Sukses

7 Cara Memilih Sikat Gigi untuk Anak, Melatih Kebiasaan Baik Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Mungkin masih banyak dari Anda yang menganggap cara memilih sikat gigi untuk anak adalah hal yang mudah. Padahal, ada beberapa cara memilih sikat gigi untuk anak yang perlu diperhatikan, agar anak senantiasa mau dan jadi gemar untuk sikat gigi dengan rajin. Mengingat sikat gigi merupakan salah satu kebiasaan sehat yang sangat enggan dilakukan anak-anak.

Itulah mengapa, untuk membentuk kebiasaan sikat gigi yang rutin pada anak, perlu menggunakan beberapa trik salah satunya dengan memberi sikat gigi yang menarik perhatiannya. Tapi, selain untuk menarik perhatian, cara memilih sikat gigi untuk anak yang tepat diperlukan agar kondisi gigi mereka selalu sehat tanpa melukai bagian gusi maupun sekitar mulut.

Dengan selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi, maka dengan menjalankan kebiasaan baik ini secara berkelanjutan, anak akan semakin kecil risikonya terhindar dari berbagai penyakit mulut, seperti radang gusi, gigi berlubang, gigi sensitif, karies gigi, dan lain sebagainya.

Nah, untuk membahas lebih dalam bagaimana cara memilih sikat gigi untuk anak yang tepat, maka di bawah ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber beberapa cara memilih sikat gigi untuk anak agar kebiasaan membersihkan gigi bisa rutin dilakukan sejak dini, Sabtu (19/9/2020).

2 dari 8 halaman

1. Pilih Sikat Gigi dengan Kepala Sikat Kecil

Biasanya, jenis sikat gigi anak akan dibedakan berdasar usianya, yaitu 7-11 bulan, 11-24 bulan, dan untuk usia 24 bulan ke atas. Namun cara memilih sikat gigi untuk anak untuk usia 7-24 bulan, dengan perhatikan bagian kepala sikat giginya. Ada baiknya untuk menggunakan sikat gigi yang kepala sikatnya kecil. Selain itu, pastikan jika ujung dari sikat gigi tersebut memiliki ujung yang membulat.

Selain dari sisi bentuk, biasanya sikat gigi anak untk usia tersebut sudah dilengkapi dengan fitur karet yang membuat sikat gigi menjadi tidak licin ketika digunakan. Tentunya hal ini akan menambah kenyamanan ketika sikat gigi digunakan oleh anak Anda.

3 dari 8 halaman

2. Gunakan Sikat yang Memiliki Bulu Lembut

Lalu, cara memilih sikat gigi untuk anak selanjutnya dengan memilih jenis sikat yang memiliki bulu-bulu lembut. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab bulu sikat yang kurang tepat akan berpotensi melukai bagian mulut anak Anda. Sebab mulut anak masih sangat sensitif dan rentan terhadap goresan benda kasar.

4 dari 8 halaman

3. Pilih Sikat yang Bentuknya Panjang dan Ramping

Apabila anak Anda sudah mulai memasuki usia 3 tahun atau lebih, maka cara memilih sikat gigi untuk anak selanjutnya dengan memilih sikat yang bentuknya lebih panjang dan ramping. Dengan sikat gigi yang bentuknya panjang dan ramping, maka akan memungkinkan sikat gigi untuk menjangkau sela-sela gigi dengan lebih dan membuat proses pembersihan gigi menjadi lebih optimal.

5 dari 8 halaman

4. Pastikan Sikat Memiliki Pegangan yang Lebar

Cara memilih sikat gigi untuk anak yang selanjutnya, dengan memilih sesain sikat gigi anak yang memiliki pegangan lebar. Dengan adanya bentuk sikat yang memiliki pegangan lebar, maka akan berguna untuk membuat anak Anda lebih mudah menggenggamnya. Hal ini sangat diperlukan agar anak-anak lebih mudah untuk menggunakan sikat giginya sendiri. Selain itu, dengan menggunakan sikat gigi yang nyaman digenggam, bisa membangun kebiasaan baik anak untuk sikat gigi sendiri.

6 dari 8 halaman

5. Gunakan Sikat yang Memiliki Gagang Ramping

Ketika anak Anda sudah memasuki usia 5-8 tahun, maka ada baiknya untuk memilih sikat gigi dengan gagang yang lebih ramping. Hal tersebut penting agar kebersihan gigi anak menjadi lebih optimal. Selain itu, pastikan sikat gigi tersebut juga terdapat bulu berbentuk seperti mangkuk yang bagian ujungnya ramping.

7 dari 8 halaman

6. Pilih Sikat Gigi dengan Desain yang Menarik

Biasanya, anak-anak gemar menonton kartun atau memiliki ketertarikan dengan hal tertentu. Dengan memilih sikat gigi anak yang memiliki unsur kartun maupun hal yang menjadi favorit mereka, maka akan berguna untuk memotivasi anak Anda agar mau menyikat gigi dua kali sehari.

Selain itu, penting juga bagi Anda sebagai orang tua, untuk meyakinkan bahwa sikat gigi yang digunakan akan memberi dampak positif bagi anak ketika digunakan. Mungkin Anda bisa membujuknya dengan mengatakan jika menggunakan sikat gigi tersebut bisa memberi kekuatan layaknya tokoh favorit yang ada di desain sikat gigi tersebut.

8 dari 8 halaman

7. Pilih Sikat Gigi yang Memiliki Bunyi dan Lampu

Kemudian, cara memilih sikat gigi untuk anak selanjutnya dengan memilih sikat gigi yang memiliki lampu dan bunyi. Hal ini sangat berguna untuk menarik minat anak. Dengan begitu, anak menjadi lebih rajin untuk menyikat gigi dan bertahap membangun kebiasaan baiknya untuk menyikat gigi.

Selan itu, memilih sikat gigi yang terdapat bunyi dan lampu akan berguna untuk mencegah anak menjadi bosan dan enggan untuk sikat gigi. Jadi, selama berbagai cara memilih sikat gigi untuk anak di atas Anda perhatikan dengan seksama, bukan tidak mungkin anak akan menjadi lebih rajin menyikat gigi.