Sukses

18 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan kolesterol dengan cepat bisa dilakukan dengan beberapa cara alami. Kamu bisa menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, maupun dengan menerapkan kebiasaan sehat setiap harinya.

Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, berolahraga dengan teratur, menjauhi makanan penyebab kolesterol tinggi, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, juga berpengaruh terhadap penurunan kolesterol

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat bisa dengan konsumsi bahan alami dan menerapkan kebiasaan hidup sehat. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan pola hidup sehat agar terhindar dari kolesterol tinggi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/9/2020) tentang cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Menghindari Lemak Trans

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang pertama adalah menghindari lemak trans. Hal ini karena salah satu makanan yang dapat meningkatkan kolesterol “jahat” (LDL) adalah makanan yang mengandung lemak trans. Misalnya, makanan yang digoreng.

Oleh karena itu, jauhilah makanan yang digoreng bila ingin kolesterol turun. Selalu olah makanan dengan cara kukus, rebus, atau panggang.

Minum Air Jeruk Nipis

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat selanjutnya adalah dengan minum air jeruk nipis. Pasalnya, jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Kamu cukup meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

Konsumsi Apel

Mengonsumsi apel secara rutin juga merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol dengan cepat. Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin, yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

3 dari 7 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Mengontrol Berat Badan

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat selanjutnya adalah dengan mengontrol berat badan. Menurunkan berat badan merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mengatasi kolesterol tinggi. Hal ini karena, berat badan yang melebihi batas normal membuat kamu berisiko memiliki kolesterol tinggi.

Tapi, bukan berarti kamu harus berbadan kurus untuk mempunyai kolesterol normal. Jika kamu kelebihan berat badan, menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram akan memotong LDL hingga 8%.

Minum Jus Anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

Konsumsi Pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin.

Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun. Konsumsi pir secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

4 dari 7 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Olahraga Teratur

Berolahraga selama 2,5 jam seminggu cukup untuk meningkatkan kolesterol “baik” (HDL). Jika kamu belum terbiasa berolahraga, mulailah secara perlahan. Mula-mula lakukan olahraga selama 10 menit sehari, kemudian tingkatkan hingga 15 atau 30 menit sehari. Hal ini tentu tidak akan sulit jika kamu memang ingin hidup lebih sehat.

Jambu Merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu sebagai cara menurunkan kolesterol dengan cepat mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Kamu bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.

Mengonsumsi Ikan

Kandungan minyak Omega-3 pada ikan bermanfaat untuk kesehatan. Lemak omega-3 terbukti mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolestrol baik sebanyak empat persen.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi salmon sebagai cara menurunkan kolesterol dengan cepat secara alami.

5 dari 7 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Berhenti Merokok

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, oleh karena itu, berhentilah merokok. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

Kulit Manggis

Tidak hanya buahnya yang bisa kamu makan, kulit manggis juga memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan, jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E. Kamu bisa memilih mengonsumsi ektrak kulit manggis yang banyak beredar di masyarakat atau dengan memblender kulit manggis lalu meminumnya langsung.

Buah Beri

Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL. Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Selain itu, buah-buahan kelompok beri ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin mengonsumsi berries merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang efektif.

6 dari 7 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Mengonsumsi Biji-bijian Utuh

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Oleh sebab itu biji-bijian efektif digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Mengonsumsi Brokoli

Brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi. Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli.

Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi. Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

7 dari 7 halaman

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Pepaya

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat juga diklaim ampuh. Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah.

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Mengonsumsi Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat menggunakan oatmeal adalah mulai jadikan sarapan oatmeal sebagai kebiasaan agar kadar kolesterol kamu menurun drastis.

Konsumsi Minyak Zaitun

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15%, Ini hampir serupa dengan efek obat penurun kolesterol dosis rendah.

Agar manfaatnya maksimal, pililhlah minyak zaitun extra-virgin. Minyak jenis ini sangat sedikit proses kimianya dan mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini