Sukses

7 Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Bekerja, Jaga Kebugaran

Liputan6.com, Jakarta Olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja perlu dikenali, terutama bagi pekerja kantoran. Seharian berkutat dengan pekerjaan, bertemu dengan klien, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya, tentu membuat kamu lelah dan butuh istirahat. 

Namun, hal ini tidak dapat dijadikan alasan kamu tidak berolahraga. Pasalnya, olahraga bisa dilakukan setelah bekerja. Tak perlu peralatan yang merepotkan atau intensitas berlebihan, kamu bisa mencoba beberapa jenis olahraga yang dapat dilaksanakan oleh pekerja yang sibuk.

Olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja perlu diterapkan secara rutin setiap harinya. Bahkan, suatu penelitian di Inggris menunjukkan bahwa olahraga dan rekreasi memiliki dampak positif yang besar terhadap moral, motivasi, produktivitas, serta mood dan atmosfer yang lebih baik dalam lingkungan kerja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/9/2020) tentang olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Bekerja

Berjalan Cepat

Olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja pertama adalah berjalan cepat. Berjalan cepat tentunya merupakan olahraga setelah bekerja yang ideal bagi kamu yang tidak kuat berlari. Jenis olahraga ini juga lebih disarankan bila kamu memiliki berat badan berlebih, sedang hamil, atau menderita nyeri kronis sehingga tidak dapat melakukan latihan yang berat.

Berlari

Lari dapat menjadi pilihan olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja berikutnya. Berlari selama 30 menit, baik menggunakan treadmill ataupun lari di luar ruangan, merupakan salah satu jenis olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

Aktivitas fisik yang satu ini dapat melepaskan stres setelah bekerja sepanjang hari, mencegah penuaan, meningkatkan kepadatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Bekerja

Strength Training

Olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja berikutnya adalah strength training. Strength training merupakan jenis olahraga yang dapat menggunakan dumbell atau body weight exercises, seperti push-ups, squatting, dan pull-ups.

Cara melakukan olahraga untuk pekerja kantoran ini cukup mudah dipraktikkan, pertama pilihlah 5-10 gerakan dan lakukan secara berturut-turut tanpa jeda. Kemudian, ulangi 8-10 kali untuk setiap gerakan. Kamu bisa naik atau turunkan intensitas gerakan sesuai kemampuan.

Yoga

Yoga mungkin merupakan pilihan yang paling menyenangkan sebagai olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja. Apalagi, setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk. Yoga memang sedikit berbeda dengan olahraga lainnya karena gerakan-gerakan yang dilakukan membutuhkan fleksibilitas ekstra dari tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Utah di Amerika Serikat menemukan, bahwa manfaat melakukan yoga dapat menghilangkan stres dan cemas. Tak hanya berupa olah fisik, yoga juga merupakan olahraga olah pikiran sehingga dapat membuat kamu menjadi lebih tenang. Yoga dapat dijadikan olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja, yang dapat membantu menghindari penat dan stres.

4 dari 4 halaman

Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Bekerja

Bersepeda

Olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja berikutnya adalah bersepeda. Plahraga yang sedang digandrungi banyak orang ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang terlalu sibuk bekerja.

Tidak heran banyak pekerja yang memilih untuk bersepeda ke kantor ketimbang menggunakan kendaraan bermotor sekarang ini. Hal ini tentunya demi kesehatan dan menjaga lingkungan. Bahkan, tidak hanya menjaga kebugaran, menerapkan bersepeda sebagai olahraga setelah bekerja dapat membantu turunkan berat badan. Dengan bersepeda selama satu jam, maka kamu dapat membakar 400-1.000 kalori, tergantung intensitas bersepeda dan berat badan kamu. 

Berenang

Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja. Tidak hanya menjaga kebugaran fisik, berenang juga dapat membuat pikiran lebih tenang dan terhindar dari cemas.

Selain itu, berenang juga dapat membakar kalori. Pembakaran kalori yang dihasilkan saat berenang memang berbeda-beda, tergantung dari berat badan individu dan gerakan renang yang dilakukan.

High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan gabungan dua metode pembakaran lemak yang paling efektif. Metode pertama ialah high-intensity training, yang mendorong tubuh mencapai kelelahan otot dan menggunakan oksigen semaksimal mungkin. Metode kedua ialah interval training, atau latihan intensitas berat diselang-seling dengan latihan intensitas ringan-sedang.

HIIT adalah jenis olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja, terutama bagi kamu yang memiliki target tertentu. Olahraga ini membakar banyak kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh dalam waktu lama.

Cara menerapkannya pun cukup mudah, pertama-tama pilihlah sebuah aktivitas, misalnya berlari atau bersepeda. Kemudian, lakukan aktivitas dengan kecepatan setinggi mungkin selama 10-20 detik, diikuti aktivitas yang melambat selama 40-50 detik. Ulangi sebanyak 10-15 siklus. Sebelum berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan selama 5-10 menit.

Pekerjaan yang menumpuk dan rasa lelah usai bekerja sering kali membuat seseorang malas untuk berolahraga. Padahal olahraga teratur dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, ataupun stroke. Jadi, dengan mengenal olahraga yang cocok dilakukan setelah bekerja, kamu bisa lebih rajin berolahraga secara rutin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.