Sukses

12 Makanan Bebas Gluten, Aman untuk Penderita Celiac

Liputan6.com, Jakarta Gluten merupakan jenis protein yang bisa ditemukan dalam beberapa jenis makanan. Adanya gluten dapat membantu bentuk fisik dari makanan, seperti memberikan tekstur yang kenyal dan elastis. Tidak heran jika dalam beberapa jenis roti dan mi wajib menggunakan tepung dengan kandungan gluten tinggi.

Mungkin bagi beberapa orang, mengonsumsi gluten tidak akan menimbulkan masalah. Namun, bagi mereka yang menderita celiac atau sensitif terhadap gluten, maka wajib untuk mengonsumsi makanan bebas gluten agar terhindar dari risiko penyakit.

Membahas mengenai penyakit celiac, sebenarnya merupakan jenis penyakit autoimun. Di mana sistem kekebalan tubuh penderita celiac akan merespon gluten sebagai ancaman bagi tubuh. Kemudian, di saat penderita celiac mengonsumsi gluten, maka lapisan dinding usus kecil akan diserang sehingga tubuh tidak akan menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

Biasanya, salah satu efek samping yang cukup umum muncul pada penderita penyakit celiac seperti perut kembung, diare, berat badan turun, pertumbuhan terhambat bagi anak-anak, dan juga menjadi sering merasa lelah. Itulah mengapa, penting bagi para penderita celiac untuk mengonsumsi makanan bebas gluten.

Lalu, seperti apa jenis makanan bebas gluten yang bisa dikonsumsi oleh penderita celiac tersebut? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja jenis makanan bebas gluten yang aman dan sebenarnya mudah untuk ditemukan. Berikut penjelasannya, Jumat (18/9/2020).

2 dari 5 halaman

Makanan Bebas Gluten

1. Beras

Beras adalah salah satu jenis makanan bebas gluten yang bisa dikonsumsi para penderita celiac. Hampir semua jenis beras seperti beras merah, beras putih, beras cokelat, dan beras liar, aman dikonsumsi penderita celiac.

Selain beras tersebut, jenis beras ketan juga bebas gluten. Meski sifatnya lengket, namun sifat tersebut bukan berasal dari protein gluten yang biasa terdapat dalam gandum. Sebab, beras merupakan salah satu biji-bijian. Bahkan karena beras adalah salah satu makanan bebas gluten, banyak jenis makanan kemasan bebas gluten berasal dari beras.

2. Kentang

Selain beras, jenis makanan bebas gluten yang satu ini juga mudah ditemukan di Indonesia. Selain jenis kentang utuh, produk olahan seperti tepung kentang juga bisa menjadi alternatif bebas gluten yang aman dikonsumsi penderita celiac. Biasanya jenis tepung kentang sering digunakan untuk mengentalkan saus dan sering digunakan untuk menambah kelembapan pada makanan yang dimasak.

3. Jagung

Makanan bebas gluten yang satu ini juga mudah ditemukan. Selain aman dikonsumsi penderita celiac, jagung merupakan salah satu makanan bebas gluten yang memiliki harga relatif murah dan rasanya cukup nikmat. Selain itu, jagung juga sangat mudah diolah untuk menjadi berbagai jenis masakan.

3 dari 5 halaman

Makanan Bebas Gluten yang Mudah Ditemukan

4. Ubi jalar

Selain beberapa makanan bebas gluten di atas, ubi yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan cocok untuk diet ini, juga aman untuk dikonsumsi para penderita intoleransi gluten. Selain bebas gluten, ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin A, serat, dan jumlah potasium yang baik bagi kesehatan.

5. Susu

Hampir semua jenis susu sapi pada dasarnya bebas gluten. Sayangnya, di dalam beberapa produk susu terdapat kandungan gluten yang berasal dari perasa atau bahan lainnya. Maka dari itu, pastikan jika ingin membeli produk susu di toko, selalu membaca label agar mengetahui kandungan yang ada di dalam produk susu tersebut.

Sebab, ada beberapa jenis susu seperti susu malt, di mana susu tersebut memiliki kandungan gluten yang cukup tinggi. Adanya kata “malt” pada susu tersebut mengindikasikan jika susu sudah diberi campuran gandum di dalamnya. Padahal gandum adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gluten cukup tinggi.

6. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang baik untuk penceranaan. Selain itu, yogurt juga merupakan salah satu jenis produk yang bebas gluten. Dengan mengonsumsi yogurt secara teratur, selain menjaga penceranaan juga bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, seperti protein, vitamin, dan mineral.

4 dari 5 halaman

Makanan Bebas Gluten Selanjutnya

7. Keju cheddar

Jenis makanan bebas gluten ini merupakan salah satu produk olahan susu. Keju cheddar memang secara alami sudah terbebas dari gluten. Keju cheddar juga merupakan salah satu jenis makanan yang cukup rendah karbohidrat, sehingga makanan bebas gluten ini juga baik bagi mereka yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat namun tinggi protein.

8. Kacang pistachio

Salah satu jeni kacang ini selain bebas dari gluten juga rendah akan kandungan lemak dan kalori. kacang pistachio juga kaya akan kandungan protein dan serat, yang tentunya sangat baik bagi tubuh serta pencernaan.

9. Quinoa

Quinoa juga merupakan salah satu jenis makanan bebas gluten yang bagus untuk dikonsumsi. Salah satu jenis biji-bijian ini sangat padat akan kandungan nutrisi yang bisa memberikan jumlah antioksidan tinggi jika dibandingkan dengan biji-bijian lain yang biasa dikonsumsi dalam diet bebas gluten.

Kacang quinoa juga mengandung sembilan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kacang quinoa mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin E, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, dan juga serat.

5 dari 5 halaman

Makanan Bebas Gluten yang Terakhir

10. Jamur

Makanan bebas gluten selanjutnya yaitu jamur. Makanan ini juga jadi alternatif yang sangat baik bagi penderita celiac atau alergi gluten. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan serat yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

11. Daging

Daging segar seperti daging sapi, ungags, kelinci, domba, serta berbagai jenis seafood, merupakan makanan bebas gluten. Maka dari itu para penderita celiaca atau alergi gluten bisa mengonsumsi jenis makanan ini. Namun pastikan jika campuran bumbu dan saus yang digunakan tidak terdapat kandungan gluten.

12. Kedelai

Kemudian, makanan bebas gluten yang terakhir yaitu kedelai. Ada berbagai produk makanan yang berasal dari kedelai seperti jenis tahu atau tempe. Bahkan, di Eropa jenis makanan yang berbahan kedelai kerap digunakan sebagai salah satu makanan pokok bagi penderita celiac.