Sukses

10 Manfaat Air Lemon untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Lemon dikenal manfaatnya sebagai antioksidan. Vitamin C yang dikandungnya bisa meningkatkan kekebalan dan mencegah peradangan. Selain dikonsumsi, lemon juga sering digunakan dalam perawatan tubuh.

Lemon sudah banyak digunakan sebagai perawatan kulit dan rambut. Antioksidan yang dimilikinya mampu mencegah kerusakan pada kulit dan rambut. Untuk rambut, air lemon akan sangat bermanfaat ketika diaplikasikan ke rambut.

Jus lemon dapat digunakan sebagai pembilas rambut, campuran sampo, atau masker rambut. Manfaat air lemon untuk rambut bisa membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

Berikut manfaat air lemon untuk rambut dan cara menggunakannya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/09/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat air lemon untuk rambut

Beri kilau rambut

Air lemon bisa menambah kilau rambut alami. Menggunakan air lemon akan mencegah rambut kusam dan kering. Ini melempabkan rambut dan membuat rambut tampak sehat dan berkilau.

Peras air setengah buah lemon, larutkan dengan dua gelas air. Campurkan 2 sendok makan cuka sari apel, dan aplikasikan merata ke seluruh rambut. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air.

Kurangi minyak

Manfaat asam sitrat dalam lemon dapat mengatasi minyak berlebih pada kulit kepala. Air lemon membantu membersihkan kulit kepala dan membuka folikel rambut yang tersumbat. Folikel yang tersumbat sering kali menyebabkan masalah, seperti ketombe dan rambut rontok.

Campur satu sendok makan air lemon dengan dua gelas air. Keramas dengan sampo bebas sulfat dan gunakan kondisioner. Aplikasikan air lemon yang telah diencerkan pada bilasan terakhir. Saat membilas rambut dengan air lemon, pastikan juga memijat campuran tersebut ke kulit kepala.

3 dari 7 halaman

Manfaat air lemon untuk rambut

Basmi ketombe

Air lemon dapat membantu menyerap minyak berlebih. Minyak berlebih diketahui merupakan penyebab ketombe dermatitis seboroik. Lemon juga memiliki sifat antijamur yang dapat mengatasi masalah seperti ketombe dan jerawat di kulit kepala.

Campur dua sendok makan air lemon dengan dua sendok makan gel lidah buaya. Aplikasikan pada kulit kepala, beri pijatan selama beberapa menit. Diamkan Selama 10-15 menit. Bilas dengan sampo biasa.

Dukung pertumbuhan rambut

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini dapat meningkatkan kolagen yang merupakan bagian penting dalam pertumbuhan rambut.

Peras setengah buah lemon segar. Aplikasikan pada kulit kepala dan beri pijatan selama 5 menit. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu keramas dengan sampo bebas sulfat.

4 dari 7 halaman

Manfaat air lemon untuk rambut

Jaga kesehatan kulit kepala

Sifat anti jamur pada lemon dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Terlebih lagi, air lemon dapat membantu mengontrol sekresi minyak. Lemon juga meningkatkan penebalan rambut, serta pertumbuhan rambut baru dan menghentikan kerontokannya.

Campur satu sendok makan air lemon dengan satu sendok makan air kelapa atau skala 1:1. Aplikasikan pada rambur beri pijatan dan diamkan selama 20 menit. Bilas dan keramas dengan sampo biasa.

Atasi gatal

Air lemon juga bisa mengurangi peradangan dan meredakan gatal pada kulit kepala. Lemon bisa menenangkan kulit kepala yang gatal setelah beberapa kali penggunaan.

Campur beberapa tetes air lemon dengan sampo atau kondisioner. Pijat rambut dengan campuran ini selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

5 dari 7 halaman

Manfaat air lemon untuk rambut

Cegah rambut bercabang

Ujung rambut yang bercabang harus dipotong karena kerusakan tidak dapat diperbaiki oleh produk apapun. Air lemon membantu mencegah kerusakan rambut. Ini bisa mencegah rambut bercabang.

Campurkan air lemon dengan minyak zaitun dalam skala 1:1. Oleskan campuran tersebut ke rambut, pijat selama beberapa menit. Diamkan 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan sampo biasa. Lakukan cara ini setidaknya sebulan sekali.

Cegah rambut rontok

Air lemon juga dapat mencegah proses penipisan rambut dan kerontokan rambut. Lemon membantu menguatkan rambut, menjaga ketebalan, dan mencegah kerontokan.

Campurkan 1 sendok makan air lemon, dua sendok makan madu, dan dua sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut sampai tertutup seluruhnya. Biarkan selama 20 menit lalu cuci bersih dengan sampo biasa.

6 dari 7 halaman

Manfaat air lemon untuk rambut

Basmi kutu

Lemon kaya akan asam sitrat, yang membantu membersihkan rambut dari kutu dan telurnya. Air lemon menciptakan lingkungan asam yang tidak disukai oleh kutu.

Campurkan satu sendok makan minyak kelapa, air lemon, dan teh hijau. Oleskan campuran ini ke rambut dan pijatkan ke kulit kepala. Tutupi dengan shower cap dan biarkan selama satu jam. Sisir kutu dan telur dengan sisir kutu sebelum membilas rambut. Bilas rambut dengan sampo biasa.

Jadi bleaching alami

Air lemon adalah pemutih alami atau zat pengoksidasi. Lemon memutihkan rambut dengan secara kimiawi mengurangi pigmen warna rambut, atau melanin. Saat terkena sinar matahari, asam sitrat mempercepat proses pemutihan.

Efek pencerahan dari jus lemon cenderung bekerja paling baik untuk warna rambut yang lebih terang, seperti pirang dan cokelat muda. Encerkan air lemon segar dalam air dan gunakan untuk membilas rambut. Anda akan melihat hasil maksimal setelah rambut yang baru disiram lemon terkena sinar matahari.

7 dari 7 halaman

Efek samping air lemon untuk rambut

Meski punya manfaat, ada sejumlah efek samping dari air lemon. Berikut efek samping yang bisa timbul dari air lemon:

Putihkan rambut

Air lemon segar tidak akan mengeringkan atau merusak rambut. Namun, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merusak selubung luar rambut. Ini juga dapat membuat rambut kehilangan pigmen melaninya, membuat rambut nampak putih.

Untuk alasan ini, sebaiknya batasi jumlah waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari setelah mengoleskan air lemon ke rambut.

Iritasi kulit

Meski dapat mengatasi kulit kering dan ketombe, sebaiknya tetap berhati-hati menggunakan air lemon, terutama jika Anda menderita eksim atau psoriasis. Asam sitrat mungkin terlalu kuat dan menyebabkan iritasi kulit. Asam sitrat dalam lemon saja bisa membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Salah satu cara untuk menghindari iritasi adalah dengan melakukan uji tempel kulit beberapa hari sebelum menggunakan lemon pada rambut dan kulit kepala. Aplikasikan sedikit larutan lemon pada kulit. Pilih area yang tidak mencolok, seperti bagian dalam siku. Jika tidak ada reaksi yang terjadi, lemon bisa aman digunakan.