Sukses

Pemiliknya Lupa Nyalakan Pompa Air, Ratusan Ikan Koi Ini Mendadak Mati

Liputan6.com, Jakarta Memelihara ikan hias adalah salah satu hobi yang memiliki cukup banyak peminat. Bahkan banyak pula orang yang menjadikan hobi memelihara ikan ini sebagai ladang bisnis. Memelihara ikan hias memang memberi kesenangan tersendiri bagi pecintanya.

Selain dapat menghilangkan stress, memelihara ikan hias juga dapat mempercantik tampilan rumah maupun taman. Warna-warni ikan yang berenang di kolam atau aquarium dapat menyejukkan mata dengan keindahannya. Tak heran jika banyak penghobi ikan hias rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk mewujudkan kolam serta membeli ikan yang diinginkannya.

Namun memelihara ikan hias juga harus teliti dan bisa merawatnya dengan baik. Berbagai aturan dalam memelihara dan merawat ikan harus diterapkan oleh penghobi. Jika salah dalam pemeliharaan, maka dapat berujung pada matinya ikan hias tersebut. Seperti yang dialami oleh pria bernama Gabus Agus, seorang penghobi ikan di kawasan Lampung ini. Ia mendapati ratusan ikan koi miliknya mati sekaligus.

Pria ini mengunggah kejadian yang menimpa dirinya itu di akun Facebook-nya. Pada unggahan tersebut juga disertai dengan foto-foto yang memperlihatkan ratusan ikan koi yang telah mati dan diletakkan di sekeliling kolam. Tak hanya itu, di salah satu foto terlihat sang pemilik yang tengah duduk termenung meratapi ratusan ikan koinya yang mati.

2 dari 3 halaman

Lupa Nyalakan Pompa Air Berujung Ikan Koinya Mati

Sedih dan kesal ia rasakan, mengingat ikan koi dikenal memiliki harga yang cukup tinggi. Satu ekor ikan koi dapat dihargai mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenis, bentuk fisik dan ukurannya. Sontak unggahannya itu menjadi viral dan mendapat perhatian dari warganet khususnya para penghobi ikan.

"bila Allah berkehendak lain... sehebat apapun kita mngingat sesuatu..jika Allah mngmbil memori itu dri kpala kita, sedikit saja..lupa...mka tak kuasa kita utk bisa mengingat nya kembali tanpa izin Nya," tulis Agus seperti dikutip oleh Liputan6.com dari akun Facebook Gabus Agus, Senin (21/9/2020).

Selain di Facebook Agus juga membagikan peristiwa tersebut di akun YouTube Ratu Aquatic Lampung. Pada video yang diberi judul "Musibahku sama dengan super mega tank Irfan Hakim", Agus menuturkan ada sekiranya 105 ekor ikan koi yang mati. Penyebab dari matinya ikan-ikan tersebut, lantaran Agus lupa menyalakan kembali pompa air.

"Bukan kesalahan PLN, bukan kolam bocor, segala teknis... bukan. Tapi kelalaian kita, lupa nyalain listrik," tutur Agus pada video tersebut.

3 dari 3 halaman

Hanya Tertinggal Satu Jenis

Beruntung dari ratusan ikan yang mati, masih ada satu jenis ikan yang tersisa. Agus bersyukur jenis ikan koi albino miliknya masih selamat dalam kejadian tersebut meskipun tak banyak. Agus juga berharap kejadian yang menimpanya dapat menjadi pelajaran bersama bagi para penghobi ikan hias.

Meski Agus tidak menyebutkan berapa besar kerugian yang dialaminya, namun dilihat dari banyaknya ikan yang mati tentu dapat membuat sesak bagi pecinta ikan hias. Warganet yang melihat unggahan tersebut bersimpati kepada Agus. Banyak pula yang memberinya semangat.

"Sabar boss,sudah menjadi resiko, banyak faktor penyebab, alam, human error dan faktor pikun, turut prihatin," tulis seorang pengguna Facebook.

"Semoga diganti dengan yg lebih baik ya om, sabar n tetap semangat," tulis warganet lainnya.