Sukses

6 Cara Mengatasi Kecanduan Gula, Terapkan Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa manis memang sangat nikmat dan terkadang membuat ketagihan. Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa dalam jenis minuman kemasan sangat banyak kandungan gula yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang bisa muncul karena konsumsi gula yang berlebihan adalah diabetes.

Bahkan, ada beberapa orang mungkin yang sampai-sampai kecanduan dengan makanan atau minuman manis. Parahnya, saking kecanduannya dengan makanan atau minuman manis, banyak yang sampai-sampai tidak mau mengonsumsi air mineral. Jika sudah begitu, maka perlu dilakukan cara mengatasi kecanduan gula, agar tidak meningkatkan risiko penyakit bagi tubuh.

Adanya kecanduan gula atau sugar craving pada beberapa orang tersebut, sebenarnya merupakan salah satu bentuk adiksi yang terjadi pada otak karena konsumsi gula berlebih. Jika terus menerus dilakukan, selain meningkatkan risiko diabetes, juga bisa memicu penurunan kinerja hormon leptin. Padaha hormon tersebut fungsinya memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh masih memiliki cukup kalori.

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan jika batas normal konsumsi gula per hari sebenarnya hanya sebesar 50 gram, atau setara dengan 4-5 sendok makan. Batas normal konsumsi gula per hari tersebut bertujuan agar penduduk Indonesia terhindar dari penyakit diabetes tipe-2 dan obesitas. Padahal, di dalam satu sajian minuman kemasan, biasanya bisa terdapat hingga 30 gram gula.

Lalu, setelah Anda mengetahui jika kecanduan gula merupakan bibit dari berbagai penyakit berbahaya, salah satunya diabetes mellitus. Maka agar dapat terhindar dari hal tersebut, dibutuhkan cara mengatasi kecanduan gula yang tepat dan cepat.

Itulah mengapa di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mengatasi kecanduan gula yang efektif. Yang perlu diingat, meski cara mengatasi kecanduan gula di bawah ini terbilag efektif, tapi hasilnya bisa beda-beda bagi tiap orang tergantung niat masing-masing, Sabtu (19/9/2020).

2 dari 7 halaman

1. Tahu alasan kenapa harus berhenti

Cara mengatasi kecanduan gula yang paling pertama dan menjadi dasar penting, adalah dengan memahami mengapa ingin berhenti konsumsi gula berlebih. Mungkin dengan mempelajari berbagai pengetahuan akan bahaya mengonsumsi gula berlebih bisa dijadikan sebuah motivasi untuk berhenti atau paling tidak dapat mengurangi konsumsi gula tersebut.

Seperti yang sempat disinggung di awal tadi, konsumsi gula berlebih sangat berpotensi untuk menimbulkan peningakatan resistensi insulin dan hal tersebut yang pada akhirnya menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes tipe-2. Yang lebih mengerikannya, dalam beberapa penelitian pun juga menyebutkan jika konsumsi gula dalam jumlah berlebih akan berpotensi memicu timbulnya kanker.

3 dari 7 halaman

2. Berhenti beli makanan olahan

Biasanya, jenis makanan olahan yang sudah dikemas sedemikian rupa memiliki banyak kandungan gula di dalamnya. Itulah mengapa, sangat penting bagi untuk melihat tabel gizi yang ada di bagian belakang kemasan supaya dapat mengetahui kadar gula yang terkandung dalam makanan olahan tersebut.

Jika kandungan gula sudah melebihi batas yang disarankan, maka ada baiknya untuk berpikir dua kali sebelum membelinya. Atau, jika sudah terlanjur membeli, ada baiknya mengonsumsinya sedikit saja. Tentu saja hal ini sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan gula yang cepat dan efektif.

4 dari 7 halaman

3. Perbaiki pola makan

Dibandingkan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gula berlebihan, ada baiknya untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat seperti gandum, buah, serta sayur.

Makanan tersebut, selain dikenal sehat dan baik untuk pencernaan, juga dapat membuat perut terasa lebih lama kenyang. Selain itu, jenis-jenis makanan tersebut juga berguna untuk mencegah penurunan kadar gula darah secara berlebihan. Cara mengatasi kecanduan gulah ini akan membantu tubuh untuk memperlambat dalam mengirim sinyal ‘perlu makanan manis’ ke otak.

5 dari 7 halaman

4. Konsumsi camilan sehat

Cara mengatasi kecanduan gula selanjutnya dengan mengonsumsi jenis camilan sehat. Ada berbagai jenis camilan yang baik dan sehat bagi tubuh, seperti kacang-kacangan mentah, biji-bijian, dan buah-buahan kering. Berbagai jenis camilan sehat tersebut bisa menjadi alternatif camilan yang baik untuk mencegah kecanduan gula.

Selain itu, jenis camilan tersebut bisa memberi nutrisi lebih yang baik bagi tubuh, seperti protein, energi dan lemak nabati yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan. Namun ingat, tetap pastikan jumlah konsumsinya jangan berlebihan, ya.

6 dari 7 halaman

5. Hindari stres

Biasanya, kondisi stres dapat mengganggu mood dan akan menjerumuskan untuk konsumsi makanan manis berlebihan. Maka dari itu, agar terhindar dari konsumsi makanan manis berlebihan yang dikarenakan stres, ada biaknya memahami apa saja pemicu timbulnya stres tersebut.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan, seperti membaca buku, menonton film, yoga, dan berbagai kegiatan yang dapat menghilangkan stres lainnya lainnya.

7 dari 7 halaman

6. Olahraga

Lalu, cara mengatasi kecanduan gula yang terakhir dengan berolahraga. Sebab konsumsi gula berlebih dapat menimbulkan mekanisme otak untuk menghasilkan hormon endorfin secara instan. Adanya proses tersebut dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya dengan mengganti mekanisme pembentukan endorfin, yaitu berolahraga. Sebab aktivitas yang sehat bagi tubuh ini mampi mengalihkan perhatian dari konsumsi gula berlebih, serta bisa membantu tubuh untuk menyerap gizi makanan menjadi lebih baik.