Sukses

10 Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan, Efektif Membakar Kalori

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam jenis olahraga bela diri untuk menurunkan berat badan. Selain baik untuk menurunkan berat badan, apabila Anda melakukan olahraga bela diri juga baik untuk meningkatkan disiplin, stabilitas mental, serta kepercayaan diri.

Bahkan, selain efektifnya olahraga bela diri untuk turunkan berat badan, Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lain yang bisa menunjang kemampuan fisik. Hal ini karena bela diri akan meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, koordinasi, serta keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Lalu, mengapa olahraga bela diri dapat menurunkan berat badan? Sebab, salah satu jenis olahraga ini memang membutuhkan energi lebih untuk melakukan sebuah gerakan. Tentunya penggunaan energi lebih tersebut juga membutuhkan kalori yang sangat banyak.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, Anda juga berpotensi untuk membakar sekitar 300-400 kalori setiap kali latihan selama 30 menit. Tentunya besar kecilnya pembakaran kalori tersebut tetap bergantung dengan jenis bela diri serta intensitas yang dilakukan.

Nah, untuk membahas lebih dalam lagi apa saja jenis olahraga bela diri untuk turunkan berat badan tersebut, di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari Klikdokter apa saja jenis olahraga bela diri untuk turunkan berat badan tersebut, Jumat (18/9/2020).

2 dari 6 halaman

Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan yang Pertama

1. Boxing (Tinju)

Mungkin jenis olahraga bela diri untuk turunkan berat badan ini sudah cukup populer di seluruh kalangan. Dalam praktiknya, tinju membutuhkan banyak gerakan yang lebih terfokus pada pukulan dan gerakan menghindar. Saat menghindar membutuhkan bantuan dari banyak otot di bagian perut dan kaki.

Berbagai gerakan-gerakan tinju yang ada di dalam tinju tersebut, apabila dilakukan dalam waktu satu jam akan mampu membakar sekitar 600-800 kalori. Hal tersebut tentunya sangat baik bagi Anda yang memang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Selain itu, gerakan dalam tinju juga relatif mudah untuk dipahami dan dipraktikkan.

 

2. Gulat

Selain tinjua, gulat juga cukup mampu membakar kalori di tubuh. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard Medical School menyatakan, bahwa jumlah kalori yang dibakar ketika melakukan gulat bisa berbeda pada setiap orang. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari rincian berikut ini:

- Pegulat dengan berat badan 56,6 kg akan membakar 180 kalori dalam 30 menit.

- Pegulat dengan berat badan 70 kg akan membakar 223 kalori dalam 30 menit.

- Pegulat dengan berat badan 84 kg akan membakar 266 kalori dalam 30 menit.

3 dari 6 halaman

Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan yang Selanjutnya

3. Judo

Sebenarnya olahraga bela diri judo dibuat dengan tujuan pertahanan diri. Gerakan yang dilakukan dalam bela diri judo tidak banyak melakukan kombinasi tendangan dan pukulan. Namun, dengan rutin melakukan judo maka akan berguna untuk membakar sekitar 820 kalori per jam.

 

4. Tai Chi

Tai chi sebenarnya tidak terlalu banyak digunakan untuk melakukan pertarungan. Sebab salah satu jenis olahraga bela diri ini cenderung dilakukan untuk membantu meredakan stres. Tapi, apabila rutin berlatih tai chi, maka bukan tidak mungkin akan membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah studi juga menemukan bahwa orang dewasa yang berlatih tai chi lima kali seminggu selama 45 menit dapat mengalami penurunan berat badan hingga 2 kg pada bulan keempat tanpa adanya perubahan pola hidup lainnya.

4 dari 6 halaman

Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan yang Tidak Kalah Efektif

 

5. Muay Thai

Olahraga bela diri untuk turunkan berat badan ini dikenal berasal dari Thailand. Bela diri ini melibatkan pukulan, sikut, tendangan, dan bantingan. Selain ampuh membakar kalori, bela diri ini juga sangat ampuh menghancurkan lemak yang membandel di area perut dan paha. Menjalankan satu jam sesi latihan muay Thai, kalori yang terbakar dapat mencapai 650-750 kalori.

 

6. Brazilian Jiu-Jitsu

Brazilian jiu-jitsu sendiri merupakan jenis olahraga bela diri untuk turunkan berat badan yang banyak membutuhkan gerakan seluruh tubuh dengan kombinsi pukulan, tendangan, dan melempar. Berlatih Brazilian jiu-jitsu selama satu jam, dapat membakar hingga 470-670 kalori.

5 dari 6 halaman

Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan yang Cukup Populer

7. Karate

Karate sangat berguna untuk membantu memperkuat otot lengan dan koordinasi. Berbagai gerakan yang perlu dilakukan dalam karate, membutuhkan banyak gerakan tubuh bagian atas. Hal ini akan sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Bahkan dalam satu jam latihan karate dapat membakar sekitar 300-900 kalori.

 

8. Taekwondo

Selain karate, taekwondo juga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Taekwondo juga dijadikan cabang olahraga di Olimpiade (ajang olahraga internasional yang diadakan setiap empat tahun). Maka dari itu, apabila Anda suka berkompetisi, tidak ada salahnya untuk mencoba berlatih taekwondo. Kalori yang dibakar dari olahraga bela diri untuk turunkan berat badan ini sekitar 752 kalori per jam.

6 dari 6 halaman

Olahraga Bela Diri untuk Turunkan Berat Badan yang Terakhir

9. Capoeira

Jenis olahraga bela diri untuk turunkan berat badan ini memaksa hampir seluruh tubuh bergerak. Itulah mengapa capoeira menjadi pilihan tepat jika sedang menjalani program penurunan berat badan. Sayangnya, gerakan yang ada di capoeira cukup sulit dilakukan dan perlu latihan dengan waktu cukup lama.

Sebab capoeira merupakan kombinasi bela diri dan tarian. Jadi tidak heran jika gerakan yang dilakukan meliputi gerakan dengan respon cepat, akrobat, menyerang, bahkan membanting. Melakukan latihan capoeira selama satu jam diperkirakan mampu membakar hingga 500 kalori.

 

10. Mixed Martial Arts (MMA)

MMA sendiri merupakan jenis olahraga bela diri yang melibatkan pukulan, tendangan, kuncian, serta bantingan. Jenis olahraga bela diri untuk turunkan berat badan ini memang merupakan bela diri yang mengkombinasikan berbagai aliran bela diri, seperti karate, tinju, taekwondo, kung fu, muay Thai, dan juga silat.

Bela diri MMA sangat membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa karena latihan yang harus dilakukan juga cukup banyak dan berat. Jadi tidak heran apabila jumlah kalori yang terbakar dalam satu jam sesi latihan MMA dapat mencapai sekitar 900-1000 kalori.