Sukses

Elvy Sukaesih Sempat Positif Covid-19, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari Elvy Sukaesih. Penyanyi dangdut 69 tahun itu sempat dinyatakan positif Corona Covid-19 dan dirawat di RSPI Bintaro. Kabar tersebut baru diketahui saat sang putri Elvy Sukaesih, Fitri Sukaesih melakukan klarifikasi di Instagram-nya @fitriaelvys pada Jumat (19/9/2020). 

Dalam video berdurasi 14 menit tersebut, Fitria menjelaskan kronologi penyanyi kelahiran Jakarta ini saat poistif Corona Covid-19. Mulanya, keluarga mengira Elvy tifus namun setelah pelantun lagu 'Bosan Mengalah' ini tak bisa mencium bau, keluarga mulai curiga Elvy mengidap Corona Covid. 

Kendati demikian, dari laman Instagramnya Fitria menegaskan bahwa Elvy telah dinyatakan sembuh setelah 19 hari menjalani perawatan di rumah sakit. Kini, ia diperbolehkan kembali ke rumah dan menjalani isolasi mandiri. 

"Alhamdulillah wa syukurilah hari ini malam ini adalah malam ke-11 Umi Elvy yang saya cintai yang kita semua cintai kembali berada di rumah saya setelah hampir 19 hari ya 9 hari 19 hari dirawat di Rumah sakit Pondok indah Bintaro," kata putri Elvy Sukaesih.

Untuk berita selengkapnya, berikut Liputan6.com ulas fakta Elvy Sukaesih sempat positif Corona Covid-19, Minggu (20/9/2020). 

2 dari 6 halaman

1. Sempat Dikira Tifus

Mulanya, Bella anak Fitria sakit tifus dan Elvy mengalami demam. Maka, Fitria mengira pedangdut senior ini sakit yang sama dengan putrinya, Tifus. 

"Bella lebih duluan sakit dan dinyatakan oleh dokter tifus. Dan saya pikir bahwa Umi tifus," ujar Fitria lewat video. 

Namun, saat itu Elvy sudah mengalami mual, sedikit demam dan tidak bisa mencium bau. Fitria pun mulai curiga ibunda terkena Corona, dan langsung meminta kepada ibunya agar cek laboratorium. 

"Saya bilang, kok kayak covid-19. Terus Umi ralat, Umi pernah kayak gini. Jadi tadinya saya lebih berpikir tifus. Saya takut Umi nggak jaga makan, jadi saya minta Umi cepat-cepat (periksa)," ujar Fitria.

 

 

 

3 dari 6 halaman

2. Elvy Sukaesih Positif Covid

Fitria pun mengistirahatkan Elvy di ruangan terpisah di rumahnya. Ia berdiskusi dengan keluarga dan dokter yang masih kerabat yang kemudian melihat adanya flek di paru-paru Elvy. Setelah test swab dan screening, Elvy Suakesih dinyatakan positif Covid-19. 

"Begitu dia lihat ternyata hasil foto thoraxnya Umi memang sudah ada flek, akhirnya kita disarankan untuk langsung swab. Kemudian kita juta discreening parunya supaya bisa dilihat. Terus kemudian kita bawa Umi ke rumah sakit, periksa swab dan screening, hasilnya baru kita dapat besoknya.

Dan ternyata hasilnya adalah Umi positif. Tentunya ini sesuatu yang amat cukup berat saat itu untuk kita, mengingat usia Umi. Dan kita tahu bahwa covid-19 ini rawan untuk lansia. Jadi ya kita pastinya panik," ungkap Fitria.

4 dari 6 halaman

3. Masuk ICU

Setelah Elvy dinyatakan positif covid-19, keluarga memutuskan untuk merawat sang pedangdut di rumah sakit. Dokter yang merawat kemudian meminta agar Elvi masuk ke ruang perawatan intensif.

"Sempat dinyatakan oleh dokter, Umi harus masuk ICU. Saat itu saya tentunya tidak ingin membuatnya jadi panik. Termasuk keluarga semua. Saya mohon maaf. Karena saya pikir, yang terbaik yang harus didahulukan adalah kita harus berpikir secara tenang apa langkah-langkah yang harus kita ambil dan saya tidak ingin menambah kepanikan," terang Fitria.

5 dari 6 halaman

4. Sembuh Setelah Jalani Perawatan 19 Hari

Setelah menjalani perawatan selama 19 hari, Elvy Sukaesih dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah. Tentunya dengan kembali menerapkan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Insya Allah 3 hari lagi Umi selesai menjalankan isolasi di rumah di mana dokter menyarankan setelah dirawat 19 hari di rumah sakit kepulangan Umi di rumah juga harus ditaati dengan menjalankan isolasi lagi selama 14 hari Alhamdulillah," lanjutnya lagi.

Elvy Sukaesih pun kini berada di rumah Fitria dan melakukan isolasi mandiri. 

6 dari 6 halaman

5. Cerita Langsung

Untuk lebih lanjut, Fitria mengatakan bahwa dalam waktu dekat Elvy Sukaesih akan menceritakan pengalamannya secara langsung.

"Umi bisa menjelaskan detailnya, bisa berbagi, bisa mungkin menceritakan apa yang dia rasakan Jadi itu semua insya Allah akan kita sampaikan di pertemuan berikutnya," pungkas Fitria.