Sukses

7 Fungsi Celemek saat Memasak, Tidak Hanya Melindungi Pakaian dari Noda

Liputan6.com, Jakarta Fungsi celemek saat memasak yang paling utama tentunya adalah untuk melindungi pakaian dari noda. Namun, fungsi celemek ternyata tidak hanya terbatas untuk menghindari noda saja. Kain penutup pakaian ini memiliki beraga, fungsi lainnya saat digunakan untuk memasak.

Celemek sendiri merupakan kain penutup baju dari dada atau pinggang sampai ke lutut sebagai alat untuk menjaga kebersihan. Celemek biasanya dipakai pada waktu memasak, membersihkan rumah, dan juga ada yang berguna untuk bayi. 

Fungsi celemek saat memasak tentunya bukan hanya sebagai aksesoris semata. Bahan yang digunakan celemek untuk memasak biasanya adalah PVC atau kain tahan minyak yang tidak tembus air dan noda lainnya. Bentuknya pun beragam, mulai dari yang diikat di pinggang hingga dikalungkan di leher yang menutup hampir seluruh tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/9/2020) tentang fungsi celemek saat memasak.

2 dari 4 halaman

Fungsi Celemek saat Memasak

Menjaga Pakaian dari Noda

Seperti yang telah disebutkan, salah satu fungsi celemek saat memasak yang paling utama tentunya adalah melindungi pakaian dari noda. Paparan minyak, rempah, kecap, dan sebagainya bisa menganai pakaian saat kamu sedang memasak. Tidak jarang noda ini bisa saja tembus menyentuh kulit.

Menggunakan celemek saat memasak membuat kamu terhindar dari hal-hal tersebut. Karena celemek bisa melindungi dari berbagai risiko paparan noda dan kotoran, maka pakaian akan lebih terjaga kebersihannya.

Menghapus Noda

Fungsi celemek saat memasak juga sebagai kain pembersih darurat. Hal ini disebabkan karena saat memasak, tentunya tidak akan pernah lepas dari berbagai macam noda, seperti  air, minyak, maupun saus.

Noda-noda tersebut dapat membuat dapur jadi kotor, bahkan membuat kamu terpeleset. Saat kamu tidak sempat mengambil tisu atau kain lap, menggunakan celemek dapat dijadikan solusi sebagai kain pembersih darurat.

3 dari 4 halaman

Fungsi Celemek saat Memasak

Menjaga Pakaian dari Bau Tak Sedap

Selain menjaga kebersihan pakaian dari noda, fungsi celemek saat memasak berikutnya adalah menjaga pakaian dari bau tidak sedap. Hal ini tentunya berkaitan dengan berbagai bahan yang digunakan saat memasak, yang bisa saja menimbulkan bau tak sedap saat melekat pada pakaian. Penggunaan celemek dapat membuat kamu terhindari dari masalah bau tak sedap ini.

Menurunkan Risiko Terluka

Fungsi celemek yang tak kalah penting adalah untuk menurunkan risiko terluka. Saat memasak, terkadang kamu tidak berhati-hati dan malah melukai tubuhmu sendiri. Bisa saja jarimu tersayat pisau, ataupun kulit jari melempuh karena membawa panci panas.

Celemek dapat mengatasi berbagai masalah tersebut. Kamu bisa menggunakan bantuan celemek saat memegang bahan makanan yang licin, sehingga memudahkan pemotongan dengan pisau agar terhindar dari cedera. Selain itu, celemek bisa juga jadi alat darurat untuk memindahkan alat-alat dapur yang panas sehingga tidak membakar kulit jari-jari.

4 dari 4 halaman

Fungsi Celemek saat Memasak

Membawa Bahan Makanan

Saat akan memasak, kamu harus membawa bahan-bahan makanan dari keranjang belanja atau kulkas ke meja dapur. Untuk memudahkan membawanya, funsgsi celemek saat memasak berguna untuk mengangkut barang-barang agar tidak terjatuh.

Tidak hanya praktis, cara ini juga menghemat waktu dan tenaga daripada bolak-balik untuk memindahkan bahan-bahan makanan.

Membawa Peralatan

Tidak hanya untuk membawa bahan makanan, fungsi celemek saat memasak juga bisa digunakan untuk membawa peralatan. Apalagi, biasanya celemek dilengkapi dengan kantung-kantung yang ada di bagian dada atau pinggang. Kamu bisa menggunakannya untuk membawa pulpen, notes, sendok kecil, sendok sayur, maupun timer untuk memudahkan proses memasak.

Menambah Semangat Memasak

Fungsi celemek saat memasak berikutnya adalah sebagai penambah semangat dalam memasak. Bagi kamu yang tidak begitu hobi memasak, tentunya akan bosan melakukan kegiatan ini terlalu sering.

Namun, biasanya menggunakan peralatan dapur yang unik dan warna-warni bisa jadi solusinya. Hal ini juga bisa diterapkan dalam menggunakan celemek. Kamu bisa memilih celemek dengan motif yang kamu suka agar lebih semangat saat memasak. Memasak dengan perasaan bahagia tentunya akan menghasilkan makanan yang lezat.