. Makanan yang kering dan keras seperti biskuit, kacang, sereal bahkan sayuran mentah.

4. Makanan berminyak seperti gorengan.

5. Kafein dan alkohol.

6. Susu dan olahannya dapat meningkatkan lendir di dalam tubuh yang memicu rasa gatal pada tenggorokan sehingga dapat menimbulkan radang.