Sukses

Curriculum Vitae Adalah Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja, Begini Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup yang berisikan informasi diri. Curriculum Vitae ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap dan syarat wajib untuk melamar pekerjaan.

Banyak orang yang merasa sangat kesulitan ketika diminta membuat Curriculum Vitae. Padahal ketika mengetahui Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup, tak perlu susah-susah lagi bukan?

Tentu saja ketika membuatnya, informasi tentang diri harus disampaikan dengan benar dan lengkap. Terutama terkait dengan data diri, jenjang pendidikan, pengalaman, keahlian, dan lain sebagainya.

Curriculum Vitae adalah tiket utama seorang pelamar dilirik perusahaan. Jadi jangan asal-asalan ketika membuatnya. Pastikan informatif, singkat, menarik, dan mudah dipahami.

Berikut Liputan6.com ulas Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup untuk melamar kerja dan cara membuatnya dari berbagai sumber, Senin (21/9/2020).

2 dari 6 halaman

Curriculum Vitae Adalah Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja

Curriculum Vitae adalah salah satu syarat pelengkap untuk melamar pekerjaan. Curriculum Vitae berisikan tentang daftar riwayat hidup seseorang. Mengenai informasi pribadi, latar belakang pendidikan, dan pengelaman pekerjaan.

Sebagai seorang akademisi, melamar pekerjaan yang sifatnya profesional perlu sekali menggunakan Curriculum Vitae ini. Tentu saja dengan daftar ini, perusahaan tempatmu melamar akan lebih mudah mengenali karakter dan kemampuanmu. Maka dari itu membuat Curriculum Vitae adalah bagian dari upaya keberhasilan melamar kerja.

Curriculum Vitae adalah kebutuhan informasi yang bisa disampaikan dalam berbagai jenis bahasa. Hanya saja yang paling sering digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sementara di antara kedua bahasa ini, bahasa Inggrislah yang lebih menarik di mata HRD.

Pelamar yang membuat Curriculum Vitae dengan bahasa Inggris lebih terlihat percaya diri. Pelamar ini juga bisa dibilang memiliki kemampuan bahasa asing cukup mumpuni. Selain isi, perhatikan juga desain saat membuat Curriculum Vitae, ya! Tentu saja agar lebih menarik, memikat, dan mudah diingat.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Curriculum Vitae

Setelah mengetahui Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan, saatnya mempraktikkan. Ada beberapa informasi yang harus digaris bawahi dalam pembuatan Curriculum Vitae ini. Jangan sampai berlebihan menyampaikan informasi, jangan pula setengah-setengah. Berikut cara membuat Curriculum Vitae:

Data Identitas

Pastikan untuk masukkan data diri atau data identitas dengan benar dan jujur. Mulai dari menulis nama panjang,alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, alamat media sosial, dan lain sebagainya. Pastikan media sosialmu terlihat normal karena media sosial akan memengaruhi ketertarikan perusahaanmu.

Deskripsikan diri dengan baik dan menarik. Termasuk usia, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa, dan tentang pendidikan terakhir. Misalnya lulusan universitas dan dengan kelebihan seperti apa.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan termasuk informasi yang harus disampaikan dalam Curriculum Vitae. Tak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan di taman kanak-kanak.

Cukup dari pendidikan di masa sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas, dan universitas. Cantumkan pula durasi menempuh pendidikan di masing-masing jenjang.

Pengalaman

Seorang HRD akan sangat tertarik dengan Curriculum Vitae jika pengelaman kerjanya cukup mumpuni. Paling tidak, benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

Misalnya bisa dengan mencantumkan pengelaman magang dan berorganisasi. Sementara bagi yang sudah memiliki pengelaman bekerja sungguhan.

Tuliskan secara detail di perusahaan apa bekerja, durasi bekerja, posisi, dan tingkatan atau jenjang karir yang didapatkan. Meski bukan dari perusahaan besar, jangan ragu untuk menuliskannya di Curriculum Vitae.

Kualifikasi Diri

Selain pendidikan dan pengalaman yang berkualitas, perusahaan juga akan melirik kualifikasi. Kualifikasi khusus yang dimiliki akan membuat HRD yakin untuk memilih pelamar dengan Curriculum Vitae ini.

Apalagi jika berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan tertentu, jangan ragu. Tuliskan saja, terutama yang berkaitan dengan kualifikasi perusahaan yang hendak dilamar.

 

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Curriculum Vitae

Keahlian

Menyampaikan keahlian penting dilakukan dalam membuat Curriculum Vitae. Keahlian murni yang dimiliki tentu akan menjadi pertimbangan perusahaan memilih. Keahlian inilah yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan di perusahaan. Misalnya saja jika melamar menjadi penulis. Kemampuan mengoperasikan komputer dan software pengolah kata sangat penting dimiliki.

Pencapaian

Pencapaian yang dimaksud dalam Curriculum Vitae ini berkaitan dengan pekerjaan yang hendak dilamar. Apapun penghargaan itu, hendaknya dituliskan. Misalnya saja seperti kejuaraan di kompetisi kampus. Tuliskan capaian secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya.

Tulis Singkat, Padat, dan Jelas

Menyampaikan informasi dengan lengkap memang penting dilakukan. Hanya saja terlalu panjang juga akan membuat HRD enggan membacanya. Hal ini tentu akan membuat informasi yang mustinya menonjol, tak terlihat sama sekali.

Pastikan untuk menjelaskan informasi secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan dengan kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien. Tuliskan setiap alur riwayat hidup dengan runtut.

Jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau prestasi yang pernah diraih. Jangan menuliskannya secara melompat-lompat. Pastikan untuk tidak menggunakan alamat email yang aneh dalam Curriculum Vitae.

5 dari 6 halaman

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Indonesia

Daftar Riwayat Hidup

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Catur Nugroho

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Tempat Tanggal Lahir: Pekan Baru, 15 Mei 1994

Status: Belum Kawin

Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran, Kec. Medan Barat, Jakarta Barat 5000

Kewarganegaraan: IndonesiaAgama: Islam

Nomor Handphone: 0811 **** ****

Email: catur@gmail.com

Pendidikan:

SD Alwashliyah 19 Jakarta 2000 – 2006

SMP Negeri 1 Jakarta 2006 – 2010

SMA Pelita Harapan 2010 – 2013

Universitas Indonesia (Ekonomi) 2013 – 2018

Pengalaman Organisiasi:

Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2014-2015.

Minat dan keahlian:

1. Mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik

2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing

3. Suka menulis

4. Mampu bekerja sama dalam tim

 

Hormat saya

Catur Nugroho

6 dari 6 halaman

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DETAILS

Name: Antika Devi

Adress: Ahmad Dahlan street, Badung, Denpasar 35371Phone: (0281) 999 999

Cellphone: 087899999999

E-mail: Antikadevi25@gmail.com

Date of birth: January 6th, 1992

Nationality: Indonesian

Gender: Female

Marital status: Single

Religion: Moslem

EDUCATION DETAILS

1998 – 2004 State Elementary School 1 Badung

2004 – 2006 State Junior High School 1 Badung

2006 – 2010 State Senior High School 2 Denpasar

2010 – 2014 English Education Department, The Udayana University

GPA = 3.75 (scale 4)

PREDICATE: Very Satisfactory

JOB EXPERIENCES

July – September 2013: On the job training at SMAN 3 Denpasar

January 2014 – Present: English Course Lecturer at FIRST EDUCATION CENTRE

COMPUTER SKILLS

Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point

 

Antika Devi